Home / Umum / Usaha / Apa Yang Dimaksud Dengan Firma

Apa Yang Dimaksud Dengan Firma

Pada saat saya masih duduk di bangku SMP Saya masih ingat pernah mendapatkan pelajaran mengenai Firma. Hanya saja, karena sudah lama saya sudah tidak ingat lagi mengenai materi Firma tersebut. Oleh sebab itu, saya akan mencoba untuk mencari tahu apa yang dimaksud dengan Firma lewat mesin pencari Google dan saya sudah mendapatkan hasilnya dan akan saya sharing untuk anda sebagai bentuk Terima kasih saya sudah mendapatkan materi tentang Firma tersebut.

Apa Yang Dimaksud Dengan Firma

Apa Yang Dimaksud Dengan Firma

Firma merupakan sebuah perusahaan yang dibangun minimal oleh dua orang atau lebih kemudian menjalankan perusahaan tersebut dengan menggunakan nama sebuah perusahaan. Bisa dikatakan pula bahwa birma akan terbentuk manakala minimal terdapat dua orang atau lebih yang bekerja sama guna menjalankan sebuah perusahaan. Dalam kerjasama Firma tersebut, secara umum keseluruhan dari anggota mempunyai kewajiban yang tidak terbatas pada utang perusahaan. Sementara itu pada sisi kerjasama yang terbatas tentunya memiliki arti yang berbeda.

Guna mendirikan Sebuah firma terdapat dua model, yaitu lewat akta dibawah tangan dan lewat akta resmi. Apabila pendirian Firma dilakukan lewat akta dibawah tangan, maka tahapan tersebut tidak membutuhkan dan cukup melalui proses kesepakatan setiap anggota. Akan tetapi, apabila Firma dibangun melalui akun resmi, maka Prosesnya harus sampai kepada berita negara.

Baca Juga:   Bagaimana Perhitungan Gaji 13 yang benar?

Model kepemimpinan dari firma adalah seluruhnya ada pada pemilik sekaligus sebagai penanggung jawab terhadap semua resiko yang bisa saja terjadi, misalnya adalah tentang hutang dan piutang. Sementara itu, dari sisi modal tentunya Firma mendapatkan dari seluruh anggota yang terlibat di dalam Firma. Besar kecilnya modal Firma tergantung pula pada kesepakatan setiap anggota yang terlibat.

Firma hampir sama dengan perusahaan perorangan. Tujuan Firma tentunya adalah untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Dana yang diperoleh dari pihak luar tentunya cukup mungkin terjadi dan relatif mudah Apabila dibandingkan dengan perusahaan perorangan. Proses pendirian perusahaan berbentuk Firma tentunya akan bisa mendatangkan banyak keuntungan Apabila dibandingkan dengan perusahaan perorangan.

Beberapa keuntungan Firma yang dibangun sebagai badan usaha

Beberapa kelebihan dan keuntungan Firma apabila didirikan sebagai sebuah badan usaha yaitu:

  1. Proses pendirian Firma cenderung lebih mudah, tidak membutuhkan persyaratan yang rumit dan berat. Berbeda dengan pendirian perusahaan perorangan yang memiliki syarat pendirian sedikit lebih rumit dan lebih berat. Hal tersebut dikarenakan pendirian Firma hanya membutuhkan kesepakatan dari pihak-pihak yang mendirikan Firma.
  2. Proses pendirian firma tidak membutuhkan akta formal. Pendirian Firma bisa memakai akta dibawah tangan yang memiliki arti tidak normal. Hanya saja, pemilihan penggunaan dari kedua cara tersebut akan berpengaruh terhadap masalah hukum yang disandangnya.
  3. Firma lebih mudah pada proses untuk mendapatkan modal karena pihak bank Lebih mempercayai Firma. Terlebih apabila Firma dibangun dan dirikan dengan memakai akta resmi, maka tentunya bank akan lebih mudah mencairkan bantuan.
  4. Firma memiliki kelebihan dari sisi kemudahan dalam berkembang karena proses manajemen dan pengaturan keseluruhan dipegang oleh lebih dari satu orang. Hal tersebut tentunya akan berefek pada keterbukaan terhadap sejumlah kritikan dan pendapatan untuk mendapatkan kemajuan dari sisi usaha.
Baca Juga:   Beginilan Proses Perhitungan Gaji PNS

Kelemahan dan kekurangan yang dimiliki oleh Firma sebagai bentuk badan usaha

Di samping memiliki keunggulan dan kelebihan, ternyata Firma juga memiliki sejumlah keterbatasan dan kekurangan apabila bergerak sebagai badan usaha. Berikut adalah ulasannya.

  1. Pemilik Firma memiliki tanggung jawab yang tidak terbatas terhadap segala macam bentuk utang yang dimilikinya.
  2. Ketika salah satu dari pemilik Firma mengundurkan diri atau meninggal dunia, maka tentunya keberadaan Firma akan terancam.
  3. Firma memiliki kesulitan pada proses pergantian kepemimpinan. Hal tersebut disebabkan karena kepentingan yang berbeda pada setiap pihak yang terlibat pada Firma tersebut. Seringkali terjadi konflik apabila hendak adanya peralihan kepemimpinan yang mana nantinya akan menimbulkan hambatan pada usaha yang dikelolanya.
  4. Untuk dana yang memiliki angka cukup besar tentunya Firma memiliki kesulitan untuk menghimpunnya. Termasuk adalah tender yang memiliki angka cukup besar, Irma tentunya akan cukup sulit untuk menghandle nya.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai Apa yang dimaksud dengan Firma. Termasuk didalamnya adalah tentang kelebihan atau keunggulan serta kelemahan dan juga kekurangan yang dimiliki oleh Sebuah firma. Harapan penulis tentunya tulisan sederhana pada kesempatan kali ini bisa berguna bagi anda sekalian di dalam menambah referensi sekaligus wawasan dan ilmu pengetahuan mengenai badan usaha Firma. Terima kasih dan semoga sukses untuk anda.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Pengusaha

Artikel menarik lainnya

Arti Dari Reservasi Pada Beberapa Konteks

Arti Dari Reservasi Pada Beberapa Konteks

Apakah anda mengetahui apa arti dari reservasi? Mungkin saja, sebagian dari Anda yang sedang membaca …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *