Home / Jaringan / Apa Yang Dimaksud Dengan E Learning

Apa Yang Dimaksud Dengan E Learning

Di dunia pendidikan tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah E-learning. Lalu apa yang dimaksud dengan E-learning itu sendiri? Apakah setiap personal yang berkaitan dengan dunia pendidikan memahami pengertian dari E-learning tersebut? Apabila anda sebagai salah satu bagian di dunia pendidikan, namun belum memahami apa yang dimaksud dengan E-learning, maka silahkan anda Simak terus ulasan berikut ini karena penulis akan mencoba pulas mengenai sejumlah pengertian dari E-learning.

Apa Yang Dimaksud Dengan E Learning

Pada awalnya, E-learning adalah sebuah singkatan yang memiliki kepanjangan electronic learning. E-learning adalah sebuah teknik baru dalam kegiatan belajar mengajar yang memanfaatkan sejumlah Media elektronik, yaitu internet pada khususnya sebagai bagian dari sistem pembelajarannya. E-learning adalah dasar dan memiliki konsekuensi logis dari sejumlah perkembangan teknologi komunikasi dan informasi.

Apa yang dimaksud dengan E-learning

Pada perkembangannya, E-learning dijabarkan dalam beberapa pengertian oleh beberapa narasumber. Berikut ini adalah beberapa pengertian dari narasumber tersebut.

1. E-learning menurut Jaya Kumar C. Koran di tahun 2002

E-learning adalah sebuah teknik pembelajaran dan pengajaran yang memanfaatkan serta memakai sejumlah rangkaian elektronika baik WAN, LAN, internet guna memberikan materi dari isi pembelajaran, bimbingan serta interaksi.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan WAN

2. E-learning menurut dong dalam kamarga tahun 2002

E-learning adalah sebuah kegiatan pembelajaran model asyncronous yang dilakukan melewati sejumlah perangkat elektronika komputer guna mendapatkan bahan belajar yang disesuaikan dengan kebutuhan kebutuhan yang ada

3. E-learning menurut Rosenberg pada tahun 2001

Kegiatan E-learning menitikberatkan dan merujuk pada sebuah pemakaian teknologi di bidang internet guna melakukan proses pengiriman sejumlah solusi yang bisa digunakan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan penggunanya

4. E-learning menurut Darin E. Harrley di tahun 2001

E-learning adalah sebuah sistem belajar mengajar yang prosesnya dimungkinkan untuk menyampaikan sejumlah bahan ajar kepada siswa dengan memakai media jaringan internet ataupun menggunakan media jaringan komputer yang lainnya.

5. E-learning menurut learnframe.Com di dalam glossary of E-learning term di tahun 2001

E-learning merupakan sebuah sistem pendidikan yang memakai sejumlah aplikasi elektronika guna mendukung sebuah proses belajar serta mengajar dengan memanfaatkan media internet, jaringan komputer ataupun komputer stand alone.

Itulah sejumlah pengertian E-learning dari sejumlah narasumber. Sementara itu apabila kita lihat secara umum dan dalam arti yang luas bahwa E-learning dapat mencakup seluruh proses pembelajaran yang dikerjakan menggunakan internet atau media elektronika baik yang dilakukan secara informal maupun secara formal. E-learning yang dikerjakan secara formal sebagai contohnya adalah proses belajar mengajar yang memakai silabus, kurikulum, tes, mata pelajaran yang sebelumnya sudah diatur serta disusun dengan jadwal yang sudah disepakati oleh seluruh pihak terkait, diantaranya adalah seluruh pengelola dari E-learning serta pembelajar itu sendiri.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Domain

Model pembelajaran seperti itu memiliki tingkat Interaksi yang cukup tinggi serta Diwajibkan untuk diikuti oleh setiap karyawan pada sebuah perusahaan guna bisa mendapatkan pembelajaran secara jarak jauh yang biasanya dikelola oleh perusahaan-perusahaan lainnya (biasanya perusahaan konsultan) serta sejumlah perguruan tinggi yang memiliki peranan serta bergerak pada bidang penyediaan E-learning untuk masyarakat umum.

Selain itu, E-learning juga dapat dikerjakan dalam ruang lingkup informal dan tentunya bisa dilakukan dengan interaksi yang cukup sederhana. Salah satu contohnya adalah dengan memanfaatkan sarana e-newsletter atau website pribadi, menggunakan sarana mailing list. Sebuah perusahaan yang memanfaatkan E-learning secara informal ini Tentunya menginginkan adanya sosialisasi program, jasa serta sejumlah keterampilan dan pengetahuan pada masyarakat luas dan tanpa adanya biaya tambahan.

Itulah sejumlah pengertian mengenai Apa yang dimaksud dengan E-learning. Metode belajar dengan memanfaatkan E-learning tentunya merupakan teknologi yang cukup canggih untuk selalu dikembangkan sehingga proses belajar tidak terikat pada waktu dan tepat karena bisa dilakukan kapan saja dan mana saja. Dengan demikian, Proses penyampaian informasi dan materi pembelajaran bisa berlangsung lebih cepat dan lebih efektif serta efisien. Terima kasih dan selamat mencoba untuk memanfaatkan teknologi E-learning yang sekarang ini sudah semakin canggih.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Topologi Jaringan Komputer

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan File Server

Apa Yang Dimaksud Dengan File Server

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas mengenai Apa yang dimaksud dengan file server? …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *