Home / Umum / Usaha / Apa Yang Dimaksud Dengan COD (Cash On Delivery)

Apa Yang Dimaksud Dengan COD (Cash On Delivery)

Bagi sejumlah Pengguna internet yang memanfaatkannya untuk berbelanja online tentunya kadang masih dibingungkan dengan istilah COD atau cash on delivery. Istilah COD tersebut tentunya sudah cukup melekat di dunia e-commerce dan dunia jual beli secara online. Akan tetapi, apa yang dimaksud dengan COD tersebut? Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh lagi mengenai istilah COD, maka silahkan anda ikuti terus ulasan berikut ini karena penulis akan mencoba menjabarkan secara detail Apa yang dimaksud dengan COD atau cash on delivery.

Apa Yang Dimaksud Dengan COD (Cash On Delivery)

Penerapan penggunaan COD atau cash on delivery ini Tentunya sudah sangat banyak di sejumlah toko online dan juga e-commerce seperti Bukalapak, Tokopedia, Lazada dan sejumlah e-commerce lainnya. COD adalah salah satu jenis layanan yang diberikan kepada konsumen untuk mempermudah mendapatkan barang yang dibeli tersebut. Namun tentunya fasilitas dari COD haruslah disepakati antara penjual dan pembeli.

Apa Yang Dimaksud Dengan COD (Cash On Delivery)

COD merupakan sebuah fitur untuk mengantar barang yang dibeli ke tempat pembeli atau konsumen dan melakukan pembayarannya pada saat barang tersebut diterima atau sampai ke alamat Pembeli.  Kesepakatan untuk  menggunakan model COD  bisa dilakukan antara penjual dan pembeli kapanpun sebelum transaksi dilakukan. Namun, karena fasilitas dari sejumlah e-commerce sudah semakin canggih, maka penggunaan fasilitas COD tidak perlu dilakukan kesepakatan, namun pembeli sudah bisa langsung memutuskan sendiri apakah hendak memanfaatkan fasilitas COD atau menggunakan proses pengiriman memakai jasa ekspedisi.

Baca Juga:   Cara Perhitungan Gaji Karyawan Bulanan

Dengan adanya fasilitas COD, memungkinkan setiap pembeli untuk melihat terlebih dahulu barang yang dibelinya, apakah sesuai Sudah sesuai dengan informasi yang ada  pada e-commerce atau tidak. Apabila barang yang diterima tidak sesuai dengan deskripsi yang disampaikan pada saat hendak membeli, maka  sebagai konsumen atau pembeli bisa mengembalikan barang tersebut tanpa harus membayar sepeserpun. Dalam hal ini, keamanan dari pembeli tetap terjaga. Istilah membeli kucing dalam karung tidak akan terjadi ketika kita memanfaatkan fasilitas COD.

Layanan COD pada e-commerce besar tentunya akan tetap dilaksanakan karena sistem ini akan mengamankan kedua belah pihak antara pembeli dengan penjual. Dengan adanya fasilitas COD, maka tidak ada pihak yang dirugikan. Justru sebaliknya, Apabila ada sebuah e-commerce atau toko online yang menolak untuk dilakukannya COD atau cash on delivery, maka toko online tersebut masih diragukan. Kita harus waspada terhadap toko online yang menolak COD di dalam proses pengiriman barang tersebut.

Jangkauan dari layanan COD atau cash on delivery

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan di dalam penggunaan layanan COD atau cash on delivery tersebut. Berikut ini adalah ulasannya.

  1. Layanan COD tentunya tidak bisa mengcover seluruh bagian daerah yang ada di Indonesia. Kondisi ini Tentunya karena wilayah Indonesia sangatlah luas sehingga tidak memungkinkan untuk mengantar barang dengan jarak yang sangat jauh, misalnya adalah dari Jogjakarta ke Sumatera. Bahkan, antar kota saja yang memiliki jarak cukup jauh tentunya tidak bisa dijangkau oleh layanan COD tersebut. Alternatifnya adalah dengan menggunakan jasa ekspedisi. Rata-rata layanan COD hanya bisa diterapkan apabila masih di dalam satu kota.
  2. Kadangkala, layanan COD akan mendapatkan beban pada biaya ongkos tambahan. Kondisi itu tentunya sangat wajar jika lokasi dari pembeli berada di luar wilayah Jangkauan yang sudah ditetapkan oleh e-commerce atau toko online yang bersangkutan.
Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Importir

Itulah gambaran gambaran umum mengenai Apa yang dimaksud dengan COD atau cash on delivery. Sudah pahamkah anda dengan model COD tersebut? Harapan penulis setelah anda membaca keseluruhan dari artikel di atas, maka anda sudah memiliki pemahaman secara khusus mengenai layanan COD yang ditawarkan oleh banyak perusahaan jual beli barang sekarang ini Serta mudah-mudahan Anda bisa menggunakan fasilitas dan fitur layanan COD tersebut guna lebih mendapatkan kenyamanan di dalam belanja online. Terima kasih dan selamat berbelanja.

Artikel menarik lainnya

Arti Dari Reservasi Pada Beberapa Konteks

Arti Dari Reservasi Pada Beberapa Konteks

Apakah anda mengetahui apa arti dari reservasi? Mungkin saja, sebagian dari Anda yang sedang membaca …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *