Home / Elektronika / Alat Dan Bahan Untuk Menyolder

Alat Dan Bahan Untuk Menyolder

Di dunia elektronika, para teknisi sudah tidak asing lagi dengan sejumlah alat dan bahan untuk menyolder. Hal tersebut tentu dilatarbelakangi karena aktivitas menyolder komponen dan peralatan elektronika merupakan aktivitas harian yang sudah dikerjakan oleh setiap teknisi elektronika. Hanya saja, untuk beberapa kalangan yang belum begitu familier dengan dunia elektronika, tentunya mereka akan membutuhkan sejumlah informasi mengenai peralatan dan bahan yang digunakan untuk menyolder.

Alat Dan Bahan Untuk Menyolder

Sebenarnya, alat untuk menyolder dan juga beberapa bahan yang dibutuhkan Tidaklah terlalu sulit untuk dipahami sekaligus dipelajari. Bahkan, di toko elektronika juga tentunya sudah disediakan secara lengkap sejumlah alat dan bahan untuk kegiatan menyolder baik itu yang memiliki daya besar, daya kecil maupun daya sedang.

Alat dan bahan untuk menyolder

Namun, yang perlu kita ketahui bersama bahwa peralatan menyolder tidak hanya terdiri dari solder saja, namun juga terdiri dari beberapa unit yang lainnya di mana nantinya masing-masing unit tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda pada aktivitas menyolder tersebut. Lalu, alat dan bahan apa saja yang perlu disediakan untuk aktivitas menyolder? Berikut ini adalah penjelasannya untuk pengunjung sekalian

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Lampu Pijar Pada Kendaraan

1. Timah

Timah merupakan bahan inti dan bahan utama untuk kegiatan menyolder. Nantinya, timah tersebut akan dipanaskan dengan menggunakan ujung solder dan nantinya berguna untuk menyatukan kaki dari komponen elektronika dengan bagian tembaga yang menempel pada PCB atau printed circuit board.

2. Tang potong

Sesuai dengan namanya bahwa tang potong digunakan untuk memotong sejumlah kawat dari komponen elektronika

3. Solder

Solder merupakan peralatan pemanas yang digunakan untuk membuat leleh timah Sehingga nantinya dapat menempel di kaki kaki resistor dan kaki komponen elektronika yang lainnya Sehingga nantinya kaki dari komponen elektronika tersebut bisa menempel dan menyatu pada jalur di PCB

4. Penyangga solder

Penyangga solder merupakan peralatan yang dipakai untuk meletakkan solder pada saat sedang digunakan. Alangkah baiknya apabila kita memakai penyangga solder supaya pada saat kita menyolder akan lebih aman dikarenakan panas yang berasal dari solder dapat melukai kita.

5. Pasta solder

Pasta solder memiliki kegunaan untuk membersihkan bagian Mata solder. Hal tersebut dilatarbelakangi karena ketika kita memakai solder, maka akan sangat dimungkinkan bagian dari Mata solder berubah menjadi kotor sehingga bisa mengganggu aktivitas menyolder kita. Terdapatnya kotoran yang ada di bagian Mata solder bentuknya dapat mengakibatkan kalor atau panas yang mengalir untuk melelehkan timah maupun menempelkan bagian kaki komponen ke PCB mengalami gangguan dan tidak maksimal.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Genset Bensin Yang Sulit Hidup

6. Tang

Tang digunakan untuk memotong kabel plastik, memotong kawat dan juga memotong fiber tipis. Tentunya, yang mempunyai kekurangan, yakni tidak bisa digunakan untuk memotong bidang yang memiliki ukuran cukup besar.

Demikianlah penjabaran tentang sejumlah alat dan bahan untuk menyolder yang bisa Anda pahami dan anda siapkan apabila anda memiliki keinginan untuk belajar praktek Bagaimana cara menyolder. Alat untuk menyolder tersebut bisa dengan mudah anda dapatkan di toko-toko Elektronika yang mana rata-rata menyediakan peralatan menyolder dengan lengkap. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Artikel menarik lainnya

Cara Menyambung Kabel Antena TV Yang Benar

Cara Menyambung Kabel Antena TV Yang Benar

Cara menyambung kabel antena sebenarnya bukanlah perkara yang sulit untuk dikerjakan. Hanya saja, apabila cara …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *