Home / Pendidikan / Apa Arti Dari Indonesia Menurut Beberapa Sumber

Apa Arti Dari Indonesia Menurut Beberapa Sumber

Indonesia merupakan negara yang kita tempati. Lantas, apa arti dari indonesia itu sendiri? Sebelumnya, mari kita bahas mengenai apa arti dari nusantara. Kata nusantara memiliki asal kata sejumlah 2, dan berasal dari bahasa sansekerta. 2 kata pembentuk kata nusantara adalah nusa yang memiliki arti pulau serta antara yang memiliki arti luar.

Apa Arti Dari Indonesia Menurut Beberapa Sumber

Kata nusantara dipakai menyebutkan sejumlah pulau yang berada di luar jawa atau luar majapahit pada saat itu. Istilah nusantara tentunya bisa kita peroleh dari adanya sumpah palapa seorang patih gajah mada yang sudah diucapkan di dalam upacara pengangkatannya untuk menjadi seorang patih amangkubumi di dalam kerajaan majapahit di tahun 1336. Referensi tersebut sudah tertulis dengan jelas di dalam kitab pararaton atau kitab raja-raja.

Bisa dikatakan bahwa proses pemberian nama nusantara tersebut memiliki dasar yang berasal dari sudut pandang jawa atau majapahit dimana hal tersebut mengingat pada waktu tersebut belum terdapat kepastian tentang sebutan untuk menyebut keseluruhan pulau yang sekarang ini memiliki nama indonesia.

Baca Juga:   Tata Cara Menjadi Moderator Diskusi

Sebenarnya, istilah nusantara sudah pernah dicoba untuk dihidupkan kembali oleh ki hajar dewantara dimana berfungsi guna menggantikan adanya sebutan hindia belanda. Akan tetapi, setelah usulan tersebut disetujui, justru malah sebutan indonesia lebih populer di dalam pelaksanaan kongres pemuda indonesia di dalam kegiatan sumpah pemuda pada tahun 1928. Namun, pada tahap berikutnya justru sebutan nusantara dipakai sebagai salah satu sinonim guna menyebutkan adanya kepulauan indonesia.

Kata indonesia itu sendiri berasal dari 2 buah kata yang mana bersumber dari bahasa yunani yakni indo atau indu yang memiliki arti hindu atau hindia serta nesia/ nesos yang memiliki arti pulau.

Sejarah Serta Arti Dari Nama Indonesia Yang Bersumber Dari Wikipedia

Seseorang yang perdana mengenalkan adanya nama indonesia yaitu orang yang berasal dari negara inggris dan memiliki nama george samuel windsor earl dimana beliau membuat sebuah tulisan yang memiliki judul on the leading characteristics of the papuan, australians and malay-polynesian nations” dimana tulisan tersebut dibuat di tahun 1850 pada journal of the indian archipelago and eastern asia yang mana sudah diterbitkan di negara singapura.

Baca Juga:   Cara Alami Membuat Suara Bagus

Sementara itu, indonesian archipelago map di dalam sebuah tulisan tentang earl memberikan usulan sejumlah 2 buah nama guna menggantikan sebutan untuk indian yaitu indunesia dan melayunesia. Earl itu sendiri justru lebih menyukai pemakaian sebutan malayunesia dengan mempertimbangkan kepada pemakaian bahasa pergaulan yaitu lingua franca pada kepulauan tersebut adalah bahasa melayu.

Di tahap berikutnya, richardson logan mencoba mengambil nama indonesia dari earl dan tentunya berdasarkan supaya ada kenyamanan di dalam pelafalan.supaya lebih yang menyakiti dalam pelafalan maka richardo logan mengganti huruf u menjadi huruf o. Pertama kalinya, penggunaan nama indonesia di dunia internasional lewat tulisan dari richardo logan pada kegiatan jiaea di tahun 1850 yang memiliki jodoh ethnology of the indian archipelago.

Pada tahun 1884, adolf bastian yang berasal dari universitas berlin berhasil menerbitkan pukul yang berjumlah 5 volume dan memiliki judul indonesien oder die inseln des malayischen archipel dimana judul tersebut memiliki arti indonesia atau pulau-pulau yang berada di kepulauan melayu. Buku tersebut lah yang mampu membuat nama negara indonesia jadi sangat populer dikalangan para cendekiawan negara belanda, yang mana pada akhirnya menjadikan sejumlah kalangan memiliki salah persepsi bahwa penamaan indonesia dibuat oleh bastian. Padahal sebenarnya bastian hanyalah mengambil istilah yang berasal dari sejumlah tulisan logan.

Baca Juga:   Cara Memilih Sekolah Dasar Yang Tepat Untuk Anak

Dari perjalanan itulah maka istilah indonesia turun-temurun sampai dengan jumlah penduduk indonesia di awal abad ke-20 dan tentunya menjadi sebuah identitas untuk sebuah bangsa yang didalamnya memiliki perjuangan untuk mendapatkan kemerdekaan dari adanya penjajah belanda.

Demikianlah penjabaran singkat mengenai apa arti dari indonesia secara umum yang bersumber dari beberapa ahli. Mudah-mudahan, sedikit informasi mengenai apa arti dari indonesia di atas mampu untuk memberikan gambaran kepada anda tentang asal usul dari kata indonesia sehingga kita mampu untuk lebih menghormati perjuangan dari pahlawan indonesia di era sebelum kita. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Artikel menarik lainnya

Arti Dari Definisi Lengkap Dengan Contohnya

Arti Dari Definisi Lengkap Dengan Contohnya

Kata definisi kerap kita dengar. Lantas, apa arti dari definisi tersebut? Definisi merupakan sebuah pernyataan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *