Home / Umum / Alam / Apa Yang Dimaksud Dengan Energi dan Penerapannya

Apa Yang Dimaksud Dengan Energi dan Penerapannya

Mengingat pelajaran fisika yang dulu pernah didapat di bangku SMK ataupun SMA pastinya anda sering mendengar istilah energi. Hanya saja, Kadangkala kita lupa Apa yang dimaksud dengan energi. Untuk sekedar mengingatkan kepada anda tentang pengertian dari energi, maka pada posting kali ini saya akan mencoba menjabarkan sepintas tentang maksud dari energi. Untuk itulah maka Mari kita ikuti terus ulasan berikut ini supaya kita bisa mengingat kembali pelajaran masa lalu tentang energi.

Apa Yang Dimaksud Dengan Energi dan Penerapannya

Apa Yang Dimaksud Dengan Energi

Kata energi adalah sebuah kombinasi dua kata yang menggunakan bahasa Yunani (greek) yaitu “en” yang memiliki arti dalam bahasa Inggris adalah “in” dan kalau di bahasa Indonesiakan menjadi “di dalam” dan kata “argon” yang memiliki arti dalam bahasa Inggris adalah “work” dan kalau di bahasa Indonesiakan menjadi “kerja”.

Apabila kita lihat dari kombinasi kata tersebut maka seseorang yang bernama Scott at all di tahun 1982 mencoba untuk mendefinisikan kata energi di mana energi adalah sesuatu yang bisa menimbulkan kerja. Memang, arti dari kata kerja disini memiliki cakupan yang sangat luas, mulai dari sejumlah kegiatan yang bisa dikerjakan dengan sangat ringan, sebagai contohnya adalah kegiatan menulis atau bahkan kegiatan istirahat tanpa ada sesuatu hal pun yang dilakukan kecuali berkedip dan bernafas sampai dengan sejumlah kegiatan yang tentunya banyak memeras tenaga.

Baca Juga:   Cara Menanggulangi Kebakaran

Tentunya, ada banyak sekali definisi serta deskripsi dan pengertian mengenai energi, tentunya dilihat dari sudut pandang dan siapa yang menggunakannya. Sebagai contoh, apakah energi tersebut dipakai dalam ilmu Biologi ataupun ilmu fisika. Ketika kita lihat dari sisi ilmu fisika bab energi merupakan segala sesuatu yang dapat diubah atau dikonversi menjadi bentuk kerja. Sementara itu, apabila kita lihat dari sisi biologi, yang namanya kerja atau work rata-rata didefinisikan hanya satu atau sejumlah pemakaian dari energi, misalnya adalah pada hewan yang masih hidup.

Penerapan energi pada bidang peternakan

Energi tentunya sangat dibutuhkan untuk keperluan berbagai macam hidup hewan ternak, diantaranya adalah:

  1. Aktivitas muscular yang esensial akan bisa bekerja secara mekanis
  2. Zat terlarut didalam melawan gradien konsentrasi bisa bekerja secara kimiawi dan otomatis di dalam pergerakannya
  3. Proses terjadinya sebuah sintesis yang ada pada tubuh seperti hormon dan enzim

Disamping itu, adanya energi dibutuhkan guna mempertahankan fungsi kerja dari sejumlah anggota tubuh manusia, seperti respirasi, fungsi dari sistem saraf, serta aliran darah.Selain itu, energi juga dibutuhkan untuk proses pembentukan sebuah produk, misalnya adalah telur, susu, daging serta wol serta dimanfaatkan juga untuk proses pertumbuhan badan.

Baca Juga:   Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri Dengan Lingkungannya

Penerapan energi pada bidang lainnya

Kehidupan sehari-hari terdapat juga energi panas dari matahari yang dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan, terutama adalah proses pengeringan. Baju yang basah bisa dengan mudah dikeringkan dengan memanfaatkan panas matahari, padi yang baru dipetik dari sawah juga bisa dengan cepat dikeringkan dengan energi matahari. Disamping itu, energi matahari juga bisa dikonversi menjadi energi listrik yang bisa dimanfaatkan untuk penerangan rumah-rumah di malam hari.

Sangat banyak pemanfaatan energi alam sehingga apabila kita pelajari secara detil maka tentunya kita bisa memanfaatkan sejumlah energi yang belum bisa dimanfaatkan secara maksimal. Sebagai contohnya adalah penggunaan listrik tenaga surya yang sampai saat ini belum dikembangkan secara maksimal. Kendala yang muncul dari pemanfaatan listrik yang berasal dari sumber energi matahari adalah pada mahalnya perangkat dan alat yang harus disiapkan. Apabila kita mampu mengembangkan sejumlah peralatan untuk pembuatan listrik tenaga surya tersebut maka tentunya energi alam yang sangat melimpah tersebut mampu untuk dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Baca Juga:   Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri Dengan Habitatnya

Semoga, artikel singkat Pada kesempatan kali ini yang membahas mengenai Apa yang dimaksud dengan energi mampu untuk Anda jadikan sebagai referensi dan bekal di dalam pengembangan pemanfaatan sumber energi alam yang sangat melimpah. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Artikel menarik lainnya

Arti Dari Bunga Yang Sangat Penting Untuk Diketahui

Arti Dari Bunga Yang Sangat Penting Untuk Diketahui

Apakah anda sudah mengerti arti dari bunga? Tentunya, berbagai macam bunga yang ada di dunia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *