Home / Jaringan / Apa Yang Dimaksud Dengan File Server

Apa Yang Dimaksud Dengan File Server

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas mengenai Apa yang dimaksud dengan file server? File server merupakan sebuah layanan penyimpanan dari file yang dilakukan secara terpusat pada sebuah komputer. Keunggulan yang didapat dari pemakaian file server adalah adanya penghematan pada proses penggunaan sumber daya, Utamanya adalah pada storage device seperti harddisk yang digunakan untuk menyimpan file. Dengan adanya proses penyimpanan yang dilakukan secara terpusat, maka sejumlah file dan data nantinya hanya disimpan pada satu komputer saja, dan tidak akan tersebar pada banyak komputer. Yang pada akhirnya nantinya akan memudahkan untuk pengaksesan dan juga keberadaan data akan lebih aman.

Apa Yang Dimaksud Dengan File Server

Apa Yang Dimaksud Dengan File Server

Proses berbagi sumber daya pada komputer, utamanya adalah jaringan komputer sebagai bagian untuk memenuhi kebutuhan bersama seperti adanya layanan printer dan file adalah sangat efektif pada penggunaan dan pemakaian sumber daya di dalam jaringan komputer. Supaya kita bisamemakai sumber daya secara bersama-sama pada sebuah jaringan, maka kita harus login terlebih dahulu pada jaringan yang nantinya akan dilanjutkan proses pengaksesan pada sumber daya yang dibagi paket tersebut. Pada proses ini Tentunya dibutuhkan adanya sebuah server domain dan juga server workgroup.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Domain

Server domain merupakan sebuah kumpulan yang memakai satu komputer server guna mendapatkan validasi pengguna yang akan masuk ke dalam jaringan tersebut. Server domain rata-rata disebut juga dengan Primary domain controller atau disingkat dengan PDC.

Apabila pada sebuah jaringan terdapat banyak sistem dengan berbagai jenis platform, maka tentunya diperlukan program yang mampu untuk menjembatani sehingga keseluruhan dari komputer bisa saling berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya.

Salah satu nama program yang mampu digunakan untuk menjembatani antara komputer platform Windows dengan komputer platform Linux yang cukup terkenal adalah. Dengan menggunakan program sambal, maka anda bisa memakainya untuk:

  1. Menghubungkan komputer yang memiliki sistem operasi Windows atau dos dengan komputer yang menggunakan sistem operasi Linux atau unix
  2. Menempatkan komputer atau berperan sebagai PDC atau primary domain controller layaknya pada komputer pada platform new teknologi

Dengan menggunakan program Samba, maka tentunya Anda bisa membuat serta mengkonfigurasikan komputer server dengan sejumlah client yang menggunakan sistem operasi Windows dengan memiliki layanan:

  1. File dan printer yang bisa di-share atau berbagi-pakai
  2. Membantu pemakaian dari software browsing di jaringan neighborhood
  3. Memberikan kepada masing-masing pengguna atau client otentikasi pada saat login pada domain dan jaringan
  4. Membantu serta memberikan nameserver resolution
Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan 4G

Selain itu, program Samba juga biasanya dijalankan sebagai sebuah Daemon. Terdapat dua aplikasi inti pada Daemon tersebut, diantaranya adalah:

  1. NMBD yaitu Daemon yang menggunakan Wins atau windows internet name service yang bisa digunakan untuk membantu setiap klien guna melakukan browsing pada jaringan neighbourhood
  2. SMBD Yaitu sebuah Diamond yang Yang memiliki layanan berbagai Pakai printer dan file pada sebuah jaringan yang memakai protokol SMB. SMBD Juga bisa memberikan sebuah otorisasi dan otentikasi pada sejumlah pengguna atau client pada jaringan

Dari sejumlah aplikasi yang biasanya dipakai pada layanan file server, rata-rata para teknisi lebih banyak memilih program Samba sebagai salah satu solusinya. Hal tersebut dikarenakan Samba memiliki layanan Penyimpanan file yang aman dan terpusat. Disamping itu, masing-masing klien atau pengguna yang mengakses pada jaringan tidak memiliki batasan hanya pada satu jenis sistem operasi saja namun bisa dilakukan pada berbagai macam komputer dengan berbagai macam platform sistem operasi

Kata sampah itu sendiri sebenarnya diambil dari sebuah nama tarian yang berasal dari negara Brazil. Sampai adalah sebuah kumpulan dari perangkat lunak yang memiliki layanan untuk mengakses ke dalam file sistem Microsoft yang bisa diakses dari server File unix atau Linux. Samba menggunakan mode protokol SMB atau CIFS yang terus dikembangkan oleh Microsoft serta Intel guna melakukan pengaturan pada pemakaian printer dan file dalam waktu yang sama. Dengan menggunakan program Samba, Printer dan file yang ada pada sistem operasi Linux bisa diakses dari komputer yang menggunakan sistem operasi Windows, begitu juga sebaliknya.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan Peer To Peer

Proses penerapan Teknik ini Tentunya diawali dengan cara melakukan instalasi software yang dikemas pada paket Samba. Kemudian, dalam pemakaiannya Samba bisa juga difungsikan sebagai wins server, yang tentunya memiliki layanan translasi hostname untuk dijadikan menjadi alamat IP maupun sebaliknya dengan memakai protokol netbeui yang cukup kompetibel dengan protokol netbios.

Demikianlah penjabaran singkat mengenai Apa yang dimaksud dengan file server, khususnya adalah teknologi yang dimiliki oleh program sambal sebagai salah satu program yang sangat baik digunakan sebagai server. Mudah-mudahan, ulasan singkat Pada kesempatan kali ini mampu memberikan gambaran kepada anda mengenai server secara umum dan file server secara khusus. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Server

Apa Yang Dimaksud Dengan Server

Di dunia internet sekarang ini, makna dari kata server haruslah dipahami bersama. Hal tersebut tentunya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *