Home / Umum / Pola Pikir / Apa Itu Pola Pikir Secara Umum

Apa Itu Pola Pikir Secara Umum

Apa itu pola pikir? Apakah anda sering mendengar istilah pola pikir Namun ternyata anda tidak memahami definisi dari pola pikir secara umum? Apabila Iya, maka silahkan anda baca terus artikel ini karena pada ulasan kali ini saya akan menjabarkan mengenai definisi dari pola pikir Sehingga nantinya anda akan memahami lebih jelas apa itu pola pikir secara umum.

Apa Itu Pola Pikir Secara Umum

Jenis-jenis pola pikir

Secara umum, terbagi menjadi dua jenis pola pikir yang dimiliki oleh seseorang. Kedua jenis pola pikir tersebut yaitu:

  1. Fixed mindset atau pola pikir statis/ tetap
  2. Growth mindset atau pola pikir yang berkembang

Kedua jenis pola pikir tersebut tentunya dipakai oleh seseorang guna menyimak dunia serta hidup sukses yang tentunya diawali dari proses pengenalan dan memahami diri masing-masing. Dengan adanya pemikiran kepada diri masing-masing maka secara perlahan-lahan setiap orang akan memahami apakah dia memiliki pola pikir tetap atau pola pikir yang berkembang.

Contoh dari pola pikir

Setelah anda memahami Kedua jenis pola pikir di atas, maka Mari kita lanjutkan dengan contoh-contoh dari pola pikir yang bentuknya bisa dijadikan sebagai acuan sekaligus referensi di dalam mengubah mindset atau pola pikir yang kita miliki.

Baca Juga:   Ini Dia Pola Pikir Orang Cerdas Yang Bisa Anda Tiru

1. Fixed mindset atau pola pikir statis/ tetap

Pada metode pola pikir statis/ atau tetap tersebut Anda wajib untuk menyadari bahwa diri Andaadalah merupakan anda yang sekarang dan tentunya pikiran yang anda miliki pada saat ini adalah tidak ada perubahan pada diri anda dan anda sangat yakin bahwa takdir sudah berada pada diri anda. Ketika seseorang memiliki pola pikir tetap, maka karakter dan kepribadian cukup sulit untuk berkembang. Bahkan, banyak pula yang mengalami penurunan karakter karena adanya sikap pesimis atau negatif di dalam diri mereka. Mereka cenderung merasa puas akan hasil yang sudah didapat dan rata-rata mereka memiliki tingkat kepercayaan diri yang kurang.

2. Growth mindset atau pola pikir yang berkembang

Berbeda dengan pola pikir berkembang di mana anda akan diajak untuk selalu memandang diri Anda secara tidak tetap atau dinamis. Sama seperti halnya dengan sebuah karya yang berkembang secara terus-menerus maka anda akan meyakini bahwa bakteri yang sudah ada bisa diubah dengan adanya usaha dan ikhtiar yang sebaik-baiknya. Kemampuan di dalam memanfaatkan peluang merupakan pola pikir berkembang yang bisa dijadikan sebagai salah satu pedoman untuk mendapatkan kebahagiaan dan kesuksesan kapan saja dan dimana saja.

Baca Juga:   Bagaiamana Melakukan Perubahan Pola Pikir

Rata-rata, seseorang yang memiliki pola pikir berkembang cenderung bisa mendapatkan kesuksesan yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang hanya memiliki pola pikir Static atau tetap. Untuk itulah, Mari kita selalu mengusahakan untuk selalu memiliki pola pikir berkembang sehingga kita akan selalu merasa percaya diri, berjuang terus tanpa mengenal kata menyerah serta selalu berikhtiar dan berdoa supaya jerih payah dan usaha yang kita lakukan bisa mendapatkan hasil sesuai dengan harapan dan impian.

Demikianlah penjabaran singkat mengenai Apa itu pola pikir secara umum yang tentunya memiliki definisi sebagai salah satu kemampuan berpikir seseorang di dalam menjalani kehidupan didunia. Mudah-mudahan, sedikit informasi diatas bisa memberikan tambahan Ilmu serta wawasan baru. Selamat beraktifitas dan terimakasih.

Artikel menarik lainnya

Inilah 15 Pola Pikir Orang Kaya

Inilah 15 Pola Pikir Orang Kaya

Di negara Australia, terdapat wanita yang cukup memiliki kekayaan melimpah di dunia, yakni Gina rinehart …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *