Home / Elektronika / Apa Yang Dimaksud Dengan Elektromagnet dan Contoh Penerapannya

Apa Yang Dimaksud Dengan Elektromagnet dan Contoh Penerapannya

Di dunia elektronika, istilah elektromagnet bukanlah merupakan hal baru. Akan tetapi, bagi masyarakat umum tentunya istilah elektromagnet merupakan hal yang cukup perlu untuk dipelajari sehingga masyarakat secara umum memahami mengenai elektromagnet serta sejumlah penerapannya di kehidupan sehari-hari. Untuk Anda yang memiliki keinginan untuk memahami apa yang dimaksud dengan elektromagnet, silakan Anda Baca terus ulasan berikut ini karena anda akan mendapat jawabannya pada artikel ini.

Apa Yang Dimaksud Dengan Elektromagnet dan Contoh Penerapannya

Secara umum, arus listrik yang digunakan untuk membuat magnet disebut dengan magnet listrik atau elektromagnet. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk proses pembuatan elektromagnet adalah berupa lilitan kawat email yang ada pada logam baja ataupun besi yang mana bagian tersebut akan dialiri arus listrik sehingga bisa mengubah logam besi atau baja tersebut jadi sebuah magnet.

Teori yang berkaitan dengan elektromagnet disampaikan oleh seorang ahli fisika berasal dari Denmark yang bernama Hans Christian oersted di tahun 1820 yang mengatakan bahwa di area sekitar arus listrik akan ada medan magnet. Teori tersebut Kemudian diaplikasikan sehingga didapat medan listrik pertama kalinya di dunia yang memakai sebuah ladam besi yang dililiti oleh kawat sebanyak 18 lilitan. Seorang eksperimen yang pertama kali di dalam membuat elektromagnet adalah William sturgeon.

Baca Juga:   Cara mudah membuat cas aki sederhana dan simpel

Apa yang dimaksud dengan elektromagnet?

Yang dimaksud dengan elektromagnetik merupakan sebuah proses dibuatnya medan listrik pada sebuah logam baja ataupun besi yang pada logam baja ataupun besi tersebut diberikan lilitan kawat. Rata-rata kawat yang digunakan untuk membuat lilitan adalah kawat email yang memiliki arus listrik atau kumparan listrik. Kekuatan dari daya magnet pada elektromagnet yang bisa dihasilkan tentunya sangat dipengaruhi oleh kuat arus listrik serta jumlah lilitan.

Tentunya ada keuntungan yang bisa didapat dari elektromagnet tersebut. Salah satu keuntungan dari pembuatan magnet dengan menggunakan arus listrik adalah sifat serta kekuatan dari magnet dapat dikontrol secara mudah. Sebagai contohnya adalah guna menghilangkan kekuatan magnet maka kita cukup dengan memutuskan arus listrik yang mengalir pada lilitan besi atau baja tersebut.

Sejumlah penerapan elektromagnet

Banyak sekali penerapan dari fungsi elektromagnet di kehidupan sehari-hari untuk membantu pekerjaan manusia. Secara umum, kita cukup mudah untuk menjumpai sejumlah peralatan yang menggunakan sistem elektromagnetik. Berikut ini adalah sejumlah peralatan yang bekerja berdasarkan elektromagnet. Kunci pintu, bel listrik, speaker, trafo listrik, selenoid, kompor induksi, klakson sepeda motor, microphone, motor kipas angin, jam tembok serta sejumlah peralatan lainnya. Bahkan untuk alat pengangkat beban berat yang terbuat dari logam juga ada yang memanfaatkan teknologi elektromagnet guna mempermudah mengangkat barang-barang berat yang terbuat dari logam baik besi, tembaga maupun baja.

Baca Juga:   Cara Ganti Oli Genset Dengan Baik Dan Benar

Demikianlah ulasan singkat mengenai Apa yang dimaksud dengan elektromagnet serta sejumlah contoh penerapannya di kehidupan sehari-hari. Mudah-mudahan, artikel singkat mengenai pengertian dari elektromagnet ini mampu memberikan wawasan dan pengetahuan baru di bidang elektronika pada umumnya Sehingga anda memiliki pengetahuan tambahan tentang elektromagnet. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Artikel menarik lainnya

Fungsi Tombol Kalkulator Untuk MC, MR, MS, M+ dan M-

Fungsi Tombol Kalkulator Untuk MC, MR, MS, M+ dan M-

Pada sebuah kalkulator, besar kemungkinan Anda menemukan sejumlah tombol yang bernama MC, plus, MS dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *