Home / Jaringan / Apa Yang Dimaksud Dengan Cloud Computing

Apa Yang Dimaksud Dengan Cloud Computing

Pada artikel kali ini, saya akan mencoba membahas mengenai Apa yang dimaksud dengan cloud computing. Pembahasan ini Tentunya dilatarbelakangi karena teknologi cloud computing sekarang ini sudah sangat banyak penggunaannya serta memiliki tingkat efektif dan efisiensi yang cukup tinggi. Teknologi internet tentunya sudah mampu untuk merubah model kita di dalam berkomunikasi serta mampu Untuk menggeser sebuah pemahaman serta paradigma di dalam proses menghantarkan sebuah informasi ke seluruh penjuru dunia.

Apa Yang Dimaksud Dengan Cloud Computing

Sifat internet sekarang ini sudah berbeda dengan jaman dahulu. Internet di zaman dahulu hanyalah merupakan sebuah perpustakaan ataupun gudang informasi raksasa yang bisa diakses dari manapun secara global. Namun, untuk sekarang ini internet sudah dikembangkan sedemikian rupa sehingga mampu menjadi sebuah media penyimpanan bagi setiap pengguna komputer dengan cukup mudah dengan mengedepankan tingkat keamanan yang tinggi pada dokumen tersebut.

Pada zaman sekarang ini, internet sudah masuk ke level di mana ada sebuah teknologi yang bernama cloud computing atau kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah komputasi awan. Lalu, Apakah yang dimaksud dengan cloud computing, Silakan anda Simak terus penjabaran informasi berikut Sehingga anda akan mendapatkan pengertian Apa yang dimaksud dengan cloud computing.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan Kabel

Apa yang dimaksud dengan cloud computing?

Acuan dari cloud computing adalah pada ketersediaan segala macam sumber daya komputerisasi melalui jaringan internet. Pada sebuah komputer maupun perangkat seluler yang terkoneksi kan pada jaringan komputer awan atau cloud computing tentunya akan mempunyai akses ke semua program dan semua data yang berada pada hosting dan tentunya dapat terhubung setiap saat dan di mana pun berada sesuai dengan keinginan penggunanya.

Dengan kata lain, setiap pemakai cloud computing akan mempunyai akses data serta dapat melakukan penyimpanan data mereka secara langsung pada server cloud computing asalkan memiliki koneksi internet. Dengan adanya cloud computing tentunya akan memberikan kebebasan kepada setiap pengguna di dalam mengambil serta mengakses sejumlah pekerjaan mereka kapanpun dan dari manapun asalkan masih memiliki koneksi internet.Dengan kata lain, cloud computing adalah media penyimpanan data bagi setiap pengguna komputer langsung di server internet.

Dengan adanya fasilitas cloud computing tentunya akan membuat proses penyimpanan dan pengaksesan data semakin mudah dan efisien karena sudah tidak lagi terhambat oleh waktu dan tempat. Lalu, Siapakah yang bisa dijadikan contoh penyedia layanan cloud computing? Google merupakan salah satu dari sekian banyak pemain pada bisnis cloud computing serta memiliki keagresifan yang cukup tinggi di dalam mempromosikan konsep dari cloud computing ini.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan FTP

Keunggulan dari teknologi cloud computing

Pada saat sekarang ini, cloud computing tentunya mempunyai prospek yang sangat bagus, apalagi jika dilihat dari sisi manfaat dan ekonomisnya. Dengan adanya fasilitas cloud computing, maka tentunya perusahaan tidak perlu lagi untuk membeli software dan hardware yang harganya mahal namun, cukup menyewa layanan cloud computing untuk menyimpan sejumlah data mereka. Tentunya, harga sewa cloud computing jauh lebih murah dibandingkan dengan harga hardware dan software secara umum.

Cloud computing merupakan teknologi yang selalu ber evolusi dalam jaringan internet sehingga memiliki potensi yang sangat baik apabila difungsikan serta dimanfaatkan dengan bijaksana untuk melakukan penyimpanan data di internet.

Bisa dikatakan bahwa seluruh prosedur di dalam penggunaan sumber daya pada cloud computing menggunakan sebuah konsep “application programming interface” atau sering disebut dengan istilah api di mana fasilitas tersebut akan mempermudah proses interaksi antara platform dan program komputer yang memiliki perbedaan. Contoh penggunaan aplikasi cloud computing yang sangat terkenal sekarang ini berasal dari Google yang namanya adalah Google dokumen. Dengan adanya Google dokumen, selain pengguna mendapatkan fitur untuk penyimpanan dokumen, Pengguna juga mendapatkan fasilitas dari Google untuk melakukan pengeditan dari dokumen yang disimpan tersebut.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Server

Rata-rata perusahaan sekarang ini lebih memilih untuk menggunakan cloud computing karena diyakini bisa mengurangi beban biaya operasional dari kebutuhan komputerisasi di perusahaan tersebut. Itulah sebabnya prospek cloud computing ke depan sangatlah baik apabila terus dikembangkan sehingga penyimpanan lokal berangsur-angsur akan bergeser ke penyimpanan Cloud atau cloud computing.

Demikianlah penjabaran singkat mengenai Apa yang dimaksud dengan cloud computing. Mudah-mudahan, informasi yang sedikit dan sederhana ini mampu memberikan wacana baru bagi anda mengenai cloud computing Sehingga anda mampu untuk memanfaatkan sebaik mungkin berbagai macam fitur dan fasilitas cloud computing di internet yang sekarang ini masih banyak yang bisa dinikmati secara gratis. Terima kasih.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan File Server

Apa Yang Dimaksud Dengan File Server

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas mengenai Apa yang dimaksud dengan file server? …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *