Home / Umum / Apa Yang Dimaksud Dengan Data dan Jenis-jenis data

Apa Yang Dimaksud Dengan Data dan Jenis-jenis data

Halo, apa kabar semuanya? Apakah anda sudah memahami apa yang dimaksud dengan data serta jenis-jenis data yang sekarang ini banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia? Apabila Anda membutuhkan jawaban atas pertanyaan apa yang dimaksud dengan data, maka tentunya anda berada pada postingan yang tepat karena penulis akan mencoba untuk menjabarkan mengenai pengertian dari data.

Apa Yang Dimaksud Dengan Data dan Jenis-jenis data

Apa yang dimaksud dengan data?

Bisa dikatakan, data merupakan sesuatu yang belum memiliki sebuah arti untuk pihak penerima serta perlu adanya sebuah pengolahan lebih lanjut. Secara umum, data dapat berwujud sebuah gambar, suatu keadaan, huruf, suara, matematika, angka, maupun sejumlah simbol yang lainnya yang tentunya dapat anda manfaatkan untuk bahan guna mempermudah proses membaca objek, lingkungan, sebuah konsep serta kejadian tertentu.

Data sangat erat kaitanya dengan informasi. Sementara itu, informasi adalah sebuah output dari hasil pengolahan data formasi, model, organisasi serta sebuah perubahan bentuk yang berasal dari data yang mempunyai nilai tertentu serta dapat dipakai guna menambah wawasan serta pengetahuan untuk pihak penerimanya.Untuk kasus ini, data dapat dianggap sebuah informasi dan objek yang memiliki kegunaan untuk pihak penerimanya. Sementara itu, informasi juga dapat dikatakan output dari proses pengolahan maupun pemrosesan data tersebut.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Ibid, Op.cit, Loc.it dalam Catatan Kaki

Sebagai contoh data dapat berupa waktu atau jam kerja untuk karyawan pada sebuah instansi maupun perusahaan. Selanjutnya, data tersebut membutuhkan pemrosesan serta perlu adanya pengubahan menjadi bentuk informasi. Apabila jam kerja untuk Setiap karyawan perusahaan dikalikan dengan nominal atau harga setiap jam, makanan tinggi akan didapat sebuah nilai Baru. Apabila digambarkan dari sisi penghasilan untuk Setiap karyawan, lalu dijumlahkan maka akan didapat rekap gaji yang wajib untuk dibayarkan kepada karyawan oleh instansi ataupun perusahaan.

Proses penggajian adalah sebuah informasi yang dimiliki oleh sebuah instansi kerja. Informasi adalah hasil dari pemrosesan Suatu data yang sudah berhasil dikumpulkan. Disamping itu, informasi juga dapat diartikan sebagai sebuah data yang memiliki arti. Tentunya, dengan adanya informasi bisa membuka hal-hal yang sebelumnya belum diketahui.

Jenis-jenis data

Apabila kita lihat berdasarkan sumbernya, sifatnya, waktu pengumpulannya, beserta cara memperolehnya, maka data dibedakan menjadi berbagai macam jenis.Jenis-jenis data tersebut tentunya dikategorikan berdasarkan sifat-sifat tersebut. Marilah kita bahas satu demi satu jenis-jenis data berdasarkan hal-hal diatas.

1. Jenis-jenis data berdasarkan sifatnya

  1. Jenis data kualitatif merupakan jenis data yang bentuknya bukan berupa angka. Sebagai contoh adalah data kuesioner sejumlah pertanyaan mengenai kondisi kerja, kualitas layanan pada Puskesmas ataupun rumah sakit serta kuesioner mengenai gaya kepemimpinan seseorang.
  2. Jenis data kuantitatif merupakan sebuah jenis data yang berupa angka. Sebagai contoh adalah besarnya gaji seseorang, harga saham terbaru, dan lain sebagainya.
Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Makna

2. Jenis-jenis data berdasarkan sumbernya

  1. Data eksternal merupakan sebuah data yang berasal dari luar organisasi yang berfungsi guna menggambarkan sejumlah faktor yang memiliki kemungkinan dapat berpengaruh pada kondisi kerja sebuah organisasi. Sebagai contoh adalah kemampuan membeli masyarakat secara umum sehingga nanti bisa berpengaruh pada proses penjualan sebuah produk perusahaan.
  2. Data internal merupakan data yang berasal dari sebuah organisasi yang memiliki kemampuan guna menggambarkan kondisi dari organisasi tersebut. Sebagai contoh misalnya jumlah karyawan perusahaan, jumlah produksi perusahaan, jumlah modalnya, serta data-data lainnya.

3. Jenis-jenis data berdasarkan cara memperolehnya

  1. Secondary data atau data sekunder merupakan sebuah data yang dikumpulkan ataupun diperoleh serta dijadikan satu pada sejumlah studi yang sebelumnya dilakukan maupun diterbitkan Pada sebuah perusahaan ataupun instansi lainnya. Rata-rata, Sumber data tidak diperoleh secara langsung berupa data-data dokumentasi maupun arsip resmi.
  2. Primary data atau data primer merupakan sebuah data yang proses pengumpulannya dilakukan oleh suatu organisasi atau perorangan dan dilakukan secara langsung yang berasal dari bagian yang diteliti dan digunakan untuk memenuhi kepentingan studi yang bersangkutan. Data tersebut bisa dikumpulkan dalam bentuk observasi maupun interview.
Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Sistem

4. Jenis-jenis data berdasarkan waktu pengumpulannya

  1. Time series data atau data berkala merupakan sebuah data yang proses pengumpulannya dilakukan dari waktu ke waktu guna mendapatkan informasi perkembangan suatu kegiatan atau kejadian pada periode tertentu. Sebagai contoh, harga berbagai macam harga pokok, peredaran uang, dan sejumlah data berkala lainnya.
  2. Data cross section merupakan sebuah data yang proses pengumpulannya dilakukan dalam satu kali waktu tertentu atau at a point of time yang dibuat guna memperoleh gambaran sebuah keadaan serta kegiatan pada waktu tertentu pula. Sebagai contoh adalah penggunaan kuesioner untuk memperoleh data penelitian.

Sekian penjabaran singkat mengenai Apa yang dimaksud dengan data serta penjabaran tentang jenis-jenis data yang sekarang ini masih banyak digunakan untuk mendapatkan hasil dari kepentingan pengumpulan data tersebut. Mudah-mudahan, dengan adanya ulasan mengenai Apa yang dimaksud dengan data Pada kesempatan kali ini mampu untuk memberikan secara umum gambaran kepada anda tentang pengertian dari data serta sejumlah informasi lain yang berkaitan dengan data. Terima kasih.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Database

Apa Yang Dimaksud Dengan Database

Sebenarnya, pengertian database sekarang ini bukanlah merupakan hal yang asing lagi. Apalagi bagi Anda yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *