Home / Umum / Alam / 6 Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri

6 Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri

Ada beragam Cara yang ditempuh tumbuhan untuk menyesuaikan diri atau adaptasi dengan lingkungannya. Kemampuan tumbuhan di dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan akan membuat tumbuhan tersebut mampu bertahan hidup serta berkembang biak. Semakin baik kondisi lingkungan di sekitar tumbuhan, maka akan membuat proses penyesuaian diri akan semakin cepat.

6 Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri

Sebenarnya, seluruh tumbuhan yang ada memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri. Hanya saja kadangkala proses penyesuaian diri yang dilakukan oleh tumbuhan mengalami kegagalan sehingga tumbuhan tersebut akan kalah atau mati. Oleh sebab itulah, tumbuhan yang mampu untuk menyesuaikan diri lah yang akan bertahan hidup di lingkungannya.

Tumbuhan dalam menyesuaikan diri juga memiliki kemampuan yang berbeda-beda, ada yang memiliki kekuatan cukup tinggi sehingga mampu beradaptasi dengan lingkungan, namun ada juga yang memiliki kekuatan yang sangat lemah sehingga dengan mudahnya bisa kalah atau mati karena lingkungan disekitarnya tidak mendukung.

Untuk membantu anda di dalam memahami cara tumbuhan menyesuaikan diri, maka Berikut ini akan saya sampaikan enam cara tumbuhan menyesuaikan diri yang masing-masing memiliki karakteristik serta teknik yang berbeda. Saya hanya mengambil 6 contoh tumbuhan karena dari 6 contoh tumbuhan tersebut kita sudah bisa mampu mengenali karakteristik tumbuhan yang lainnya. Intinya apa yang masing-masing tumbuhan memiliki cara yang berbeda di dalam proses adaptasi dengan lingkungannya.

Baca Juga:   Cara Menanggulangi Erosi Tanah Secara Efektif

Berdasarkan kondisi lingkungan, tentunya terdapat banyak sekali perbedaan karakter, mulai dari lingkungan yang berair, lingkungan gersang, lingkungan panas, lingkungan dingin serta berbagai macam kondisi lingkungan lainnya. Biasanya, pada lingkungan tertentu akan tumbuh beberapa jenis tanaman tertentu pula. Jadi, pada setiap tempat hanya ada spesies tumbuhan yang mampu beradaptasi dengan tempat tersebut.

6 cara tumbuhan menyesuaikan diri

Berikut ini adalah 6 tumbuhan yang saya ambil sebagai contoh gambaran umum bagaimana proses penyesuaian diri dengan lingkungan.

1. Tumbuhan kaktus.

Tumbuhan ini melindungi diri dari kondisi luar dengan menggunakan Duri yang terdapat pada seluruh permukaan batangnya. Ketika ada serangan dari luar, maka Duri tersebutlah yang akan bekerja melindungi tumbuhan kaktus tersebut.

2. Tumbuhan putri malu.

Sama dengan tumbuhan kaktus dimana pada seluruh Batang dari tumbuhan putri malu ditumbuhi duri-duri tajam. Selain itu, batangnya juga merambat sehingga mampu menjangkau area yang cukup jauh. Dengan adanya Duri yang melekat pada batang tumbuhan putri malu, maka proses melindungi diri dari tumbuhan putri malu tersebut bisa dilakukan dengan cukup baik.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Banjir Secara Umum

3. Tumbuhan bambu.

Tumbuhan bambu melindungi diri dengan cara menggunakan bulu bulu halus yang melekat pada seluruh bagian batangnya. Apabila bulu-bulu halus tersebut mengenai kulit baik kulit hewan maupun manusia maka seketika akan terasa gatal walaupun sifatnya sementara dan tidak terlalu kuat.

4. Pohon kamboja

Pohon kamboja memiliki kemampuan di dalam melindungi diri dengan cara memanfaatkan getah yang apabila getah tersebut mengenai sesuatu, maka sesuatu tersebut akan sulit untuk bergerak. Biasanya, ada beberapa hewan yang seringkali terjebak oleh getah pohon kamboja, misalnya adalah laba-laba dan burung.

5. Pohon durian

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa proses melindungi diri dari pohon durian adalah menggunakan duri-duri tajam yang kuat dan berada di seluruh permukaan buahnya. Tentunya, siapa saja yang terkena Duri tajam pada permukaan kulit buahnya akan dengan mudahnya terluka.

6. Pohon belimbing

Kadangkala, yang menjadi permasalahan pada pohon belimbing adalah dimakannya buah dari belimbing tersebut. Oleh sebab itu, pohon belimbing memiliki kemampuan untuk melindungi dirinya yaitu Bahwa rasa dari buah belimbing yang masih muda sangatlah asam sehingga tentu tidak ada makhluk hidup yang mau memakannya.

Baca Juga:   Cara Pohon Bambu Menyesuaikan Diri

Demikianlah 6 cara tumbuhan menyesuaikan diri yang mudah-mudahan mampu memberikan gambaran kepada Anda bagaimana sejumlah pohon memiliki kemampuan di dalam mengatasi berbagai macam serangan yang bisa saja berasal dari luar. Mudah-mudahan, setelah anda memahami 6 contoh tumbuhan yang memiliki kemampuan melindungi diri tersebut, maka anda bisa mencari contoh-contoh lain pohon dan tumbuhan yang memiliki kemampuan di dalam proses melindungi dirinya dan beradaptasi dengan lingkungan. Terima kasih dan selamat belajar. Semoga sukses.

Artikel menarik lainnya

Arti Dari Bunga Yang Sangat Penting Untuk Diketahui

Arti Dari Bunga Yang Sangat Penting Untuk Diketahui

Apakah anda sudah mengerti arti dari bunga? Tentunya, berbagai macam bunga yang ada di dunia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *