Home / Software / Apa Yang Dimaksud Dengan File Attachment

Apa Yang Dimaksud Dengan File Attachment

Sebenarnya, istilah file attachment bukanlah istilah yang asing karena istilah tersebut sering sekali kita dengar Pada saat kita menggunakan aplikasi untuk saling berkirim email. Hanya saja, bagi pemula di dunia komputer, khususnya dalam internet adalah masih bingung mengenai file attachment tersebut. Apabila diartikan kedalam bahasa Indonesia file attachment adalah lampiran. Lalu, apa yang dimaksud dengan file attachment secara umum? Untuk mendapatkan jawabannya, silahkan anda Simak terus ulasan berikut ini.

Apa Yang Dimaksud Dengan File Attachment

Apa yang dimaksud dengan file attachment?

File attachment merupakan sebuah berkas yang ikut dikirim bersama-sama dengan proses pengiriman email. Paling banyak, penggunaan file attachment adalah pada saat kita berkirim email dibandingkan dengan proses pengiriman yang lainnya.

Dibutuhkannya file attachment karena pada proses pengiriman email Kadangkala kita juga membutuhkan lampiran lampiran file dalam format lain dan memiliki ukuran cukup besar. Sementara itu, seperti yang kita ketahui bersama bahwa editor pada email hanya memiliki kemampuan untuk mengirimkan pesan dalam bentuk teks dan gambar secara umum, namun tidak memiliki fitur secara langsung untuk memasukkan file-file khusus lainnya.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan File

Pada saat kita memakai layanan Email, maka file attachment bisa dengan mudah kita sisipkan untuk bisa ikut dikirim serta pada saat kita mengirim email tersebut. Tentunya, pada saat kita mengirim email beserta file attachment, ukuran dari file attachment tersebut bisa berbeda-beda, baik yang kecil maupun yang besar.

Namun tentunya setiap penyedia layanan Email memberikan batasan-batasan tertentu dari sisi ukuran file attachment yang bisa dikirim. Sebagai contohnya, sekarang ini beberapa layanan Email hanya membatasi maksimal ukuran file attachment adalah 25 MB. Lalu bagaimana apabila file attachment yang hendak kita kirim memiliki ukuran diatas 25 MB tersebut? Solusinya adalah dengan cara mengkompres sekaligus split file attachment yang memiliki ukuran diatas 25 MB menjadi beberapa file dengan ukuran maksimal 25 MB.

Yang perlu kita Garis bawahi adalah semakin besar ukuran dari file attachment, maka akan semakin lama proses pengiriman Dan juga membutuhkan bandwidth internet yang besar pula. Oleh sebab itu, kita harus bijak di dalam menentukan file-file mana saja yang akan dilampirkan pada Email sebagai file attachment. Atau, Kita juga bisa menentukan format yang terbaik supaya file-file yang akan dilampirkan pada file attachment di email memiliki ukuran seminimal Mungkin.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Program Aplikasi

Sebenarnya, ada juga solusi untuk mengatasi ukuran file yang cukup besar pada saat kita hendak berkirim email. Andaikan file attachment yang hendak kita kirim tidak terlalu besar di dalam melebihi angka 25MB maka hal tersebut memang masih bisa dilakukan split atau pemecahan menggunakan software sekelas winrar atau winzip. Namun, apabila file yang hendak kita kirim memiliki ukuran diatas 1 GB, maka tentunya kita juga akan mengalami kesulitan di dalam melakukan pemecahan file karena ukurannya yang sangat besar dan juga nantinya akan didapat banyak sekali pecahan file yang seringkali membuat kita terlalu repot dan kesulitan Untuk menanganinya.

Untuk mengatasi hal tersebut kita bisa memanfaatkan penyedia layanan hosting file yang bisa kita dapatkan secara gratis. Beberapa contoh layanan hosting file yang bisa kita gunakan untuk menyimpan sejumlah file yang memiliki ukuran sangat besar dan bisa digunakan sebagai pengganti menu file adalah mediafire, Google Drive, Zippyshare, 4shared, ziddu, dan layanan hosting file lainnya. Setelah kita berhasil Mengupload file attachment tersebut, maka kita cukup mengirim link downloadnya saja kepada si penerima email tersebut.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Program

Demikianlah ulasan singkat mengenai Apa yang dimaksud dengan file attachment. Setelah anda membaca ulasan diatas maka tentunya Diharapkan anda sudah memiliki pengetahuan tambahan mengenai file attachment, khususnya adalah file attachment yang ada pada Email. Terima kasih dan semoga ulasan ini bermanfaat untuk pengunjung sekalian.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan File

Apa Yang Dimaksud Dengan File

Kata file bukanlah kata yang asing bagi kita. Setiap kali kita bekerja menggunakan komputer pastinya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *