Home / Umum / Kesehatan / Akibat Kekurangan Dan Kelebihan Air

Akibat Kekurangan Dan Kelebihan Air

Kebutuhan tubuh manusia terhadap air putih setiap harinya adalah sekitar 1,5 liter per hari atau kurang lebih 8 gelas. Tentunya air putih yang kita minum setiap hari mempunyai banyak sekali manfaat, walaupun seringkali kita melupakan akan manfaat yang sangat besar tersebut dari air putih. Hanya saja, walaupun air putih cukup sehat untuk dikonsumsi dalam jumlah banyak tetapi kalau kita terlalu banyak di dalam mengkonsumsi air putih tentunya juga akan memiliki dampak negatif. Oleh sebab itulah pada kesempatan yang baik ini saya akan mengulas akibat kekurangan dan kelebihan air putih.

Akibat Kekurangan Dan Kelebihan Air

Kekurangan dan kelebihan air putih setiap harinya tentu bisa berakibat kurang baik bagi kondisi tubuh manusia. Sebenarnya, bukan hanya air putih saja namun seluruh aktivitas tentunya juga tidak akan baik ketika berlebihan ataupun kekurangan.

Marilah kita ulas apa dampak dari kelebihan dan kekurangan air putih yang kita konsumsi sehari-hari. Dengan mengetahui akibat kekurangan dan kelebihan air putih maka tentunya kita bisa lebih waspada dan mengantisipasi supaya efek negatif dari hal tersebut tidak menimpa pada diri kita.

Akibat kelebihan air putih

Ada 3 akibat yang bisa kita rasakan ketika kita berlebihan di dalam mengkonsumsi air putih, yaitu:

1. Jumlah Volume darah meningkat

Total volume darah yang ada di dalam tubuh kita akan semakin meningkat ketika konsumsi air putih yang kita masukkan ke dalam tubuh berlebihan. Ketika volume darah mengalami peningkatan di dalam pembuluh darah yang tertutup, maka tentunya akan membuat kerja jantung semakin meningkat sehingga pada akhirnya pembuluh darah juga akan bekerja ekstra keras.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Sel

2. Kerja Ginjal Meningkat

Kerja ginjal akan mengalami peningkatan ketika jumlah air putih yang masuk ke dalam tubuh berlebihan. Tugas dari ginjal adalah melakukan penyaringan atau filterisasi pada seluruh cairan yang masuk pada tubuh, termasuk adalah air putih. Semakin banyak air putih yang masuk maka tentunya akan semakin berat kerja ginjal. Bagian ginjal yang melakukan filterisasi adalah glomerulus. Apabila kinerja dari glomerulus terlalu berlebihan maka dapat menyebabkan kerusakan pada bagian tersebut sehingga secara perlahan-lahan ginjal sudah tidak lagi mampu menyaring seluruh cairan yang masuk ke dalam tubuh.

3. Kandungan garam menurun

Sejumlah akibat yang bisa ditimbulkan dari meminum air putih dalam jumlah yang melampaui batas adalah bisa menimbulkan hiponatremia, dimana jumlah kadar air pada darah semakin meningkat sehingga kondisi garam akan semakin encer. Akibat dari hal tersebut tentunya adalah kadar garam yang dibutuhkan untuk tubuh semakin menurun yang pada akhirnya bisa menimbulkan masalah pada jantung otot serta fungsi otak.

Setelah kita membahas mengenai akibat kelebihan air putih, Mari kita bahas Mengenai kekurangan air putih. Dengan memahami sejumlah kekurangan yang bisa ditimbulkan dari kekurangan mengkonsumsi air putih, maka tentunya kita harus berupaya semaksimal mungkin mencukupi kebutuhan air putih pada tubuh kita sehari-hari

Akibat kekurangan air putih

1. Tidak aktifnya sel-sel otak

Dehidrasi adalah masalah pertama yang bisa dialami bagi mereka yang kekurangan pasokan air putih. Kondisi dehidrasi yang berlarut-larut tentunya bisa menimbulkan cairan di dalam otak semakin menurun serta asupan Oksigen yang masuk ke dalam otak juga mengalami penurunan. Pada akhirnya, hal tersebut akan menimbulkan kondisi sel otak menjadi kurang aktif dan juga tidak bisa berkembang dan pada akhirnya bisa menyusul

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Termometer Air Raksa

2. Konsentrasi yang semakin menurun

Otak terdiri dari bagian berupa cairan. Ketika Otak tidak memperoleh suplai cairan yang cukup sesuai dengan kebutuhan, maka secara fungsi akan terganggu terutama pada bagian kepandaian atau kognitif. Bagian otak yang tidak bisa bekerja pada fungsi kognitif tentunya akan menyebabkan seseorang menjadi susah berkonsentrasi, mudah lupa hingga akhirnya lemot.

3. Bisa menimbulkan halusinasi dan juga kematian

Apabila dehidrasi pada tubuh manusia sudah terlalu fatal misalnya sudah munculnya sakit kepala, rasa haus yang berlebihan, badan panas tenggorokan kering, denyut nadi lebih cepat, Kelelahan yang sangat, air kencing yang sudah pekat, makan hal tersebut haruslah segera diantisipasi Dengan meminum banyak air. Jangan sampai Anda terlanjur untuk berhalusinasi akibat dari kekurangan air putih.

4. Bisa menimbulkan infeksi pada kandung kemih

Apabila tubuh kekurangan air putih, maka bakteri-bakteri yang ada di dalam kandung kemih susah untuk keluar sehingga pada akhirnya akan menimbulkan infeksi dibagian kandung kemih. Ciri-ciri terjadinya infeksi pada kandung kemih akibat kekurangan air minum putih yaitu rasa nyeri ketika buang air kecil, naiknya suhu badan, anyang-anyangan atau rasa selalu ingin buang air kecil, adanya rasa nyeri ketika ditekan di bagian tulang kemaluan, serta mungkin bisa juga munculnya darah ketika buang air kecil.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Air Raksa Dan Alkohol Untuk Mengisi Termometer

Untuk kaum wanita disarankan untuk lebih banyak mengkonsumsi air putih dikarenakan panjang dari saluran kemih jauh lebih pendek dibandingkan pada laki-laki. Dengan mengkonsumsi cukup air putih tentunya bisa membantu keluarnya bakteri pada kandung kemih sehingga meminimalisir terjadinya resiko dari infeksi kandung kemih.

Kusamnya warna kulit akibat dari kekurangan air putih adalah aliran darah kapiler di kulit tidak berjalan secara maksimal. Hal tersebut tentunya berdampak pada warna kulit yang menjadi semakin kusam.

5. Fungsi ginjal yang terganggu

Proses pelunturan dari komponen-komponen pembentuk batu pada ginjal tentunya sangat dibantu oleh adanya air putih yang cukup. Kristal-kristal kecil dari pelunturan pada ginjal tersebut nantinya akan dibuang bersamaan dengan urine yang keluar pada saat buang air kecil. Oleh sebab itu, supaya tidak terjadi endapan yang bisa memacu batu ginjal, maka sangat disarankan untuk mengkonsumsi air putih yang cukup.

Demikianlah Uraian singkat mengenai akibat kekurangan dan kelebihan air putih di dalam kehidupan sehari-hari. Mudah-mudahan, setelah anda membaca artikel ini, maka anda bisa lebih memperbaiki konsumsi air putih Sehingga kebutuhan air putih sehari hari tercukupi, tidak berlebihan dan juga tidak kekurangan. Artinya, takaran yang pas di dalam mengkonsumsi air putih sehari hari akan menjaga kondisi kesehatan badan. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Sel

Apa Yang Dimaksud Dengan Sel

Halo pengunjung setia inanesia.com. Apa kabar semuanya ? Semoga saja anda sekalian selalu dalam kondisi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *