Home / Multimedia / Apa Yang Dimaksud Dengan Gambar

Apa Yang Dimaksud Dengan Gambar

Sudah barang tentu kita sering mendapatkan gambar ketika kita mengunjungi sejumlah tempat. Gambar adalah sebuah bentuk dari karya seni. Lalu, apa yang dimaksud dengan gambar itu sendiri? Sebuah pesan tentunya bisa disampaikan kepada orang lain dengan menggunakan sebuah gambar. Intinya adalah gambar bisa dimanfaatkan sebagai pengganti dari ataupun kalimat. Dengan adanya sebuah gambar yang sering kita temukan di mana saja kita berada adalah salah satu bagian yang tidak akan bisa pernah lepas dari kehidupan manusia.

Apa Yang Dimaksud Dengan Gambar

Tentunya, secara umum kita sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan gambar. Akan tetapi, memahami lebih lanjut mengenai pengertian dari gambar bukanlah hal yang salah. Oleh sebab itulah pada kesempatan yang baik ini saya juga akan mencoba mengulas kembali Apa yang dimaksud dengan gambar berdasarkan teori yang dikemukakan oleh banyak ahli.

Apa Yang Dimaksud Dengan Gambar

Menurut apa yang tertulis di kamus besar bahasa Indonesia, gambar merupakan sebuah tiruan dari barang. Di ruang tersebut diantaranya adalah binatang, tumbuh-tumbuhan, manusia, alam dan bentuk yang lainnya yang bisa dikreasikan dengan menggunakan coretan berbagai macam alat tulis, mulai dari pensil, spidol, pulpen, cat air dan alat-alat lainnya pada media baik kertas, kanvas dan media lainnya.

Baca Juga:   Cara Membuat Suara Di Komputer

Dari Penjelasan diatas, tentunya kita bisa menyimpulkan bahwa apa yang dimaksud dengan gambar cukuplah luas. Tidak hanya terletak dari keragaman objek yang digambar, namun juga alat yang digunakan untuk menggambar juga banyak jenisnya. Tidak cukup untuk menggunakan pensil saja, kita juga dapat menggambar dengan menggunakan kuas. Apalagi, kecanggihan teknologi sekarang ini Membuat kita mampu Untuk memanfaatkan segala mesin untuk mencetak gambar. Sejumlah media gambar pun bisa kita manfaatkan, mulai dari kayu, bambu, kanvas, keramik serta dinding dan juga masih banyak lagi media yang bisa kita manfaatkan sebagai tempat untuk menggambar.

Baiklah apa di bawah ini adalah sejumlah pengertian gambar dari para ahlinya.

1. Pengertian gambar menurut Katherine Klipper Merseth

Bisa dikatakan, 1000 kata bisa diwakili dengan sebuah gambar. Berdasarkan apa yang disampaikan oleh Katherine Klipper Merseth gambar memang benar-benar bisa menggantikan kalimat atau kata yang hendak kita sampaikan. Gambar juga bisa dengan cukup ampuh menyampaikan sebuah informasi melebihi dari Informasi yang disampaikan melalui kata-kata dengan Cukup jelas. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya gambar-gambar yang bisa ditemukan di sepanjang jalan. Gambar-gambar yang ada di pinggir jalan tersebut tentunya dipasang dengan memiliki tujuan untuk menyampaikan sebuah informasi tanpa harus membaca kalimat atau kata.

Baca Juga:   Cara Membuat Video Tanpa Suara

2. Pengertian gambar menurut Tamiya onodera

Menurut Tamiya onodera, gambar adalah sebuah tiruan atau replika yang berasal dari alam. Tentunya, kita bisa dengan mudah menemukan gambar-gambar yang memiliki bentuk sangat persis dengan sebuah wilayah atau mencontoh sebuah lokasi yang ada di dunia atau di mana saja. Salah satu contohnya adalah gambar danau, gambar pegunungan, gambar pedesaan dan gambar-gambar alam lainnya.

3. Pengertian gambar menurut Sudjono

Gambar adalah sebuah karya seni yang asalnya adalah dari jiwa serta dilakukan bukan dari menjiplak karya orang lain. Pendapat Sudjono tersebut mengartikan bahwa yang namanya gambar adalah sama dengan lukisan. Bisa dikatakan bahwa antara Seniman yang satu dengan Seniman yang lainnya, lukisannya haruslah dibuat berbeda. Walaupun sebenarnya mereka membuat lukisan dengan mengamati objek yang sama. Bahkan dengan alat serta media yang sama pula. Kesimpulannya adalah bahwa kegiatan plagiat adalah sebuah kegiatan yang disengaja, namun Bukan Tanpa sadar.

4. Pengertian gambar menurut P.Hodges

Pengertian gambar menurut beliau adalah tidak hanya terletak pada fisik. Pengertian tersebut sekarang ini memang banyak diakui oleh seniman-seniman di dunia. Hal tersebut terbukti dengan adanya lukisan abstrak yang mudah sekali ditemukan sekarang ini.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Receiver ? Beda Receiver Mpeg4 Dengan Mpeg2

5. Pengertian gambar menurut James B. Pawley

Gambar adalah sebuah objek yang bisa dilihat yang mana komposisinya adalah berasal dari ruang serta mempunyai sejumlah fitur. Gambar menurut yang merupakan sesuatu yang ditekankan pada sebuah objek yang cukup details.

6. Pengertian gambar menurut J. Mitchel

Gambar adalah sesuatu yang bisa memberikan gambaran mengenai kepribadian. Dia sangat meyakini bahwa karakteristik dari penggambar bisa dicerminkan dari gambar yang dilukis atau dibuatnya.

7. Pengertian gambar menurut ned block

Gambar merupakan sesuatu yang bisa mewakili sebuah objek asli serta mempunyai sejumlah karakter warna dan juga karakter bentuk yang pas atau sesuai objek aslinya.

Ternyata cukup banyak bukan pengertian dari gambar. Setelah anda membaca ulasan di atas maka Diharapkan anda akan sedikit mengetahui dan paham apa yang dimaksud dengan gambar sehingga wawasan dan ilmu pengetahuan anda di bidang seni rupa akan semakin meningkat sehingga pada akhirnya anda akan mengerti secara luas pengertian pengertian dari gambar yang dikemukakan oleh banyak ahli di bidangnya. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Receiver Beda Receiver Mpeg4 Dengan Mpeg2

Apa Yang Dimaksud Dengan Receiver ? Beda Receiver Mpeg4 Dengan Mpeg2

Akhir-akhir ini, kata receiver mpeg4 cukup sering didengar di telinga kita. Untuk itulah, pada kesempatan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *