Home / Umum / Alam / Apa Yang Dimaksud Dengan Atom

Apa Yang Dimaksud Dengan Atom

Apa yang dimaksud dengan atom? Atom merupakan bagian unit paling dasar yang berasal dari seluruh benda yang mana bagian tersebut terdiri atas inti atom atau nukleus dan dikelilingi bagian yang bernama awan elektron yang memiliki muatan negatif. Sementara itu, bagian inti atom terbentuk dari bagian Proton yang memiliki muatan positif serta neutron yang memiliki muatan Netral. Namun, khusus untuk atom hidrogen yang tidak memiliki neutron.

Apa Yang Dimaksud Dengan Atom

Apa Yang Dimaksud Dengan Atom

Ukuran dari jari-jari atom yaitu berkisar antara 3 nanometer hingga 15 nanometer. Bagian elektron yang ada di atom terikat dengan bagian inti atom yang diakibatkan adanya gaya elektromagnetik. Dari gaya elektromagnetik tersebut juga, atom bisa terikat dengan atom atom lainnya Dan pada akhirnya bisa membentuk satu molekul. Sampai dengan saat ini, atau belum bisa untuk dilihat baik menggunakan mikroskop ataupun dengan menggunakan alat optik apapun juga.

Atom akan memiliki sifat netral apabila jumlah kandungan antara elektron dengan Proton adalah sama. Sementara itu, atom akan disebut sebagai ion apabila jumlah antara Proton dan elektron berbeda karena nantinya akan memiliki muatan negatif ataupun positif. Atom akan memiliki muatan positif apabila jumlah proton lebih banyak. Sementara itu, atom akan memiliki muatan negatif apabila jumlah elektron lebih banyak. Jumlah massa atom yang berada pada pusat inti atom lebih dari 99,9%. Untuk partikel pembentuk atom itu sendiri terdiri dari tiga unsur dasar, yaitu:

Baca Juga:   Cara Menanggulangi Bencana Alam
  1. Elektron yang merupakan partikel yang mana memiliki muatan -1 atau negatif. Partikel ini memiliki bobot yang sangat ringan, yaitu 1/ 1840 kali dari berat neutron atau Proton.
  2. Proton merupakan partikel yang memiliki muatan +1 atau positif. Garis tengah dari Proton hanyalah 1/3 dari garis tengah elektron, akan tetapi mempunyai bobot kurang lebih 1840 kali dari bobot elektron.
  3. Neutron merupakan partikel yang netral atau tidak bermuatan. Sementara itu untuk bobot yang dimiliki oleh neutron adalah gabungan antara bobot dari elektron dan Proton.

Sejumlah teori yang membahas mengenai atom teruslah mengalami perkembangan. Hal tersebut disebabkan karena manusia memiliki rasa ingin tahu tentang unsur-unsur yang menyusun pada sebuah benda. Manusia memiliki pola pikir pada sebuah kertas yang dipotong-potong, di mana pada akhir sebuah pemotongan kertas akan didapat ukuran yang sangat kecil dan tentunya sudah tidak bisa untuk dipotong kembali. Apabila kita lihat dari kata atom, maka kata tersebut berasal dari bahasa Yunani, yaitu A dan Tomos. Kata tersebut memiliki arti tidak bisa dipotong, di mana A= tidak dan Tomos= dipotong/ terbagi.

Baca Juga:   Cara Menanggulangi Longsor Dengan Baik Dan Benar

Jadi, kesimpulan awal dari atom adalah sebuah partikel atau unit yang paling kecil sebagai penyusun dari sebuah benda. Sudah disepakati bersama bahwa atom memang memiliki ukuran yang amat kecil. Sebagai pembanding, tanda titik saja memiliki ukuran kurang lebih 20 juta dari ukuran atom. Hanya saja, atom mengalami perkembangan sesuai dengan proses penelitian yang dilakukan oleh banyak ahli.

Di bawah ini adalah sejumlah penelitian yang mengembangkan pengertian dari atom berdasarkan para ahli kimia:

  1. Menurut Democritos atom memiliki arti sebuah partikel yang sangat kecil yang mampu untuk menyusun benda-benda yang ada pada alam semesta
  2. Menurut John Dalton atom memiliki arti sebuah partikel yang sangat kecil dari sebuah unsur di mana atau masih memiliki karakter dan sifat yang sama dengan unsur nya
  3. Menurut J.J. Thomson atom memiliki arti sebuah bola yang memiliki muatan positif dan elektron yang memiliki muatan negatif dan tersebar dengan merata.
  4. Menurut Ernest Rutherford atom memiliki arti sebuah partikel yang terbentuk dari inti atom, yaitu neutron dan Proton dan posisinya ada pada bagian inti atau pusat serta dikelilingi oleh bagian yang bernama elektron-elektron.
Baca Juga:   Arti Dari Bunga Yang Sangat Penting Untuk Diketahui

Sementara itu, tentunya di alam semesta banyak sekali terdapat jenis-jenis atom. Banyaknya atom-atom yang tersebar di alam semesta tersusun di dalam sebuah sistem periodik unsur. Tentunya banyaknya atom tersebut disusun dengan dasar dari jumlah proton yang dimiliki pada sebuah atom. Atom-atom yang telah ditemukan terlebih dahulu tentunya sudah diberikan lambang dan nama. Penamaan dan pemberian lambang pada atom Berdasarkan sistem Jons Jacob Berzelius dimana orang tersebut merupakan ahli kimia yang berasal dari negara Swedia.

Demikianlah penjelasan mengenai Apa yang dimaksud dengan atom. Mudah-mudahan materi tentang atom dan erat kaitanya di bidang kimia ini mampu untuk memenuhi kebutuhan anda tentang pengetahuan dan ilmu di bidang unsur atom tersebut. Disamping itu, tentunya penulis juga harapkan bahwa materi ini bisa digunakan sebagai bahan pelajaran bagi peserta didik baik yang masih duduk di bangku SMP apa SMA maupun SMK. Terima kasih dan selamat belajar, Salam sukses untuk anda.

Artikel menarik lainnya

Arti Dari Bunga Yang Sangat Penting Untuk Diketahui

Arti Dari Bunga Yang Sangat Penting Untuk Diketahui

Apakah anda sudah mengerti arti dari bunga? Tentunya, berbagai macam bunga yang ada di dunia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *