Home / Umum / Alam / Apa Yang Dimaksud Dengan Banjir Bandang dan Penyebabnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Banjir Bandang dan Penyebabnya

Apa yang dimaksud dengan banjir bandang? Apa pula yang menyebabkan terjadinya banjir bandang tersebut? Silakan anda simak ulasan berikut ini sehingga anda akan mendapatkan jawaban dari kedua pertanyaan tersebut. Sebenarnya,-nya secara umum anda sudah pasti memahami apa yang dimaksud dengan banjir. Akan tetapi, apabila ada embel-embel banjir bandang maka mungkin saja anda belum mengetahui secara pasti apa yang dimaksud dengan banjir bandang tersebut.

Apa Yang Dimaksud Dengan Banjir Bandang dan Penyebabnya

Dari latar belakang di atas, maka tidak ada salahnya penulis mencoba untuk membahas mengenai apa yang dimaksud dengan banjir bandang serta sejumlah penyebab yang bisa menimbulkan banjir bandang tersebut. Setelah anda memahami mengenai banjir bandang serta sejumlah penyebabnya, maka setidaknya anda bisa melakukan sejumlah antisipasi supaya tidak terjadi banjir bandang di wilayah sekitar tempat tinggal anda.

Apa yang dimaksud dengan banjir bandang?

Banjir bandang merupakan sebuah banjir yang diakibatkan oleh adanya luapan aliran air sungai yang diakibatkan oleh volume air sungai yang secara tiba-tiba membesar melampaui dari kapasitas standar aliran sungai. Proses terjadinya penambahan debit air sungai berlangsung dengan sangat cepat serta mampu untuk merendam pada sejumlah wilayah yang memiliki permukaan cukup rendah, di bagian lembah-lembah sungai serta bagian wilayah yang cekung.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Planet

Secara umum, letak perbedaan dari banjir biasa adalah pada durasi waktu munculnya banjir bandang tersebut dan rata-rata terjadi sekitar 6 jam, akan tetapi bisa dengan mudah menyapu wilayah yang dilanda oleh banjir bandang tersebut dan memiliki kecepatan aliran air yang sangat besar dan tentunya berjalan tanpa adanya peringatan. Permukaan gelombang air pada banjir bandang juga cukuplah tinggi, tinggi gelombang dari banjir bandang adalah sekitar 3 meter sampai dengan 6 meter dan tentunya dengan membawa debris yang memiliki sifat sangat berbahaya terhadap apa yang dilewatinya. Banjir bandang juga bisa memicu sebuah kelereng menjadi longsor serta bisa juga menyebabkan adanya bencana aliran debris.

Sejumlah penyebab yang bisa menimbulkan terjadinya banjir bandang

Secara umum, hal-hal yang menyebabkan terjadinya banjir bandang adalah sebagai berikut.

1. Meluapnya air sungai yang disebabkan karena curah hujan yang cukup lebat

Meskipun kekuatan dari hujan bergerak dengan cukup lambat, namun karena jatuh pada wilayah sungai yang mengalir maka akan mengakibatkan adanya pergerakan air yang begitu cepat. Bahkan, banjir yang memiliki kecepatan serta debit air yang sangat besar bisa mengangkut berbagai macam jenis batu, material material hasil erosi yang diakibatkan oleh adanya penebangan pohon-pohon di wilayah tersebut.

Baca Juga:   Cara Menanggulangi Bencana Banjir

Besarnya curah hujan yang cukup lebat juga tentunya akan mampu untuk menghaturkan rumah-rumah, jembatan, serta bisa juga menimbulkan adanya korban jiwa. Salah satu contoh terjadinya banjir bandang adalah pada tanggal 21 september 2016 yang lalu di mana terjadi banjir akibat luapan air sungai yang cukup besar serta mampu menyapu dengan begitu cepatnya pemukiman.

2. Kondisi tanggul atau bendungan yang sudah cepat atau rusak.

Tanggul yang berfungsi menahan aliran sungai apabila mengalami kerusakan tentunya akan dengan sangat mudah menyebabkan banjir bandang. Banjir bandang rata-rata terjadi pada sejumlah daerah bantaran sungai aluvial yang disebabkan karena terpecahnya bagian tengah pelindung ketika terjadi sebuah aliran dengan elevasi pada bagian atas bantaran sungai.

Disebabkan karena terjadinya kegagalan pada sebuah bendungan buatan atau karena sebuah penyebab yang lainnya, banjir bandang akan bisa dengan mudah menyebabkan terjadinya bencana yang cukup dahsyat. Sebagai contoh, di bulan juni 2016 di daerah bekasi terjadi banjir bandang yang disebabkan oleh jebolnya tanggul kali cikeas sehingga aliran sungai masuk ke wilayah perumahan.

Baca Juga:   Cara Pohon Bambu Menyesuaikan Diri

Demikianlah ulasan singkat mengenai apa yang dimaksud dengan banjir bandang serta sejumlah penyebab yang bisa menimbulkan terjadinya banjir bandang tersebut. Mudah-mudahan, setelah anda membaca uraian diatas, maka anda bisa benar-benar tersadar dengan sangat baik sehingga mampu menjaga kondisi lingkungan supaya tetap bisa beraktivitas dengan normal. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Artikel menarik lainnya

Arti Dari Bunga Yang Sangat Penting Untuk Diketahui

Arti Dari Bunga Yang Sangat Penting Untuk Diketahui

Apakah anda sudah mengerti arti dari bunga? Tentunya, berbagai macam bunga yang ada di dunia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *