Home / Software / Apa Yang Dimaksud Dengan Aplikasi Dari Berbagai Sumber

Apa Yang Dimaksud Dengan Aplikasi Dari Berbagai Sumber

Tentunya, kita sering mendengar kata aplikasi. Lantas apa yang ada dipikiran kita ketika kita mendengar kalimat itu? Apa yang dimaksud dengan aplikasi sebenarnya? Kata aplikasi sebenarnya sudah cukup familiar di telinga masyarakat Indonesia pada umumnya. Tentunya, definisi dari kata aplikasi cukuplah beragam ketika diartikan oleh banyak orang. Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan aplikasi? Marilah kita bahas mengenai hal tersebut.

Apa Yang Dimaksud Dengan Aplikasi Dari Berbagai Sumber

Kata aplikasi sebenarnya bersumber dari bahasa Inggris, yaitu application yang memiliki arti lamaran, penerapan dan penggunaan. Sementara itu apabila kita lihat dari sisi istilah, kata aplikasi memiliki arti sebuah program atau software yang siap untuk digunakan di mana software tersebut diciptakan guna melakukan sebuah fungsi dan peranan untuk setiap penggunanya ataupun untuk keperluan software yang lainnya serta bisa dipakai oleh setiap sasaran yang dibidik.

Bisa dikatakan pula bahwa aplikasi merupakan sebuah software atau perangkat lunak yang siap untuk dimanfaatkan dengan jalan melakukan sejumlah instruksi yang berasal dari user atau pengguna. Aplikasi Banyak dibuat guna mempermudah pekerjaan manusia pada berbagai macam keperluan. Salah satu contohnya adalah untuk keperluan percetakan, membuat laporan, membuat skripsi, dan sejumlah pekerjaan lainnya.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Manajemen File

Apa yang dimaksud dengan aplikasi menurut beberapa sumber?

Kata aplikasi itu sendiri diterjemahkan dengan banyak makna dan arti oleh sejumlah sumber. Oleh sebab itulah maka alangkah baiknya saya juga akan membahas Apa yang dimaksud dengan aplikasi yang mana referensi yang saya ambil merupakan referensi dari banyak sumber. Berikut ini adalah ulasannya.

  1. Aplikasi menurut Jogiyanto adalah sebuah pemakaian pada unit komputer, instruction atau instruksi, statemen atau pernyataan yang sudah mengalami pengolahan yang pada akhirnya akan membuat komputer bisa melakukan proses input dan output pada sejumlah sumber.
  2. Berdasarkan KBBI atau kamus besar bahasa Indonesia, yang dimaksud dengan aplikasi yaitu sebuah penerapan dari sejumlah rancangan sistem guna melakukan pengolahan data yang memakai Ketentuan dan aturan menggunakan teknik pemrograman khusus. Aplikasi merupakan sebuah software komputer yang bisa diciptakan untuk melakukan pekerjaan serta melaksanakan sejumlah tugas yang berasal dari pengguna atau user.
  3. Berdasarkan Wikipedia, aplikasi merupakan sebuah subkelas dari perangkat lunak yang ada di komputer di mana bagian tersebut melakukan pemanfaatan pada kemampuan komputer secara langsung guna menjalankan sebuah tugas yang dikehendaki oleh pemakainya.
  4. Berdasarkan Rachmat Hakim S mengatakan bahwa aplikasi merupakan software atau perangkat lunak yang dapat dipakai untuk mencapai tujuan tertentu, sebagai contohnya adalah melakukan pengolahan dokumen, bermain game, pengaturan tampilan Windows serta sejumlah fungsi yang lainnya.
  5. Harif Santoso mengatakan bahwa yang namanya aplikasi merupakan sebuah kelompok file yang terdiri dari class, form dan report yang memiliki tujuan guna menjalankan sebuah aktivitas tertentu yang memiliki keterkaitan, misalnya adalah aplikasi fix asset dan aplikasi payroll.
  6. Ibisa menyampaikan bahwa yang namanya aplikasi adalah alat bantu guna mempercepat dan mempermudah sejumlah pekerjaan yang menggunakan komputer di mana pekerjaan-pekerjaan tersebut sebenarnya bukanlah menjadi tugas personal dari penggunanya.
  7. Menurut Hengky W. Pramana menyebutkan bahwa aplikasi adalah sebuah unit software yang diciptakan guna melayani Sejumlah keperluan pada aktivitas yang terjadi pada layanan masyarakat, sistem perdagangan, periklanan dan segala macam proses yang dikerjakan manusia.
  8. Hendrayudi menyampaikan bahwa aplikasi merupakan sebuah perkumpulan dari perintah-perintah software yang dirancang guna mengerjakan sejumlah pekerjaan khusus.
  9. Yuhefizar menyampaikan bahwa aplikasi adalah sebuah software yang dibuat dan dirancang guna memenuhi segala macam keperluan setiap penggunanya di dalam melaksanakan pekerjaan pekerjaan tertentu
  10. Djokopran dan Eko I menyampaikan bahwa aplikasi adalah sebuah prosedur atau proses aliran data Pada infrastruktur di dalam teknologi informasi yang bisa digunakan oleh setiap penggunanya di dalam melakukan pengambilan keputusan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan jenjangnya.
Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Sistem Operasi Komputer

Kesimpulan

Dari sejumlah uraian diatas apa bisa disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan aplikasi merupakan sebuah software yang siap untuk digunakan yang bisa dimanfaatkan untuk menjalankan instruksi-instruksi dari pemakai aplikasi tersebut dan memiliki tujuan untuk memperoleh output yang lebih valid serta akurat sesuai dengan apa yang diharapkan pada pembuatan software tersebut. Aplikasi juga memiliki maksud untuk bisa memecahkan sebuah permasalahan yang memakai sebuah teknik di dalam pengolahan data yang biasanya mengacu pada teknik komputasi yang diharapkan atau diinginkan dan juga proses datang sesuai dengan yang diharapkan.

Sekian penjabaran singkat mengenai Apa yang dimaksud dengan aplikasi dimana penulis ambil dari sejumlah sumber. Setelah anda memahami sejumlah pengertian dari aplikasi, maka tentunya anda sudah mengetahui secara dasar mengenai istilah aplikasi tersebut dan tentunya Sudah mampu memahami maksud serta tujuan dari pembuatan aplikasi. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan File

Apa Yang Dimaksud Dengan File

Kata file bukanlah kata yang asing bagi kita. Setiap kali kita bekerja menggunakan komputer pastinya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *