Home / Hardware / 3 Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca Paling Mudah

3 Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca Paling Mudah

Flashdisk adalah salah satu media penyimpanan yang sangat populer untuk saat ini. Berbagai macam ukuran Flashdisk disediakan di pasaran mulai dari yang kecil sampai dengan yang memiliki ukuran jumbo. Seiring dengan lamanya penggunaan Flashdisk menyebabkan adanya berbagai macam masalah yang timbul, misalnya adalah Flashdisk tidak terbaca. Apabila kita memiliki banyak data pada Flashdisk, dan kebetulan permasalahan dimana Flashdisk tidak terbaca oleh komputer, maka tentunya kita bisa sangat frustasi karena data-data penting ada di dalam Flashdisk tersebut. Oleh sebab itulah tentu kita bisa mencari cara memperbaiki Flashdisk yang tidak terbaca pada komputer sehingga masih ada kemungkinan data yang ada didalam Flashdisk bisa diselamatkan.

Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca

Namun yang perlu diketahui bersama bahwa data yang berada pada Flashdisk yang sudah tidak terdeteksi sangat kecil kemungkinanya untuk diselamatkan, karena memang biasanya Flashdisk yang tidak terbaca oleh komputer biasanya disebabkan karena adanya kerusakan yang terjadi pada Flashdisk itu sendiri. Namun tetap saja tidak menutup kemungkinan masih tetap bisa diselamatkan, tergantung dari jenis kerusakan yang ada.

Cara memperbaiki Flashdisk yang tidak terbaca

Berikut ini adalah beberapa cara didalam proses memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca oleh komputer Windows.

Cara pertama memperbaiki Flashdisk yang tidak terbaca

Ketika anda menemukan masalah dimana Flashdisk anda tidak terbaca pada sebuah komputer, maka anda bisa mencobanya untuk memasang Flashdisk tersebut di komputer lain. Silahkan dilihat perbedaanya. Apabila pada komputer lain bisa terbaca dengan baik, maka bisa dipastikan kerusakan tidak terjadi pada Flashdisk anda, namun terjadi pada komputer yang anda gunakan.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Printer Epson L220

Ada beberapa kemungkinan Flashdisk tidak terbaca disebuah komputer, namun bisa terbaca dikomputer lain. Beberapa kemungkinannya adalah driver Flashdisk yang mengalami corrupt, driver Flashdisk yang terdisable, port usb yang terdisable di bios, atau bisa saja system operasi windows anda mengalami masalah.

Cara mengatasi masalah ini sebenarnya cukup mudah, yaitu pertama kali anda harus memastikan bahwa portio sp sudah di enable kan pada settingan bios. Setelah itu, silahkan anda cek pada device manager, pastikan tidak ada driver yang konflik pada bagian port usb, karena apabila ada konflik driver pada port usb bisa menyebabkan perangkat-perangkat yang terhubung pada port usb tersebut bermasalah. Apabila langkah tersebut tidak menyelesaikan solusi, salah satu jalan pintas adalah dengan melakukan instal ulang sistem operasi windows yang anda gunakan.

Apabila cara memperbaiki Flashdisk yang tidak terbaca pada tahapan d bisa mengatasi masalah Flashdisk, maka bisa dipastikan data-data anda yang berada pada Flashdisk bisa diselamatkan.

Cara kedua memperbaiki Flashdisk yang tidak terbaca

Apabila cara pertama di atas tidak menyelesaikan masalah dimana Flashdisk tetap tidak terbaca, maka anda bisa mencoba cara kedua di dalam proses memperbaiki Flashdisk yang tidak terdeteksi. Cara kedua ini merupakan cara yang mana nantinya menyebabkan data-data yang ada didalam Flashdisk hilang. Oleh sebab itu, anda harus siap-siap kehilangan seluruh data yang ada di dalam Flashdisk.

Beberapa langkah memperbaiki Flashdisk yang tidak terdeteksi oleh komputer:

  1. Klik tombol Start, lalu silahkan anda pilih menu RUN
  2. Silahkan anda masukkan perintah “compmgmt.msc” dilanjutkan dengan menekan tombol Enter pada keyboard
  3. Silahkan tunggu beberapa saat hingga jendela computer management terbuka.
  4. Setelah itu silahkan anda explore menu “Storage” yang ada pada bagian samping kiri jendela.
  5. Tahap berikutnya, silahkan anda klik pada pilihan menu “Disk Management”
    computer manajemen flashdisk tidak terbaca komputer
  6. Pada tahap berikutnya, Flashdisk anda akan terlihat pada jendela computer management bagian sebelah kanan. Namun, kondisi ini biasanya akan terjadi manakala kerusakan Flashdisk tidak terlalu parah.
  7. Untuk mengatasi masalah Flashdisk tersebut dan membuat Flashdisk bisa terdeteksi kembali pada komputer, maka silahkan anda klik kanan pada Flashdisk, kemudian silahkan anda memilih menu create partition.
  8. Di tahapan terakhir, silahkan anda lakukan format Flashdisk dengan cara klik kanan pada Flashdisk tersebut kemudian silahkan anda memilih menu format.
Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Printer Canon E400

Cara ketiga memperbaiki Flashdisk yang tidak terbaca

Apabila cara pertama dan cara kedua di atas juga tetap tidak bisa menyelesaikan masalah Flashdisk yang tidak terbaca pada komputer, maka anda bisa menginjak cara yang ketiga untuk mencoba memperbaiki Flashdisk yang tidak terdeteksi oleh komputer. Pada tahapan ini bisa dipastikan Flashdisk sudah mengalami masalah yang cukup serius. Untuk menjalankan cara ketika di dalam memperbaiki Flashdisk yang tidak terbaca oleh komputer, anda bisa mendownload software bantu yang namanya Hdd Low Level Format Tool.

Aplikasi dengan nama Hdd Low Level Format Tool ini tersedia di dalam dua versi, yaitu versi free dan juga versi full. Apabila anda hanya ingin melakukan proses perbaikan secara low level format pada Flashdisk, maka anda bisa memanfaatkan yang versi free. Versi free untuk Hdd Low Level Format Tool ini tidak kalah bagusnya dengan versi yang full dan berbayar. Bahkan, secara garis besar kita sudah diberikan banyak fitur oleh Hdd Low Level Format Tool walaupun masih menggunakan yang versi free.

Baca Juga:   Kekurangan Dan Kelebihan Komputer Masa Depan

Anda bisa mendownload Hdd Low Level Format Tool pada link di sini. Silahkan anda gunakan software Hdd Low Level Format Tool tersebut untuk memformat Flashdisk yang tidak terdeteksi oleh komputer. Walaupun di windows explorer tidak terdeteksi, biasanya software Hdd Low Level Format Tool tetap mampu mendeteksi keberadaan dari Flashdisk yang mengalami kerusakan.

Sebenarnya software Hdd Low Level Format Tool ini dibuat dengan tujuan untuk melakukan low level format pada Harddisk. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi penyimpanan membuat software Hdd Low Level Format Tool ini bisa digunakan oleh media penyimpanan jenis apapun.

Satu hal yang perlu digarisbawahi pada saat kita melakukan proses Low Level Format Tool pada Flashdisk adalah kebutuhan waktu yang lumayan lebih lama dibandingkan dengan proses formating biasa. Hal tersebut tentu dikarenakan software Hdd Low Level Format Tool akan melakukan repair pada berbagai macam bagian Flashdisk yang mengalami permasalahan.

Demikianlah tutorial mengenai cara memperbaiki Flashdisk yang tidak terbaca paling cepat dan paling mudah yang bisa anda coba terapkan manakala kebutuhan anda memiliki Flashdisk yang tidak terbaca. Mudah-mudahan, kerusakan yang dialami oleh Flashdisk anda tidak terlalu parah sehingga data-data yang ada di dalamnya bisa terselamatkan. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Storage Device

Apa Yang Dimaksud Dengan Storage Device

Istilah storage device merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi bagi para pengguna komputer, terutama …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *