Home / Umum / Sosial / Apa Yang Dimaksud Dengan HAKI

Apa Yang Dimaksud Dengan HAKI

HAKI adalah sebuah kata yang sering kita dengar di mana kata tersebut sangat erat kaitannya dengan hak cipta. HAKI memiliki kepanjangan dari hak atas kekayaan intelektual. Lalu apa yang dimaksud dengan HAKI itu sendiri? Pada ulasan kali ini saya akan mencoba untuk menjabarkan tentang pengertian dari HAKI. Beberapa sumber tentunya sudah saya kumpulkan sebagai referensi referensi dasar untuk mengenalkan kepada anda mengenai istilah dari HAKI tersebut.

Apa Yang Dimaksud Dengan HAKI

Apa yang dimaksud dengan HAKI?

Berdasarkan apa yang disampaikan oleh Ismail Saleh, HAKI merupakan sebuah pengakuan serta sebuah penghargaan yang diberikan kepada badan hukum atau seseorang karena sudah mampu untuk menciptakan sebuah karya intelektual atau menemukan sesuatu yang kemudian akan memberikan hak-hak spesial kepada mereka. Hak spesial tersebut bisa berupa hak yang bersifat ekonomis maupun bersifat sosial. Sementara itu, pengertian HAKI yang dilontarkan oleh Bambang kesowo yaitu merupakan sebuah hak yang diberikan atas kekayaan yang muncul serta lahir disebabkan karena adanya kemampuan dari intelektual manusia.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Integritas

Tentunya, pengertian HAKI berbeda dengan yang disampaikan oleh Adrian sutedi. Menurut Adrian sutedi, HAKI adalah sebuah kekuasaan atau sebuah wewenang atau sebuah hak guna melakukan sesuatu terhadap kekayaan intelektual tersebut. Hak-hak tersebut tentunya telah diatur pada hukum-hukum ataupun norma-norma yang berlaku. Sebuah kekayaan intelektual adalah kekayaan atas semua hasil dari produksi pemikiran dan kecerdasan Layaknya pada sisi pengetahuan, teknologi, seni, sastra, karikatur, karya tulis, pengarangan lagu dan kekayaan kekayaan lainnya.

Ada dua pembagian dari hak. Hak yang pertama adalah hak asasi atau hak dasar dimana hak tersebut adalah hak yang sangat mutlak serta tentunya tidak bisa untuk diganggu gugat. Contoh hak asasi adalah hak untuk hidup hak guna memperoleh keadilan yang seadil-adilnya, serta hak-hak yang lainnya. Sementara itu hak yang kedua adalah hak amanat terhadap perundangan ataupun aturan dimana hak tersebut diberikan kepada masyarakat lewat sejumlah perundang-undangan ataupun melalui peraturan.

Hak atas kekayaan intelektual atau HAKI adalah sebuah amanat pada aturan sehingga setiap masyarakat yang berperan sebagai penentu seberapa besar posisi dari HAKI yang akan diberikan kepada sebuah kelompok atau seseorang. Dari pengertian-pengertian di atas, maka bisa diambil sebuah kesimpulan bahwa HAKI merupakan sebuah hak yang asalnya dari sebuah kegiatan secara intelektual seseorang serta memiliki sejumlah manfaat ekonomi.

Baca Juga:   Contoh Makalah Tentang Biografi Paling Lengkap

Konsep dari, tentunya berdasarkan dari hasil pemikiran bahwa karya karya intelektual yang sudah dibuat oleh manusia membutuhkan adanya sebuah pengorbanan waktu, tenaga dan juga biaya. Dengan adanya pengorbanan tersebutlah akan membuat karya yang sudah dihasilkan mempunyai manfaat serta nilai ekonomis yang bisa dinikmati oleh setiap penggunanya.

Dari dasar konsep itulah maka akan membuat kebutuhan akan adanya penghargaan dari hasil karya yang sudah dihasilkan berupa adanya perlindungan hukum untuk HAKI. Adapun tujuan dari pemberian perlindungan hukum tersebut adalah guna menumbuhkembangkan serta mendorong setiap masyarakat untuk memiliki semangat dalam menciptakan sesuatu ataupun berkarya.

Itulah pembahasan mengenai Apa yang dimaksud dengan HAKI. Hati merupakan salah satu hal yang harus dilindungi kelestariannya karena hal tersebut akan sangat menjaga sebuah produk untuk selalu bisa mendapatkan perlindungan hukum sehingga tidak mudah untuk diakui oleh pihak lain. Menciptakan sesuatu merupakan hal yang sangat sulit. Oleh sebab itulah perlu adanya perlindungan serta hak-hak lain yang harus diterima oleh para pembuat produk. Terima kasih dan selamat beraktivitas untuk hari ini.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Nusantara

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Arti Dari Hakikat Serta Definisi Lengkapnya

Arti Dari Hakikat Serta Definisi Lengkapnya

Halo apa kabar semuanya? Sebelum kita masuk ke dalam pembahasan arti dari hakikat dan membahas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *