Home / Umum / Sosial / Apa Yang Dimaksud Dengan Akomodasi

Apa Yang Dimaksud Dengan Akomodasi

Apakah anda sedang mencari informasi mengenai Apa yang dimaksud dengan akomodasi? Istilah akomodasi memang cukup terkenal dan tentunya cukup populer di masyarakat Indonesia. Hanya saja, ada sejumlah masyarakat yang belum mengetahui pengertian dari akomodasi tersebut. Untuk Anda yang kebetulan sedang mencari informasi mengenai Apa yang dimaksud dengan akomodasi, maka silakan Anda Baca terus ulasan berikut ini karena penulis akan mencoba menjabarkan pengertian tentang akomodasi.

Apa Yang Dimaksud Dengan Akomodasi

Apa yang dimaksud dengan akomodasi?

Bisa dikatakan, akomodasi merupakan sebuah langkah di dalam menyelesaikan sebuah permasalahan di antara sejumlah pihak tanpa harus menghancurkan ataupun merugikan dari salah satu pihak tersebut. Dengan demikian, maka kepribadian dari setiap pihak akan tetap terjaga dengan baik.

Akomodasi itu sendiri ternyata mempunyai sejumlah bentuk di mana bentuk-bentuk tersebut merupakan model dari langkah langkah yang ditempuh untuk penyelesaian permasalahan yang ada. Apa saja bentuk-bentuk dari akomodasi? Berikut ini adalah ulasannya:

  1. Coercion adalah sebuah model akomodasi yang bisa diterapkan dimana model ini merupakan sebuah model pemaksaan kehendak kepada pihak tertentu yang posisinya lebih lemah.
  2. Kompromi merupakan sebuah model akomodasi di mana setiap pihak yang pertentangan masing-masing dapat mengurangi sejumlah tuntutan agar bisa mendapatkan titik penyelesaian. Kedua belah pihak juga nantinya Bisa saling memahami dan dapat merasakan kondisi pihak yang lainnya.
  3. Arbitrasi merupakan sebuah model akomodasi di mana proses kompromi diantara kedua belah pihak yang berselisih tidak tercapai dengan sendirinya. Untuk model arbitrasi ini rata-rata akan mengundang pihak ketiga yang memiliki posisi netral dan tidak memihak kepada pihak manapun serta bisa membantu untuk menyelesaikan segala permasalahan yang dipertentangkan di kedua belah pihak yang bertikai. Penunjukan pihak ketiga juga bisa dilakukan oleh kedua belah pihak yang dianggap mampu untuk membantu menyelesaikan permasalahan.
  4. Mediasi merupakan sebuah model akomodasi yang sangat mirip dengan model arbitrasi. Letak perbedaannya adalah posisi dari pihak ketiga yang memiliki kemampuan sebagai penengah diantara pihak yang bertikai tidak mempunyai kewenangan di dalam mengambil sebuah keputusan terhadap proses penyelesaian masalah-masalah yang sedang diperdebatkan oleh kedua pihak yang bertikai.
  5. Konsiliasi merupakan sebuah model akomodasi yang mana model tersebut akan mengumpulkan sejumlah keinginan dari masing-masing pihak yang berselisih dengan tujuan untuk mendapatkan persetujuan bersama.
  6. Toleransi merupakan sebuah model akomodasi yang bisa berjalan tanpa adanya kata sepakat secara resmi. Model ini biasanya muncul karena adanya sebuah keinginan untuk bisa menghindari hal-hal yang menyulut pertikaian serta bisa merugikan kedua belah pihak yang bertikai.
  7. Stalemate merupakan sebuah model akomodasi yang mana kedua belah pihak yang bertikai memiliki kemampuan serta kekuatan yang berimbang
  8. Ajudikasi merupakan sebuah model akomodasi di mana untuk menyelesaikan sebuah permasalahan atau sengketa dari kedua belah pihak memakai bantuan pengadilan ataupun jalur hukum
Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Nusantara

Itulah sejumlah model akomodasi yang rata-rata ditempuh oleh para pihak yang bertikai untuk mendapatkan sebuah titik temu sehingga mendapatkan keputusan yang terbaik. Disamping adanya model akomodasi yang bisa dipilih, tentunya ada juga sejumlah tujuan dilakukannya sebuah akomodasi. Di bawah ini adalah sejumlah tujuan dari akomodasi, yaitu:

  1. Dapat mereduksi sebuah pertentangan yang diakibatkan adanya paham yang berbeda
  2. Untuk sementara waktu, akomodasi bisa digunakan untuk mencegah proses meluasnya sebuah pertikaian ataupun pertentangan
  3. Bisa mempererat kerjasama di antara sejumlah pihak yang hidup secara terpisah

Demikianlah ulasan singkat mengenai Apa yang dimaksud dengan akomodasi. Ketika kita sudah memahami pengertian dari akomodasi, maka tentunya kita bisa berupaya untuk memilih model akomodasi yang tepat apabila suatu saat nanti ada sebuah pertentangan diantara kedua belah pihak yang butuh penyelesaian secepatnya. Dengan adanya akomodasi yang tepat maka tentunya permasalahan-permasalahan yang timbul pada sejumlah pihak bisa diselesaikan dengan lebih bijaksana. Terima kasih.

Artikel menarik lainnya

Contoh Peraturan Di Rumah Untuk Anak

Contoh Peraturan Di Rumah Untuk Anak

Di rumah tentunya ada peraturan yang dibuat untuk seluruh anggota keluarga, ada pula aturan yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *