Home / Tips dan Trik / 3 Cara Mempercepat Shutdown Windows 7 Paling Jitu

3 Cara Mempercepat Shutdown Windows 7 Paling Jitu

Karena saking jengkelnya kita di dalam menunggu komputer Windows 7 Shutdown, maka tentu kita mencari cara mempercepat Shutdown Windows 7 supaya waktu kita melakukan proses Shutdown komputer Windows 7 tidak terlalu lama. Apalagi, pada beberapa kasus komputer yang menggunakan Windows 7, pada saat dilakukan saat dan komputer harus menunggu beberapa program ditutup terlebih dahulu sebelum komputer tersebut masuk kedalam proses Shutdown.

Mempercepat Shutdown Windows 7

Untuk membantu anda di dalam menemukan cara mempercepat Shutdown Windows 7, maka pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba berbagi pengalaman tiga cara mempercepat Shutdown Windows 7, di mana cara-cara yang akan saya jabarkan pada kesempatan kali ini bisa memaksa komputer Windows 7 untuk Shutdown lebih cepat dan tentunya tidak memboroskan waktu anda hanya untuk menunggu komputer Shutdown saja.

Namun, perlu saya sampaikan terlebih dahulu bahwa beberapa cara yang akan saya bahas mengenai langkah mempercepat Shutdown Windows 7 bisa saja membahayakan sistem operasi Windows 7 itu sendiri, maka alangkah baiknya anda lakukan backup setingan Windows 7 terlebih dahulu sebelum melakukan perubahan untuk mempercepat proses Shutdown Windows 7.

Ada tiga cara mempercepat Shutdown Windows 7 paling jitu yang perlu anda coba terapkan pada komputer, yaitu dengan melakukan perubahan settingan pada Registry Windows 7, dengan membuat shortcut Shutdown yang bisa diakses dengan cepat di desktop ataupun di lokasi favorit anda, serta force atau brute force langsung pada hardware komputer. Masing-masing cara mempercepat Shutdown Windows 7 tersebut tentunya memiliki nilai peningkatan waktu Shutdown yang berbeda-beda.

Cara mempercepat Shutdown Windows 7 dengan setting Registry Windows

Cara mempercepat Shutdown Windows 7 yang pertama adalah dengan melakukan proses setting pada Registry Windows. Proses perubahan setting pada Registry Windows tentunya sangat berbahaya pada kelangsungan hidup sistem operasi Windows 7 itu sendiri. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan sebelum anda melakukan perubahan settingan pada Registry Windows apa yang anda melakukan backup Registry Windows 7 terlebih dahulu supaya ketika nantinya Windows 7 milik anda mengalami masalah pada Registry Windows, maka anda bisa dengan mudah mengembalikan ke settingan yang masih dalam kondisi baik.

  1. Setelah anda yakin sudah memiliki backup Registry Windows 7, maka kita awali proses setting Registry Windows 7 dengan cara masuk ke Registry editor. Silahkan anda klik tombol star menu, lalu pilih run. Silahkan anda ketik perintah “regedit” lalu lanjutkan dengan menekan tombol enter untuk mengeksekusi perintah tersebut.
  2. Tahapan berikutnya, silahkan anda masuk ke menu HKEY_LOCAL_MACHINE\system\currentcontrolset\control. Setelah anda menemukan folder kontrol pada sebelah kiri, maka silahkan anda cari sebuah nama menu “waittokillservicetimeout” pada sebelah kanan.silahkan anda rubah nilai untuk menu “waittokillservicetimeout” dengan nilai yang lebih rendah. Cara mengedit nilai string tersebut, silahkan anda lakukan double klik pada menu, lalu silahkan anda ganti nilai value datanya menjadi angka yang lebih kecil. Angka satu detik diwakili dengan penulisan 1000. Jadi, misalkan kita hendak merubah nilai menu “waittokillservicetimeout” dengan angka 2 detik, maka kita tuliskan 2000.
    setting registry shutdown windows 7
  3. Masih di menu Registry editor Windows, silahkan anda cari menu yang namanya “waittokillapptimeout”. Apabila menu tersebut tidak ditemukan, silakan anda membuat sendiri secara manual dengan cara klik kanan pada area yang kosong, kemudian pilih “new” lalu lanjutkan dengan memilih menu “string value”. Setelah itu lanjutkan dengan memberi nama pada value name yaitu “waittokillapptimeout”. Berikan angka 2000 pada pengaturan tersebut.
    setting registry shutdown windows 7 1
  4. Sebelum anda menyelesaikan proses setting Registry editor Windows 7 ini, silahkan anda cek apakah di menu sebelah kanan terdapat string “autoendtasks” ? Apabila terdapat string tersebut, maka silahkan anda ganti nilainya menjadi 1. Setelah itu, silahkan anda Restart komputer supaya perubahan pada Registry editor Windows tersebut bisa segera diaplikasikan.
Baca Juga:   Beginilah Cara Sharing Folder Windows 7 Paling Mudah

Cara mempercepat Shutdown Windows 7 dengan membuat shortcut Shutdown

Memiliki shortcut Shutdown sendiri di desktop untuk mempercepat proses Shutdown Windows 7 tentunya adalah sesuatu yang cukup menarik. Cukup dengan melakukan tupperklik pada shortcut Shutdown di desktop Windows 7, maka secara otomatis komputer yang kita gunakan akan sablon dengan sendirinya. Apalagi jika ditambahkan dengan pengaturan Registry Windows seperti yang sudah dibahas pada bagian atas, maka tentunya proses Shutdown Windows 7 akan berjalan lebih cepat lagi.

  1. Untuk mengawali membuat shortcut Shutdown untuk komputer Windows 7, silahkan anda klik kanan pada desktop Windows 7, lalu pilih menu “new” lalu “shortcut”. Setelah jendela create shortcut muncul, silahkan anda masukan perintah “Shutdown.exe -s -t 00 –f”, lalu lanjutkan dengan klik tombol “Next”.
    shortcut shutdown windows 7
  2. Pada tahap berikutnya, silahkan anda beri nama untuk shortcut yang sudah anda buat tersebut, yang misalkan dengan nama “matikan komputer”.
  3. Langkah terakhir tentunya adalah dengan mengklik tombol finish.
  4. Apabila anda ingin lebih cepat di dalam mengakses sop capsa tersebut, anda bisa menaruhnya pada quick launch di taksbar, sehingga hanya dengan satu kali klik saja maka komputer bisa langsung Shutdown.
Baca Juga:   Cara Memperbaiki Komputer Hang dan Error Paling Jitu

Catatan: maksud dari perintah shortcut Shutdown di atas adalah untuk memberikan force Shutdown (-f) pada komputer tanpa menunggu konfirmasi dari pengguna Windows 7 (-t 00) tersebut akan langsung otomatis menutup seluruh program yang masih terbuka tanpa memunculkan dialog box.

Cara mempercepat Shutdown Windows 7 dengan metode paksa

Cara mempercepat Shutdown Windows 7 dengan metode paksa ini memang tidak direkomendasikan karena proses Shutdown Windows 7 dengan metode paksa ini apabila dilakukan secara terus menerus akan membuat perangkat keras dan perangkat lunak mengalami masalah, bahkan bisa jadi terjadi kegagalan sistem komputer.

Namun, tidak ada salahnya mengenal cara mempercepat Shutdown Windows 7 dengan metode paksa ini. Dimungkinkan suatu saat nanti akan membutuhkan teknik ini, misalnya pada saat hendak mematikan komputer dimana komputer tersebut sudah tidak merespon perintah dari penggunanya.

Lalu, bagaimana cara mempercepat Shutdown Windows 7 dengan metode paksa ini? Caranya yaitu dengan menekan dan menahan tombol power komputer secara terus-menerus kurang lebih selama 5 detik. Dalam waktu 5 detik tersebut, komputer akan langsung mati tanpa melakukan proses Shutdown secara software.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Komputer Blue Screen Pada Windows 7

Oleh sebab itulah, metode ketiga  ini apabila tidak terpaksa jangan diterapkan. Hal tersebut dikarenakan ketika kita sering melakukan Shutdown komputer secara paksa, maka komponen komputer yang paling riskan mengalami kerusakan adalah hardisk. Sementara itu, harddisk adalah media penyimpan data penting kita sehingga apabila hardisk mengalami kerusakan maka tentu pekerjaan kita akan ikut hilang.

Demikianlah 3 cara mempercepat Shutdown Windows 7 yang mana anda bisa memilih dan menentukan teknik yang paling mudah diterapkan. Teknik pertama dan teknik kedua pada tulisan diatas hampirlah sama. Letak perbedaan hanyalah pada proses eksekusi nya saja. Apabila metode pertama menggunakan perintah Shutdown Windows 7 secara normal, maka pada perintah kedua menggunakan shortcut untuk mengontrol proses Shutdown Windows 7. Namun, cara yang kedua juga berisi pengaturan Shutdown yang mirip dengan cara yang pertama.terima kasih dan selamat mencoba.

Artikel menarik lainnya

Cara Menampilkan Subtitle Di Android

Cara Menampilkan Subtitle Di Android

Sekarang ini, smartphone yang sangat digandrungi dan diminati oleh para pengguna gadget adalah smartphone yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *