Home / Umum / Sosial / Apa Yang Dimaksud Dengan Bipolar

Apa Yang Dimaksud Dengan Bipolar

Apakah anda mengetahui apa yang dimaksud dengan bipolar? Bipolar disorder merupakan salah satu jenis penyakit psikologi yang memiliki kekhawatiran cukup tinggi. Penyakit bipolar adalah sebuah penyakit yang menjadikan seseorang memiliki kondisi emosi yang sangat tidak stabil dan cenderung dapat meledak dalam waktu yang sangat singkat. Penyakit bipolar Ini adalah sebuah penyakit yang dapat diidentifikasikan dari tingkah laku seseorang. Penyakit bipolar juga merupakan penyakit yang dapat dilihat dari perubahan mod seseorang yang secara mendadak berupa 180°.

Apa Yang Dimaksud Dengan Bipolar

Apa Yang Dimaksud Dengan Bipolar

Penyakit bipolar atau bipolar disorder merupakan sebuah gangguan yang muncul di dalam perasaan seseorang yang dikarenakan gangguan yang berada di otak. Gangguan bipolar tersebut bisa terlihat dari adanya Swing atau perubahan mood pada pikiran, serta perubahan pada perilaku. Seseorang yang terjangkit penyakit bipolar ini akan ditandai dengan adanya perubahan drastis pada mod, dari posisi manic ke posisi depresi dalam rentang waktu tertentu.Kondisi manic ditengarai dengan mod yang meningkat atau hipertimik maupun irritable atau mudah tersinggung dan juga mudah marah. Sementara itu posisi depresi ditengarai dengan adanya mod hipotik atau mengalami penurunan yang sangat drastis.

Diantara kedua posisi mod tersebut, ada posisi mod yang berada di tengah-tengahnya yaitu dalam posisi normal atau eutimik. Kata bipolar itu sendiri merujuk pada sebuah kondisi seseorang yang sedang mengalami proses perpindahan mod pada dua kutub maupun spektrum emosi yang saling berlawanan.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Aturan

Bipolar merupakan sebuah kondisi yang sering disebut dengan kondisi mood yang tidak stabil. Namun, sejumlah gejala bisa disebut sebagai gangguan bipolar manakala sudah memenuhi kriteria-kriteria yang telah ditentukan. Sebagai contohnya adalah pada posisi manic dimana pada posisi tersebut diperlukan sebuah kondisi mood hipertimik yang terjadi dalam waktu paling lambat minimal adalah satu minggu atau bisa juga kurang dari 1 minggu.

Sementara itu, untuk posisi depresi, diperlukan waktu minimal 2 minggu secara berurutan ada di posisi mod hipotinik. Sebuah kondisi disebut sebagai sebuah gangguan ketika sebuah kehidupan atau sebuah fungsi pekerjaan sosial individu mengalami gangguan. Pada saat munculnya gangguan, kadangkala individu membutuhkan perawatan di rumah sakit.

Berikut ini adalah 4 posisi emosi yang dapat dirasakan oleh penderita bipolar disorder, yaitu:

1. Posisi Mania

Pada posisi Mania, individu mempunyai perasaan semangat dan rasa bahagia yang amat sangat luar biasa. Tidak jarang, individu pun akan mengalami sulit tidur yang disebabkan karena merasa memiliki tingkat produktif yang tinggi. Bahkan, apabila sudah cukup ekstrim individu merasa bahwa sudah tidak memerlukan orang lain dan memiliki rasa percaya diri yang sangat tinggi.

Baca Juga:   Biografi Tentang Ayah Sebagai Inspirasi

2. Posisi hypomania

Pada posisi ini Tentunya tidak terlalu berbeda dengan posisi Mania. Akan tetapi, pada posisi hypomania individu akan memiliki perasaan lebih tenang. Kondisi hypomania ini merupakan kondisi yang sangat sulit untuk bisa dideteksi disebabkan karena memiliki gejala yang hampir sama dengan individu-individu lain yang normal pada kondisi bahagia walaupun kadangkala memiliki efek yang dapat sama dengan posisi Mania.

3. Posisi depresi

Posisi depresi tentunya memiliki perbedaan yang jauh dengan posisi hipomania maupun Mania. Posisi depresi dapat digambarkan sebagai sebuah kondisi burung pada individu karena adanya tekanan. Kondisi ini haruslah ditangani dengan segera. Apabila posisi depresi tidak mendapatkan penanganan yang baik, maka penderita bipolar yang sudah masuk ke posisi ini bisa mengalami episode emosi yang tentunya dapat masuk ke dalam hal-hal yang negatif.

4. Posisi campuran

Pada posisi campuran ini, emosi depresi serta Mania bisa saling bercampur dan berkolaborasi. Contohnya adalah ada individu yang memiliki semangat cukup tinggi untuk bercerita, akan tetapi materi yang diutarakan merupakan materi kejelekan dan juga kondisi negatif lainnya.

Sederhananya, bipolar dapat dikategorikan menjadi dua tipe, yaitu bipolar disorder 1 serta bipolar disorder 2. Letak perbedaannya adalah, pada bipolar satu individu yang menderita bipolar tersebut cukup banyak yang masuk ke posisi manic. Sementara itu, pada tipe bipolar disorder 2, individu rata-rata didominasi memiliki emosi pada posisi depresi sertatidak mencapai posisi manic.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Voting

Berdasarkan perkembangan dari ilmu bipolar, seorang peneliti pada jurnal bipolar disorder menyebutkan bahwa prevalensi pada individu yang mengalami bipolar Tipe 1 hampir sama pada wanita dan juga pria. Akan tetapi,tipe2, prevalensi individu pada wanita kan lebih baik Apabila dibandingkan dengan pria, yaitu memiliki perbandingan 2:1.

Berdasarkan penelitian, remaja di luar negeri sudah terjangkit penyakit gangguan jiwa bipolar sekitar 10% sampai dengan 12%. Di negara Indonesia, sudah mulai adanya laporan remaja yang mengalami gangguan bipolar. Tentunya, resiko kematian tetap ada pada penyakit bipolar tersebut karena jalan pintas rata-rata ditempuh oleh mereka yang menderita penyakit bipolar tersebut.

Demikianlah penjabaran singkat mengenai Apa yang dimaksud dengan bipolar. Mudah-mudahan, informasi singkat mengenai penyakit bipolar tersebut mampu memberikan gambaran kepada anda mengenai bahaya dari penyakit tersebut sehingga Anda memiliki tindakan pencegahan atau preventif supaya Anda, saudara serta kerabat Anda terjauh dari gangguan bipolar tersebut. Terima kasih dan selamat beraktivitas, Salam sukses untuk Anda semuanya.

Artikel menarik lainnya

Arti dari angka dari sisi “Fengshui”

Arti dari angka dari sisi “Fengshui”

Di dalam kehidupan sehari-hari maka tentunya kombinasi dari angka-angka tidak akan bisa terlepas. Kumpulan dari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *