Home / Software / Android / Apa Yang Dimaksud Dengan Android

Apa Yang Dimaksud Dengan Android

Smartphone Android atau handphone Android adalah salah satu piranti yang sudah cukup memiliki nama beberapa tahun belakangan ini. Lalu, Apakah anda sendiri mengetahui apa yang dimaksud dengan Android? Apa definisi serta pengertian tentang Android tersebut? Bagaimana detail dari Android yang sering kita dengar? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, maka anda perlu terus menyimak ulasan berikut ini karena penulis akan mencoba menjabarkan Apa yang dimaksud dengan Android

Apa Yang Dimaksud Dengan Android

Apa Yang Dimaksud Dengan Android

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa sebagian besar smartphone yang digunakan di Indonesia, bahkan di dunia memiliki platform Android. Tentunya, sebelum kita membeli smartphone per platform Android maka tentunya kita harus mengetahui terlebih dahulu Apa yang dimaksud dengan Android. Android merupakan salah satu sistem operasi yang digunakan pada telepon seluler yang di dalamnya berorientasi dan berbasis pada Linux. Android merupakan salah satu sistem operasi open source bagi sejumlah pengembang untuk bisa membuat aplikasi sendiri yang nantinya bisa dipakai oleh sejumlah mobile device.

Dahulu, Google lah yang membeli Android yang merupakan salah satu pendatang baru di dunia mobile. Sampai sekarang, Android masih dipegang oleh Google dan terus dikembangkan hingga memiliki fungsi, fasilitas dan fitur yang sangat baik untuk diterapkan pada perangkat bergerak.

Selanjutnya, untuk proses pengembangan Android dibuatlah Open handset Alliance di mana hal tersebut merupakan konsorsium yang berasal dari 34 perusahaan software, hardware, dan juga telekomunikasi. Termasuk didalamnya adalah Intel, HTC, Google, Qualcomm, Motorola, Nvidia dan juga T-mobile.

Berdasarkan perkembangan selanjutnya, terdapat dua distributor besar dari sistem operasi Android. Distributor pertama adalah distributor yang memperoleh support secara penuh dari Google atau GMS ( Google Mail service). Untuk distributor kedua adalah distributor yang bersifat lepas dan tidak memperoleh support secara langsung dari Google. Distributor yang kedua sering dikenal dengan sebutan OHD atau Open handset distribution.

Baca Juga:   Inilah 7 Aplikasi Untuk Android Lollipop Terpopuler

Bisa disimpulkan bahwa smartphone Android merupakan smartphone atau handphone yang didalamnya memakai sistem operasi berbasis Android. Pemilihan sistem operasi Android yang dipasang pada smartphone merupakan pilihan yang diambil dari Para produsen smartphone karena mempunyai biaya lisensi yang cukup murah Dan tentunya memiliki sifat yang semi open source. Selain itu, dukungan dan support dari sejumlah layanan Google merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Android.

Ketika Google sedang gencar-gencarnya melakukan pengembangan pada aplikasi, Google ternyata pernah mengalami permasalahan di bagian trade Mark Android. Akan tetapi, pihak Google tetap saja jalan di dalam merilis Android ke pasaran walaupun secara trade mark, sebutan Android telah dipatenkan pada sebuah perusahaan membuat software serta aplikasi di internet yang berlokasi di US. Prisma tersebut diberikan nama Android dara.

Alasan Google adalah karena nama Android merupakan sebuah nama untuk open source, yang berasal dari sebuah sistem operasi berplatform Linux yang ditujukan untuk perangkat mobile. Android pertama kali dikenalkan di pasaran pada bulan November di tahun 2017.

Sejumlah kelebihan smartphone Android

1. Kemampuan untuk multitasking

Kemampuan multitasking merupakan kemampuan yang dimiliki oleh smartphone Android untuk dapat menjalankan sejumlah aplikasi dalam satu kali waktu, misalnya adalah aplikasi browsing, aplikasi Facebook dan juga email yang dilakukan bersamaan.

2. Notifikasi yang mudah

Pada bagian homescreen akan selalu dimunculkan notifikasi dari email, SMS dan juga RSS reader yang masuk. Disamping itu, bagi smartphone yang sudah dilengkapi dengan lampu LED biasanya akan menyala berkedap-kedip sehingga apabila anda terlewat untuk mendengar suara notifikasi yang masuk, maka anda akan tetap mendapatkan notifikasi dari lampu LED yang selalu berkedip. Bahkan, miscall pun akan mendapatkan notifikasi.

Baca Juga:   Cara Menghapus Data Di HP Android

3. Kemudahan didalam mendapatkan ribuan APK lewat Play Store

Disediakan ribuan APK gratis baik itu dari jenis aplikasi, game, tutorial dan jenis APK lainnya yang bisa anda download langsung pada Google Drive. Anda bisa mencari APK favorit secara langsung pada Google Drive tersebut.

4. Keanekaragaman di dalam memilih smartphone

Keanekaragaman di dalam memilih jenis smartphone Android tentunya datang dari sejumlah vendor yang memproduksi Smartphone Smartphone yang menggunakan sistem operasi Android. Sejumlah produsen ternama seperti Motorola, Sony, Samsung, HTC, Asus dan juga sejumlah produsen lainnya dengan gencar-gencarnya selalu memproduksi smartphone berbasis Android terbaru sehingga pengguna tentu tidak akan merasa kesulitan dalam mendapatkan smartphone versi terbaru. Tentunya hal tersebut berbeda dengan produk dari Apple yang mana pilihan dari smartphone berbasis ios tersebut cukuplah terbatas.

5. Bisa memodifikasi ROM

Apabila Anda tidak puas dengan sejumlah tampilan standar yang dibawa oleh smartphone Android, maka anda bisa melakukan OPREK pada ROM sehingga memiliki tampilan yang lebih ciamik dan sesuai dengan selera masing-masing pengguna.

6. Widget yang cukup banyak

Ada sejumlah Widget yang ditampilkan di homescreen yang tentunya mempermudah Anda didalam mendapatkan informasi tertentu. Selain itu, sejumlah wechat yang ditampilkan pada screen yang lainnya juga akan mempermudah anda di dalam melakukan setting serta pemanggilan fitur-fitur yang disediakan pada masing-masing widget tersebut.

7. Maniak Google

Apabila anda merupakan salah satu pemakai setiap ada sejumlah layanan yang dimiliki Google seperti Google reader dan juga Gmail, maka secara otomatis ponsel Android yang Anda gunakan sudah terintegrasi dengan sejumlah layanan Google, seperti email dari Gmail yang secara otomatis akan tersinkronisasi dengan baik. Apabila diperlukan, anda juga bisa meng sinkronisasikan akun Google dengan sejumlah layanan yang lain, mulai dari Google Drive, Google foto, dan sejumlah layanan Google lainnya.

Baca Juga:   Cara Menjalankan Aplikasi Windows Di Android

Sejumlah kekurangan smartphone Android

Ada kelebihan, pastinya ada kekurangan. Di bawah ini adalah sejumlah kekurangan yang dimiliki oleh smartphone berbasis Android

1. Membutuhkan koneksi internet yang tanpa henti

Sejumlah smartphone Android membutuhkan adanya koneksi internet secara terus-menerus dan selalu aktif. Berdasarkan pengalaman, smartphone Android akan bekerja dengan maksimal ketika adanya koneksi internet secara berkelanjutan karena sejumlah aplikasi yang berjalan juga membutuhkan koneksi internet.

2. Banyaknya iklan yang muncul

Sejumlah aplikasi yang bisa anda download secara gratis di playstore tentunya bersifat gratis. Namun, karena sifatnya yang gratis tersebut memiliki konsekuensi di mana pada sejumlah aplikasi gratis tersebut membawa iklan. Oleh sebab itu, mau tidak mau anda harus merelakan iklan-iklan tersebut muncul menghiasi sejumlah aplikasi yang sudah terinstal pada smartphone Android kesayangan anda.

Demikianlah penjabaran singkat mengenai Apa yang dimaksud dengan Android yang bisa saya ulas pada posting kali ini. Mudah-mudahan, setelah anda membaca ulasan artikel kali ini, maka anda sudah memahami secara keseluruhan tentang Android. Dengan demikian, maka pemahaman Anda di dalam smartphone Android akan semakin bertambah dan ilmu pengetahuan anda di dalam perangkat mobile pada umumnya akan meningkat. Terima kasih.

Artikel menarik lainnya

Cara Menampilkan Lirik Lagu Di Android Tanpa Aplikasi

Cara Menampilkan Lirik Lagu Di Android Tanpa Aplikasi

Hiburan sudah pasti dibutuhkan oleh setiap manusia. Salah satu jenis hiburan yang cukup ngetren digunakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *