Home / Umum / Alam / Apa Yang Dimaksud Dengan Galaxy dan Jenis-Jenisnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Galaxy dan Jenis-Jenisnya

Dahulu kala, saya pernah mendapatkan materi tentang galaksi di pelajaran IPA di bangku SMP. Namun, karena sudah cukup lama maka tentunya materi pelajaran mengenai Galaxy sudah Sedikit lupa. Oleh sebab itulah pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba mengulas kembali mengenai Apa yang dimaksud dengan galaksi. Galaxy Merupakan sekumpulan dari bintang-bintang yang membentuk sebuah sistem, dimana sistem tersebut terdiri dari satu atau lebih sejumlah benda angkasa yang memiliki ukuran besar serta dikelilingi oleh unsur-unsur angkasa lain yang berperan sebagai anggotanya dan bergerak mengelilingi dengan cukup teratur.

Apa Yang Dimaksud Dengan Galaxy dan Jenis-Jenisnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Galaxy?

Apabila dilihat dari ilmu astronomi, Galaxy merupakan sebuah sistem yang didalamnya terdiri dari gas, bintang-bintang, serta debu yang memiliki luas sangat lebar dengan posisi anggota mempunyai gravitasi atau gaya tarik menarik. Sebuah galaksi secara umum terbentuk dari bintang yang jumlahnya milyaran serta mempunyai warna, ukuran serta karakteristik yang sangat beragam dan berbeda.

Pada sistem tata surya yang kita tempati ini berada pada sebuah galaksi yang diberi nama dengan galaksi bimasakti atau the milky way. Matahari yang berperan sebagai pusat tata surya kita merupakan satu dari dua ratusan miliar Bintang anggota Bima Sakti yang lainnya. Anggota Bima Sakti yang berupa bintang bintang tersebut tersebar dengan jarak yang sangat jauh, berkisar antara 4 tahun cahaya sampai dengan 10 tahun cahaya. Tentunya, semakin menuju ke pusat galaksi, jarak masing-masing bintang akan semakin berdekatan, atau bisa dikatakan bahwa kerapatan dari Galaxy ke arah pusat akan semakin tinggi.

Sebuah galaksi secara umum terbentuk dari bintang yang jumlahnya milyaran dan memiliki ukuran, warna serta karakteristik yang sangat beragam. Sebagai contoh, galaksi Andromeda dan juga galaksi bima sakti. Galaxy secara umum tidak dijumpai dalam bentuk berdiri sendiri atau tunggal. Galaxy rata-rata terbentuk dari gugusan dan tergumpal. Salah satu contohnya adalah galaksi bima sakti ada pada gugusan yang disebut sebagai grup lokal.

Baca Juga:   6 Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri

Jenis-Jenis Galaksi

Apabila kita lihat dari morfologinya, Galaxy dibedakan menjadi galaksi tipe spiral, galaksi elips dan galaksi tipe tidak beraturan.

1. Galaxy tipe ellips

Sesuai dengan namanya, Galaxy ini Tentunya memiliki bentuk yang elips. Galaxy yang masuk ke dalam tipe elips tersebut dimulai dari galaksi yang memiliki bentuk bundar sampai Galaxy yang memiliki bentuk bola Pepat. Akan tetapi, struktur yang membentuk Galaxy tipe ini tidaklah terlihat dengan Cukup jelas. Unsur pembentuk dari galaksi elips adalah bintang-bintang yang sudah tua. Sebagai contohnya adalah galaksi m87 yang merupakan galaksi elips dengan ukuran raksasa yang berada di rasi Virgo.

2. Galaxy tipe spiral

Halo merupakan bagian utama dari galaksi spiral. Selain itu juga termasuk dari bidang Galaxy ( termasuk didalamnya adalah lengan spiral) dan juga bulge yang merupakan bagian inti dari Galaxy yang cukup menonjol. Secara umum, galaksi spiral terdiri dari berbagai macam bintang yang memiliki umur muda dan juga umur tua. Anggota dari bintang tua berada pada sejumlah kumpulan bintang-bintang yang jumlahnya ratusan serta membentuk sebuah gugus bola. Sementara itu, anggota Bintang Muda berada pada bagian lengan spiral galaksi yang posisinya di bidang Galaxy.

Kecepatan dalam rotasi adalah ciri khas dari Galaxy tipe spiral. Hal tersebut akan mengakibatkan bentuk dari galaksi tersebut memipih serta membentuk pola atau bidang Galaxy. Contoh dari Galaxy tipe spiral adalah galaksi Bima Sakti dan galaksi Andromeda. Bumi berada pada galaksi bima sakti namun berada di bagian tata surya yang berbeda.

3. Galaxy tipe tidak beraturan

Sesuai dengan namanya, tipe Galaxy ini tidak memiliki bentuk spesial atau bentuk khusus. Bintang-bintang yang berada pada Galaxy tipe ini juga ada yang berumur muda dan juga ada yang berumur tua. Contoh dari Galaxy tipe tidak beraturan ini yaitu awan Magellan kecil, awan Magellan besar. Kedua galaksi tersebut adalah tetangga paling dekat dengan galaksi bimasakti dimana jaraknya kurang lebih adalah 180.000 tahun perjalanan cahaya dari posisi galaksi bima sakti. Secara umum, Galaxy tidak beraturan tersebut memiliki unsur antarbintang yang terdiri dari debu debu dan gas.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Energi Air

Beberapa contoh galaksi

1. Galaksi bima sakti

Galaksi bima sakti tersebut ditemukan pada tanggal 18 Juli 1783. Penemunya adalah orang Inggris yang bekerja sebagai astronom bernama William Hershel. Unsur pembentuk dari galaksi bima sakti adalah bintang-bintang yang jumlahnya 400 miliar. Garis tengah yang dimiliki oleh galaksi bima sakti adalah 130.000 tahun perjalanan cahaya. Sementara itu, jarak 1 tahun perjalanan cahaya adalah 9.500 miliar Km. Rumah bagi matahari adalah galaksi bima sakti termasuk adalah planet-planet yang memutari nya.

2. Galaksi Magellan

Galaksi Magellan merupakan salah satu galaksi yang memiliki jarak paling dekat dengan galaksi Bima Sakti. Seperti yang sudah disampaikan di depan bahwa jarak galaksi Magellan dengan galaksi Bima Sakti adalah 150.000 tahun perjalanan cahaya dan posisinya berada di belahan langit sebelah selatan.

3. Galaksi ursa mayor

Jarak antara Galaksi Bima Sakti dengan galaksi ursa Mayor adalah 10.000.000 tahun perjalanan cahaya. Bentuk dari galaksi ursa Mayor adalah elips dan memiliki kerapatan cukup tinggi.

4. Galaksi Andromeda

Bisa dikatakan, galaksi Andromeda adalah salah satu galaksi raksasa yang mempunyai garis tengah kurang lebih 200000 tahun perjalanan cahaya. Luas dari galaksi Andromeda adalah dua kali lebih besar dibandingkan dengan galaksi Bima Sakti. Sementara itu, Galaxy Andromeda mempunyai masa antara 300 sampai dengan 400 billions dibandingkan dengan massa matahari. Karena memiliki bentuk yang sangat besar serta khas tentunya menjadikan Galaxy Andromeda cukup mudah untuk diamati dengan memakai alat teleskop yang sederhana. Untuk jaraknya, dari galaksi bimasakti ke Andromeda adalah 2,5 tahun perjalanan cahaya.

Baca Juga:   Cara Hewan Menyesuaikan Diri Dengan Lingkungan

5. Galaksi jauh

Sesuai dengan Karakteristiknya, Galaxy jauh ini termasuk Galaxy yang berjarak sangat jauh dari Bimasakti yaitu 10.000.000 tahun perjalanan cahaya. Beberapa contoh dari galaksi jauh adalah galaksi Triangulum, Galaxy silver edan Galaxy Whipool.

6. Galaxy Black Eye

Seorang astronom asal Prancis di tahun 1781 yang bernama Charles messier berhasil menemukan salah satu Galaxy yang memiliki sifat cukup aneh, yaitu mempunyai sebuah cincin berasal dari kabut serta memiliki warna cukup gelap. Cincin kabut pada Galaxy tersebut terus mengelilingi intinya yang menyala cukup terang, hal tersebut disebabkan karena memiliki penampakan seperti mata manusia.

Oleh sebab itulah Charles messier memberikan julukan pada Galaxy dengan istilah Black Eye. Galaksi tersebut masuk ke dalam galaksi Spiral yang bentuk lengannya menyerupai belalai yang menjulur dengan cukup terang. Sementara itu, dari sisi jarak Galaksi Bima Sakti dengan galaksi Black Eye adalah kurang lebih 17.000.000 tahun perjalanan cahaya.

Sekian penjabaran singkat mengenai Apa yang dimaksud dengan galaksi dan beberapa jenis serta contohnya. Ternyata, luas alam semesta sangatlah besar, bahkan posisi bumi pun Hanya berupa titik debu yang sangat kecil. Oleh sebab itu, sebagai manusia kita hanya bisa selalu mengagungkan nama Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang merupakan sang pencipta dan pemilik segala alam semesta. Mudah-mudahan, informasi ini mampu memberikan pengetahuan serta wawasan baru bagi pengunjung sekalian. Terima kasih.

Artikel menarik lainnya

Arti Dari Bunga Yang Sangat Penting Untuk Diketahui

Arti Dari Bunga Yang Sangat Penting Untuk Diketahui

Apakah anda sudah mengerti arti dari bunga? Tentunya, berbagai macam bunga yang ada di dunia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *