Home / Software / Apa Yang Dimaksud Dengan File

Apa Yang Dimaksud Dengan File

Kata file bukanlah kata yang asing bagi kita. Setiap kali kita bekerja menggunakan komputer pastinya kita selalu berkaitan dengan file. Hanya saja, Apakah anda tahu apa yang dimaksud dengan file? Apabila belum, Mari ikuti terus ulasan berikut ini dan anda akan memperoleh jawabannya pada ulasan kali ini.

Apa Yang Dimaksud Dengan File

Merupakan sekumpulan dari sejumlah informasi yang berkaitan dan disimpan pada media penyimpanan. Secara umum, file mempunyai sejumlah tipe, ada yang memiliki tipe karakter, ada yang memiliki tipe numerik dan juga ada yang memiliki tipe binary. Disamping itu, ada juga file yang memiliki tipe program. File juga bisa diartikan sebagai sebuah arsip maupun data yang disimpan pada komputer.

File di dalam komputer secara umum disimpan pada sebuah folder khusus, tentunya tergantung dari pengguna komputer itu sendiri. Biasanya, silakan disimpan pada folder sesuai dengan kategorinya masing-masing. Disamping itu, semua file tentunya mempunyai ekstensi tersendiri, tergantung dari jenis-jenis dari file tersebut. Fungsi dari sebuah ekstensi file adalah guna memberikan sebuah Tanda yang berfungsi untuk membedakan antara jenis file yang satu dengan jenis file yang lainnya.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Program

Beberapa contoh jenis file beserta dengan ekstensinya

Untuk mempermudah anda di dalam memahami sejumlah file pada komputer, maka silakan Anda simak beberapa contoh file lengkap dengan sejumlah ekstensinya di bawah ini.

  1. File sistem rata-rata memiliki ekstensi, bat, bak, com, sys, exe dan tmp.
  2. File video rata-rata memiliki ekstensi mpeg, mpg, mkv, avi, 3gp, flv, dan wmv.
  3. File dokumen rata-rata memiliki ekstensi odt, doc, html, pdf, dan ods
  4. File suara rata-rata memiliki ekstensi rm, wav, midi serta mp3
  5. File gambar rata-rata memiliki ekstensi gif, jpg, jpeg, tiff dan png
  6. Dan sejumlah file yang lainnya

Apa yang dimaksud dengan file

Setelah anda memahami sejumlah ekstensi dari file lengkap dengan beberapa jenis filenya, Mari kita simak pengertian dari file Yang dilontarkan oleh sejumlah ahli.

1. File menurut hendrayudi

File merupakan sebuah data data yang disimpan pada media yang memiliki informasi cukup besar yang meliputi nama file, jam serta tanggal proses Penyimpanan file, atribut file, serta ciri-ciri file ( berkaitan dengan aplikasi yang membuatnya).

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan File Attachment

2. File menurut rachmad Hakim S

File adalah sebuah dokumen yang memiliki informasi khusus serta bisa dibuka dengan menggunakan aplikasi

3. File menurut sindhunata

File merupakan sumpah kumpulan arsip dan juga catatan penting

4. File menurut Mcleod (PEARSON)

File merupakan sebuah koleksi rekaman atau record yang memiliki saling keterkaitan, seperti satu file pada semua rekaman atau record yang isinya adalah Field kode-kode pada nama serta mata kuliahnya.

5. File menurut Edi S Mulyanto

File adalah sebuah urutan data yang dipakai guna melakukan proses encoding sebuah informasi dalam bentuk digital yang berkaitan dengan proses pertukaran data dan juga penyimpanannya

Itulah penjabaran mengenai Apa yang dimaksud dengan file. Ternyata, walaupun terkesan cukup sederhana ternyata pengertian dari file bisa dijabarkan dengan cukup luas bahkan oleh sejumlah ahli. Mudah-mudahan, informasi Pada kesempatan kali ini bermanfaat untuk anda sekalian dan mampu memberikan tambahan pengetahuan serta wawasan Baru.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Manajemen File

Apa Yang Dimaksud Dengan Manajemen File

Untuk mengawali aktivitas di hari ini, marilah kita belajar Apa yang dimaksud dengan manajemen file. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *