Home / Umum / Sosial / Apa Yang Dimaksud Dengan Ego

Apa Yang Dimaksud Dengan Ego

Sebenarnya, istilah ego bukanlah bukanlah hal yang baru bagi kita. Seringkali kita mendengar kata itu. Namun Apakah anda mengetahui apa yang dimaksud dengan ego? Ego merupakan salah satu bagian dari 3 konsepsi jiwa pada manusia yang telah dirumuskan oleh Freud. Kemunculan dari ego adalah secara bertahap mulai dari proses perkembangan pikiran diiringi dengan munculnya sebuah kesadaran diri serta pemahaman pada perseptual. Ego telah mengintegrasi serta menjadi sebuah perantara jiwa seseorang dengan kondisi lingkungannya.

Apa Yang Dimaksud Dengan Ego

Apa Yang Dimaksud Dengan Ego

Hal tersebut adalah sama dengan konsep yang kedua yaitu energi instintif atau id. Adanya Ego akan mentargetkan pada sebuah kenikmatan, akan tetapi harus mampu untuk beradaptasi dengan dunia luar Sehingga nantinya individu yang terkait dengannya bisa memahami segala realitas yang bisa saja tidak sejalan terhadap apa yang diinginkan.

Kadangkala, proses pengejaran dari sebuah keinginan untuk mendapatkan kenikmatan sangatlah besar, yang mana nantinya sebuah ego akan bentrok dengan energi instintif atau id. Sementara itu, konsep yang ketiga yaitu super ego. Super Ego sangat mirip dengan kesadaran, di mana proses tersebut bisa berkembang lewat identifikasi individu pada kedua orang tuanya.Oleh sebab itu, seorang anak memiliki kecenderungan untuk mewarisi sejumlah nilai yang dimiliki oleh orang tuanya. Perlu untuk diketahui bahwa Freud tidaklah mengatakan bahwa super ego, ego, id dan juga aku bisa untuk dikenali di dalam proses pemikiran manusia.

Baca Juga:   Contoh Peraturan Lalu Lintas

Ketiga bagian dari ego tersebut merupakan sebuah konseptualisasi maupun abstraksi yang bisa menyebutkan sejumlah kekuatan yang bisa mengatur perilaku seseorang. Ego adalah sebuah terjemahan latin dari apa yang sudah disampaikan freud di dalam bahasa Jerman yaitu das ich yang memiliki arti “Sang aku”. Maksudnya adalah sebagai sebuah jangkar kesadaran ( menurut Freud). Sementara itu Bettelheim pada tahun 1983 memiliki pendapat bahwa penggunaan dari istilah di dalam bahasa Latin lebih tepat sekaligus memiliki kesan yang lebih mestirius sehingga pada akhirnya bisa lebih menarik.

Pada perkembangan selanjutnya, menyampaikan bahwa terdapat salah satu konsekuensi terjadinya konflik internal maupun intra fisik yang bisa terjadi diantara tiga konsep kejiwaan di atas yaitu munculnya kegelisahan yang nantinya dapat membangkitkan sebuah mekanisme untuk mempertahankan diri terhadap sesuatu, yang mana akan dimulai dari proses pemisahan sebuah keinginan daripada kesadaran, atau juga proses pelampiasan melalui sebuah tindakan agresi terhadap sebuah objek tertentu.

Pada pembahasan selanjutnya, Freud serta dibantu oleh anak kandungnya yang merupakan ahli psikoanalisis yang bernama Anna menyampaikan bahwa sebuah mekanisme pertahanan terhadap diri sendiri memiliki sifat yang bervariasi, dan secara umum bisa berlangsung tanpa disadari.Pada saat ketika ego mampu untuk menguasai sebuah kesadaran, maka yang terjadi adalah mekanisme Ego. Sebuah informasi psikologi spesial mengenai Ego sudah disajikan dalam bentuk konsep yang bisa membantu kita guna memahami sejumlah proses pada saat seseorang berusaha untuk menyelesaikan sejumlah konflik, baik itu konflik yang terjadi pada dirinya sendiri maupun konflik yang terjadi dengan dunia luar.

Baca Juga:   Cara Menyesuaikan Diri Dengan Orang Lain

Pada pembahasan yang selanjutnya, kelihatannya Freud memiliki minat yang lain kebagian topik konflik internal pada diri seseorang dilanjutkan dengan proses integrasi dengan kondisi yang ada di dunia luar. Selanjutnya, akan diadakannya proses pengembangan oleh para psikoanalisis pada generasi yang akan datang.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai Apa yang dimaksud dengan Ego berdasarkan pendapat yang disampaikan oleh Freud bersama dengan tim yang berjalan di belakangnya. Mudah-mudahan, penjelasan mengenai istilah Ego ini mampu untuk memberikan kepada anda sebuah wawasan Baru terhadap salah satu karakteristik seseorang yang bernama Ego sehingga akan mampu untuk mengendalikan dan mengelola pola pikir sendiri sehingga bisa berjalan sesuai dengan norma-norma yang ada. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Artikel menarik lainnya

Arti dari angka dari sisi “Fengshui”

Arti dari angka dari sisi “Fengshui”

Di dalam kehidupan sehari-hari maka tentunya kombinasi dari angka-angka tidak akan bisa terlepas. Kumpulan dari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *