Home / Umum / Sosial / Apa Yang Dimaksud Dengan Gerak Sejarah

Apa Yang Dimaksud Dengan Gerak Sejarah

Apa kabar semuanya? Pada artikel kali ini penulis akan mencoba mengulas Apa yang dimaksud dengan gerak sejarah. Gerak sejarah merupakan sebuah alur serta kondisi yang akan menggambarkan sebuah cerita mengenai perjalanan dari sejarah, yaitu urutan dari sebuah pola kejadian pada sejumlah peristiwa di kehidupan manusia. Sudah cukup lama secara diartikan sebagai sebuah ilmu yang berkecimpung tentang masa lalu. Pendapat tersebut tentunya bisa dikatakan benar namun juga bisa dikatakan kurang tepat.

Apa Yang Dimaksud Dengan Gerak Sejarah

Apa yang dimaksud dengan gerak sejarah

Sejarah adalah sesuatu yang cukup menarik karena memiliki sejumlah hal yang belum dimiliki oleh kehidupan bangsa di saat sekarang ini.

Sejarah Sebenarnya tidak hanya mengulas kejadian masa lalu, namun juga mempunyai sebuah esensi yang mana sejarah akan bisa memberikan sebuah fakta serta pemahaman pada setiap generasi yang hidup sekarang ini guna menyimak hal-hal yang sudah dilakukan oleh generasi sebelumnya.

Berdasarkan mengenai sifat gerak sejarah, seseorang yang bernama ismangoen sudah memberikan penjelasan mengenai hal tersebut menjadi 4 pandangan, yaitu gerak perkembangan, gerak melingkar atau siklus, gerak evolusi atau kemajuan serta gerak spiral. Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing pandangan tersebut.

1. Gerak melingkar

Arti pandangan dari gerak lingkar adalah bahwa masyarakat, manusia, bangsa dan negara serta kebudayaan mengalami tenggelam dan timbul pada sebuah urutan dan perulangan yang memiliki sifat sama yaitu adanya gambaran proses kelahiran, Proses pertumbuhan, proses perkembangan, proses menjadi tua dan proses kematian.

Pandangan tersebut sudah ada dan berkembang dari zaman Romawi kuno dan Yunani kuno. Tentunya, sejarah memiliki pergerakan layaknya sebuah urutan dari proses pergantian kerajaan yang dahulu kala menjadi kerajaan, Seperti contohnya adalah kerajaan Persia, kerajaan assyria, kerajaan Romawi, kerajaan masedonia dan kerajaan lainnya.

Proses kelahiran secara berturut-turut tentunya dialami oleh kerajaan-kerajaan tersebut. Kerajaan tersebut tentunya juga akan mengalami tumbuh serta berkembang serta pada akhirnya akan lenyap digantikan oleh kerajaan selanjutnya. Kondisi seperti itu tentunya mampu untuk menunjukkan bahwa sebuah peristiwa sejarah mempunyai sejumlah karakteristik pengulangan pada sebuah kondisi yang terjadi sebelumnya Yang mana hal tersebut mampu untuk menggambarkan adanya sebuah lingkaran proses kejadian.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Sistem Internasional

Warga negara Indonesia juga tentunya mengetahui adanya konsepsi dari Cakra manggiling. Konsep tersebut merupakan konsep cakram berputar yang mampu menunjukkan kondisi hidup serta mati guna memberikan gambaran sebuah gerak sejarah yang telah ditentukan dari sananya yang disebut dengan hukum alam atau istilahnya yaitu nasib atau fatum.

Kondisi tersebut tentunya mampu menunjukkan bahwa sebuah kehidupan manusia secara terus-menerus akan berulang, dimana akan bergerak dari titik yang satu ke titik yang lain, kemudian akan melingkar kembali pada sebuah titik yang mana kondisinya nyaris tidak dikenal sama sekali. Apabila pada sebuah zaman sudah berakhir, maka akan digantikan dengan zaman lainnya lalu akan dimulai lagi dari proses awal yang mana nantinya akan berakhir juga. Begitu juga seterusnya.

2. Gerak perkembangan

Gerakan ini memiliki arti di mana sebuah peristiwa Sejarah adalah sebuah proses yang tentunya memiliki hubungan antara yang satu dengan yang lainnya. Pada sebuah sisi sejarah tentunya memiliki sejumlah keunggulan dan keunikan masing-masing. Namun, di bagian yang lain peristiwa sejarah juga mampu untuk menunjukkan kondisi perkembangan yang prosesnya terjadi secara linier.

Peristiwa pada umumnya merupakan sebuah kelanjutan dan sekaligus menjadi sebuah proses perbaikan dari sebuah peristiwa terdahulu. Hal tersebut tentunya bukan merupakan sebuah kondisi pengulangan. Sifat dari gerak sejarah ini disebut juga dengan sifat gerak sejarah linier. Hal tersebut dikarenakan kondisinya tidak mampu untuk memberikan gambaran pada sebuah pola siklus di Pandangan Pertama, namun penggambaran dari sebuah garis lurus.

Sifat yang dimiliki dari gerak lurus ini disebut juga dengan sifat progresif, karena secara umum peristiwa sejarah tersebut memberikan gambaran adanya sebuah perubahan ke arah yang lebih maju. Aliran gerak progresif linier dari sejarah perkembangan ini akan berusaha untuk memberikan gambaran pada sebuah peristiwa sejarah supaya terlihat lebih Berarti atau lebih bermakna. Kondisi tersebut disebabkan adanya sebuah peristiwa sejarah yang sangat berkaitan antara ruang tertentu dan waktu. Peristiwa sejarah nya itu sendiri mampu memberikan gambaran pada sebuah proses yang cukup panjang dari perjuangan manusia guna meningkatkan sebuah kualitas hidupnya.

Baca Juga:   Arti Dari Makar Menurut Sejumlah Ahli

Pola pandang tersebut juga diyakini lebih ilmiah. Hal tersebut didasari karena kondisinya tidak lagi menganggap bahwa sebuah peristiwa sejarah sebagai kondisi yang memiliki sifat kosmis yang terlepas dari pola konteks ruang dan konteks waktu tertentu.

3. Gerak spiral

Gerak spiral pada sejarah memberikan gambaran kepada kita tentang suatu peristiwa sejarah yang mempunyai dua sifat sekaligus yaitu sifat progresif dan sifat berkelanjutan. Dengan adanya gerak tersebut, maka Proses pengulangan yang memiliki sifat siklus tidak berhubungan dengan adanya progresivitas pada sebuah peristiwa sejarah. Selain itu, peristiwa sejarah selanjutnya bisa dikatakan lebih maju dibandingkan dengan peristiwa sejarah sebelumnya. Gerak spiral Sejarah adalah sebuah rangkaian kondisi yang selalu berkelanjutan.

Peristiwa yang terjadi pada sejarah di saat ini adalah sebuah kelanjutan yang berasal dari peristiwa sejarah di masa lalu. Sebagai contohnya adalah negara Republik Indonesia di saat ini adalah kelanjutan dari Tarumanegara, Kutai, Sriwijaya, Mataram Hindu, Demak, Majapahit, Mataram Islam dan sejumlah kerajaan-kerajaan Yang lain.

Penjajahan yang berada di nusantara sebelumnya secara umum adalah merupakan penjajahan terhadap bangsa Indonesia. Hal tersebut berdasarkan dari pandangan yang Mengingatkan bahwa negara Indonesia adalah sebuah kelanjutan yang berasal dari kerajaan yang ada di nusantara. Bisa dikatakan pula bahwa penjajahan yang terjadi pada sebagian wilayah bangsa Indonesia memiliki arti sama dengan penjajahan pada seluruh wilayah negara Indonesia. Pada paparan tersebutlah maka berlaku sebuah prinsip pars pro toto yang memiliki arti sebagian untuk keseluruhan.

Baca Juga:   Biografi Tentang Keluarga Lengkap

Dari prinsip tersebut, maka berkembanglah sebuah pandangan yang menyatakan bahwa Indonesia pernah dijajah oleh bangsa Belanda dengan waktu kurang lebih 350 tahun walaupun sebenarnya negara Indonesia baru merdeka di tanggal 17-8-1945.

4. Gerak evolusi

Gerak sejarah muncul berdasarkan adanya teori evolusi, yaitu sebuah gerakan sejarah yang memiliki arah pada konsep kemajuan. Berdasarkan dari Pengertian tersebut maka sejarah bisa disimpulkan sebagai sebuah Medan yang dilakukan oleh manusia di dalam berjuang. Sementara itu cerita mengenai sejarah adalah sebuah epos dari manusia guna mendapatkan predikat kemajuan.

Pandangan dari gerak evolusi serta kemajuan mulai terlihat berkembang sejak lahirnya abad ke-18 atau di awal abad ke-19. Dimasa tersebutlah muncul berbagai jenis kemajuan pada bidang teknologi, ilmu pengetahuan serta filsafat sehingga mampu untuk mendorong berkembangnya konsep-konsep baru di wilayah Eropa.

Manusia memiliki rasa kepercayaan diri yang semakin meningkat sehingga mampu mengembangkan adanya semangat otonom. Ternyata, sumber gerak sejarah tidak bisa disandarkan pada alam, namun harus dicari oleh manusia itu sendiri. Ketika abad ke-18 dilalui, terjadi sebuah revolusi pada jiwa manusia yang menyatakan bahwa kekuatan dari heteronomi digantikan dengan kekuatan otonomi manusia. Pandangan dari gerak siklus tersebut mengekang dari daya cipta manusia serta mendorong adanya sifat Masa bodoh yang mulai untuk ditinggalkan.

Demikianlah uraian tentang apa yang dimaksud dengan gerak sejarah yang mampu menggambarkan kepada kita semua adanya proses sejarah yang dilalui oleh masing-masing negara, termasuk adalah negara kesatuan Republik Indonesia yang sekarang ini kita tempati. Mudah-mudahan, Uraian singkat pada artikel ini mampu untuk memberikan gambaran kepada anda mengenai sejarah sejarah Indonesia yang pernah dilalui dan kita semakin semangat untuk selalu mengembangkan negara Indonesia Tercinta. Terima kasih.

Artikel menarik lainnya

Arti dari angka dari sisi “Fengshui”

Arti dari angka dari sisi “Fengshui”

Di dalam kehidupan sehari-hari maka tentunya kombinasi dari angka-angka tidak akan bisa terlepas. Kumpulan dari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *