Home / Jaringan / Apa Yang Dimaksud Dengan Domain

Apa Yang Dimaksud Dengan Domain

Pembahasan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan website sangatlah luas. Untuk membantu anda di dalam mengenali sejumlah hal yang berkaitan dengan website, maka pada ulasan kali ini saya akan mencoba membahas mengenai Apa yang dimaksud dengan domain. Apakah anda pernah mengunjungi sebuah website dengan mengetikkan alamat tertentu, misalnya adalah google.com, facebook.com, yahoo.com, twitter.com dan sejumlah alamat website lainnya? Apabila Iya, maka dapat dipastikan bahwa anda sudah Mengunjungi sebuah alamat website. Dan bisa dikatakan pula bahwa alamat alamat website yang sudah anda kunjungi tersebut adalah sebuah domain.

Apa Yang Dimaksud Dengan Domain

Kadangkala, saya juga masih merasa bingung mengenai Apa pengertian dari kata domain tersebut. Kadangkala, saya mengumpulkan sejumlah informasi dari banyak sumber untuk bisa memperoleh pengertian dari kata domain. Padahal Setiap hari saya selalu menggunakan istilah domain. Tentunya anda tidak asing lagi bukan dengan alamat seperti tokopedia.com, bukalapak.com dan sejumlah alamat lainnya.

Lalu, apa yang dimaksud dengan domain?

Mari kita bahas mengenai Apa yang dimaksud dengan domain. Sementara ini, saya memakai sebuah analogi pada bangunan serta tanah. Dibaratkan, sebuah bangunan merupakan website atau tempat untuk menyimpan file-file yang dibutuhkan untuk membangun website tersebut. Sementara itu, domain merupakan alamat dari bangunan yang kita miliki.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Hosting

Sudah ada gambaran mengenai Apa yang dimaksud dengan domain?

Apabila disimpulkan berdasarkan analogi diatas bahwa domain merupakan alamat dari sebuah website, sementara itu hosting adalah tempat untuk menyimpan file-file untuk keperluan website tersebut. Jangan sampai terbalik di dalam mengartikan 2 buah istilah yang sering digunakan pada proses pengelolaan website yaitu hosting dengan domain. Hal tersebut dikarenakan 2 kata tersebut memiliki makna dan arti yang sangat berbeda.

Bagian berikutnya adalah bagaimana kita bisa memperoleh alamat atau domain untuk Website? Untuk memperoleh alamat domain, maka kita dapat membelinya pada penyedia domain atau domain provider. Rata-rata, para penyedia layanan hosting juga menyediakan penjualan untuk domain. Banyak sekali penyedia layanan hosting dalam negeri, namun juga Anda bisa menggunakan penyedia jasa luar negeri. Rata-rata, kepemilikan dari nama domain adalah 1 tahun dan bisa diperpanjang.

Sebelum anda memilih nama domain apa yang tentunya Anda harus mengerti akan karakteristik di dalam pemilihan nama domain. Satu hal yang paling penting di dalam menentukan nama domain sebuah website adalah mencari nama domain yang sangat mudah untuk diucapkan serta mudah pula untuk diingat. Dengan demikian, orang lain tentunya akan lebih mudah di dalam mengunjungi situs website anda.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Komunikasi Dalam Jaringan

Setelah anda memperoleh nama domain sesuai dengan keinginan, supaya website Anda bisa diakses maka harus dikoneksikan antara nama domain dengan server hosting yang anda miliki. Anda bisa memasukan server name pada setting alamat domain yang anda miliki. Pada tahap ini banyak orang menyebut dengan istilah pointing IP. Artinya adalah mengarahkan IP sebuah domain ke IP hosting yang sudah anda miliki. Dengan demikian, maka orang lain akan bisa membuka dan mengakses website yang anda miliki.

Selain nama domain itu sendiri, terdapat pula istilah sejumlah hal yang berkaitan dengan nama domain, yaitu parking domain, Add on domain serta subdomain. Masing-masing kata tersebut tentunya juga memiliki makna yang berbeda-beda.

Demikianlah ulasan singkat mengenai Apa yang dimaksud dengan domain. Mudah-mudahan, anda bisa dengan cepat memahami ulasan diatas serta mampu untuk membedakan pengertian dari domain dan hosting. Bagi Anda yang ingin berputar di dunia website tentunya harus memahami secara sempurna mengenai Apa yang dimaksud dengan domain dan hosting Sehingga anda mampu untuk melakukan pengaturan dan manajemen terhadap website yang dikelolanya. Terima kasih dan selamat belajar, semoga bermanfaat.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan Wireless

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan File Server

Apa Yang Dimaksud Dengan File Server

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas mengenai Apa yang dimaksud dengan file server? …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *