Home / Jaringan / Internet / Apa Yang Dimaksud Dengan Google Drive

Apa Yang Dimaksud Dengan Google Drive

Istilah Google Drive bukanlah merupakan istilah baru, karena bagi pecinta internet terutama yang sering berkirim email menggunakan fasilitas email tentunya mengetahui apa itu Google Drive. Bahkan, fasilitas Google Drive juga sudah bisa dinikmati pada smartphone. Namun ternyata ada juga yang belum mengetahui apa yang dimaksud dengan Google Drive. Oleh sebab itulah pada kesempatan yang baik ini akan saya coba ulas mengenai Apa yang dimaksud dengan Google Drive lengkap dengan fungsi dan peranannya di bidang komputer terutama internet.

Apa Yang Dimaksud Dengan Google Drive

Sesuai dengan namanya bahwa Google Drive merupakan salah satu produk yang dibuat serta disediakan oleh pihak Google. Layanan yang bernama Google Drive ini Tentunya dapat diakses melalui software Browser pada komputer yang terkoneksi ke internet dan juga melalui smartphone berbasis Android ataupun OS yang lainnya. Lalu apa saja fungsi dari Google Drive? Silakan anda Simak terus penjabarannya berikut ini.

Apa yang dimaksud dengan Google Drive?

Google Drive bisa diartikan sebagai salah satu layanan yang dimiliki oleh Google serta merupakan sebuah layanan yang dipakai untuk melakukan penyimpanan berbagai macam file ataupun dokumen yang sifatnya adalah gratis dan juga berbayar. Sifat yang berbayar tersebut tentunya tergantung dari Berapa kapasitas Google Drive yang dibutuhkan untuk media penyimpanan secara online atau Cloud tersebut.

Pertama kali diluncurkan, pihak Google memfasilitasi pengguna komputer dengan Google Drive untuk menyimpan beragam jenis file dan dokumen dengan kapasitas 5 GB. Untuk mendapatkan kapasitas yang lebih luas lagi, tentunya setiap pengguna bisa melakukannya dengan cara melakukan upgrade account sekaligus membayar beberapa dollar. Google Drive tidak hanya berfungsi sebagai media penyimpanan saja, namun otomatis akan terkoneksi dengan sejumlah layanan Lain Milik Google, mulai dari Google Search, Google email atau Gmail dan beberapa layanan Google yang lainnya.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Internet Dan Intranet

Seiring dengan perkembangan di dunia mesin pencari dan sekaligus berimbas pada Google Drive, maka sekarang ini kapasitas dari Google Drive sudah cukup besar. Untuk akun Google Drive yang gratis saja sudah disediakan kapasitas sebesar 15 GB.

Fungsi dari Google Drive

Tentunya, sebagai media penyimpanan yang bersifat Cloud, maka tentunya Google Drive akan memiliki banyak fungsi yang dapat dengan mudah membantu seseorang di dalam menyimpan berbagai macam file dan dokumen secara aman. Di bawah ini adalah sejumlah fungsi Google Drive yang perlu Anda ketahui.

1. Google Drive digunakan untuk menyimpan data

Sesuai dengan namanya bahwa Google Drive merupakan tempat yang digunakan untuk menyimpan data dan melakukan sejumlah aktivitas penyimpanan dokumen lainnya. Dengan adanya dokumen yang tersimpan di Google Drive, maka kita bisa dengan mudah untuk mengakses file atau dokumen tersebut dimanapun dan kapanpun asalkan masih terjangkau jaringan internet.

Kapasitas yang hingga 15 GB merupakan kapasitas yang cukup besar untuk menyimpan sejumlah file pekerjaan kantor anda. Bahkan, dengan memiliki kapasitas 5 GB maka sejumlah file multimedia juga bisa dengan mudah disimpan pada Google Drive tersebut. Namun, apabila anda menginginkan kapasitas yang lebih besar dari ukuran 15 GB, maka tentunya Anda bisa membayar beberapa dollar kepada pihak Google untuk mendapatkan Google Drive dengan kapasitas yang lebih longgar lagi.

2. Google drive digunakan untuk mengedit sekaligus membuat dokumen

Selain digunakan untuk menyimpan data, Google Drive juga dimanfaatkan oleh setiap pengguna di dalam membuat Spreadsheet baru atau lembar kerja baru serta melakukan sejumlah editing dari data yang berhasil diakses dengan memakai sejumlah aplikasi yang terdapat di Smartphone.

Baca Juga:   Cara Mempercepat Internet Tri Dijamin Ngebut

Sebagai tambahan juga bahwa segala macam bentuk foto dan video yang ada pada Google Drive akan dengan otomatis tersimpan juga pada Google Plus serta data yang dibuat dalam Google Drive akan secara otomatis tersimpan tanpa adanya proses penyimpanan secara manual.

3. Beberapa manfaat memakai Google Drive

Ada banyak sekali manfaat yang bisa dipetik dari penggunaan Google Drive di dalam aktivitas kita menggunakan komputer yang terkoneksi ke internet. Berikut ini adalah sejumlah manfaat yang memakai fasilitas Google Drive:

Sekarang ini, anda dimungkinkan untuk melakukan proses pengiriman file yang ukurannya sangat besar karena kapasitas paling besar dari Google Drive dengan akun gratis adalah 15 GB. Disamping itu, Google Drive juga memiliki sejumlah kemungkinan di mana pengguna bisa melakukan sharing video, sering foto serta sejumlah dokumen yang lain untuk ditujukan kepada pengguna lain di internet.

4. Kemudahan di dalam mengakses data

Seperti yang sudah disampaikan diawal,i dengan adanya fitur Google Drive akan memudahkan setiap Komponen dan peripheral lain untuk bisa terkondisikan dengan baik dan nyaman.

5. Kemudahan dalam mengakses data

Dengan adanya fitur Google Drive dari Google, maka setiap penggunanya tidak perlu repot-repot untuk menyimpan data ataupun dokumen pada hardisk eksternal ataupun USB flashdisk. Cukup menyimpan pada Google Drive, maka kita bisa mengakses data tersebut kapanpun dan dimanapun baik menggunakan smartphone ataupun komputer yang sudah terkoneksi kan di internet.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Hyperlink

6. Bisa diakses oleh banyak perangkat

Tentunya, fasilitas Google Drive bisa diakses menggunakan banyak perangkat, mulai dari komputer desktop, laptop, smartphone sampai dengan tablet.

7. Tersinkronisasi dengan web browser

Fitur Google Drive yang dengan mudah tersinkronisasi dengan web browser mempermudah setiap pemakainya untuk dapat melakukan sejumlah pencarian data pada Google Drive dengan cukup mudah dan cepat.

8. Kemudahan di dalam membuka dokumen secara Real Time

Google Drive juga menyediakan sejumlah aplikasi untuk bisa memudahkan pengaksesan data yang disimpan dalam Google Drive. Berbagai macam format juga sudah dikenali oleh Google Drive sehingga bisa langsung dibuka pada saat itu juga tanpa menggunakan aplikasi yang terinstal di komputer. Berbagai macam aplikasi office seperti Microsoft Word Microsoft Excel dan Microsoft Powerpoint merupakan beberapa contoh file yang bisa dibuka langsung pada web browser di Google Drive.

Google Drive mempunyai sebuah fitur yang bernama optical character recognition atau OCR dimana fitur tersebut merupakan fitur yang dapat mengenali sebuah ekspresi atau kata pada sejumlah file yang telah disimpan pada Google Play. Sebagai contoh, misalnya kita hendak mencari nama seorang anak yang ada di sebuah halaman hasil scan yang telah disimpan pada Google Drive tersebut.

Itulah sejumlah penjelasan mengenai Apa yang dimaksud dengan Google Drive. Dengan adanya fasilitas Google Drive tersebut, maka kita bisa menyimpan sejumlah file secara online di internet dan langsung bisa mengaksesnya Dari mana saja dan kapan saja. Fasilitas penyimpanan sebesar 15 GB sekarang ini juga telah disediakan oleh Google secara gratis untuk bisa dinikmati setiap penggunanya. Terima kasih.

Artikel menarik lainnya

Arti Dari Email Beserta Manfaatnya

Arti Dari Email Beserta Manfaatnya

Pada posting kali ini, saya akan mencoba membahas mengenai arti dari email lengkap dengan sejumlah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *