Home / Gadget / Apa Yang Dimaksud Dengan Handphone

Apa Yang Dimaksud Dengan Handphone

Walaupun setiap hari kita mendengar istilah handphone, namun belum tentu kita mengetahui apa yang dimaksud dengan handphone secara kata atau pengertian. Handphone adalah masuk ke dalam perangkat komunikasi elektronik yang bekerja secara dua orang serta dapat dibawa kemana saja. Handphone mempunyai kemampuan untuk mengirim sebuah pesan baik dalam bentuk teks maupun suara. Pengertian tersebut adalah pengertian handphone yang bisa didapat secara umum.

Apa Yang Dimaksud Dengan Handphone

Apa Yang Dimaksud Dengan Handphone ?

Pada kehidupan sehari-hari, tentunya keberadaan handphone tidak bisa dilepas. Apalagi, perkembangan handphone yang begitu pesat sekarang ini Membuat keberadaan handphone sangatlah penting karena handphone mempunyai banyak fungsi sekaligus, tidak hanya sebagai alat komunikasi saja. Berbagai macam fungsi ditanamkan pada alat komunikasi handphone tersebut mulai dari adanya fungsi kamera, fungsi yang mendukung untuk kegiatan berbisnis, media hiburan dan sejumlah fungsi lainnya.

Pada saat ini, kita sudah dikenalkan pula dengan istilah smartphone di mana perangkat tersebut merupakan handphone generasi terbaru yang memiliki kecanggihan luar biasa. Memang, arti kata handphone dapat dipakai merujuk ke berbagai macam perangkat termasuk adalah smartphone. Tentunya, sebelum adanya smartphone yang super canggih, handphone mengalami perjalanan yang cukup panjang. Perjalanan handphone yang cukup panjang tersebut akan saya ulas pada bagian berikut ini.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Macbook Air

Sejarah dari handphone

Setelah kita memahami sekelumit pengertian tentang apa yang dimaksud dengan handphone, Mari kita pelajari sejarah perkembangan handphone yang sekarang ini sudah dinikmati oleh setiap orang. Dari zaman pertama kali keluar Sampai dengan saat ini, handphone sudah mengalami banyak perkembangan dan kemajuan. Tentunya, Handphone yang pertama kali diciptakan tentunya sangat jauh fungsinya dengan handphone yang dipakai sekarang ini.in

Akan tetapi, dengan adanya teknologi handphone pertama tersebut merupakan embrio dari smartphone yang sekarang ini digunakan oleh banyak orang. Sebuah sistem handphone atau telepon genggam pertama kali ditemukan oleh Martin Cooper. Martin Cooper adalah seorang karyawan yang bekerja di perusahaan bernama Motorola. Oleh Martin Cooper, handphone ditemukan di tahun 1973.

Pada perkembangan selanjutnya, ada juga yang menyatakan bahwa Martin Cooper bukanlah satu-satunya penemu dari telepon genggam, akan tetapi yang menemukan merupakan anggota tim yang berasal dari divisi yang bekerja dengannya. Perlu kita ketahui bersama bahwa tipe dari handphone yang pertama adalah Dyna TAC. Ide dari Tipe tersebut tentunya dibuat oleh Martin Cooper. Alat tersebut merupakan alat yang dapat dibawa kemanapun dan tentunya cukup fleksibel.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan IPad Air 2

Handphone pertama yang berhasil dibuat memiliki bobot sampai dengan 2 kg. Sementara itu untuk proses pembuatannya diperlukan biaya yang cukup tinggi hingga 90 juta rupiah. Tentunya bobot handphone serta biaya produksi tersebut sangatlah berbeda jauh dengan kondisi saat ini. Akan tetapi hal tersebut bukanlah menjadi tantangannya. Salah satu hal yang menjadi tantangan terbesar di dalam produksi handphone adalah berkaitan dengan infrastruktur.

Bisa dikatakan, tokoh yang berperan di dalam membuat handphone bukan saja Martin Cooper. Ada sejumlah tokoh lain yang memiliki peranan sangat penting di dalam proses pengembangan telepon genggam atau handphone. Salah satu tokoh yang memiliki jasa pada pengembangan handphone yaitu Amos Jpel Jr. Tokoh tersebut memiliki fokus pada pengembangan disisi switching. Fungsi dari sisi switching pada handphone yaitu untuk menyambungkan handphone dari tempat yang satu ke tempat yang lain sehingga pengguna handphone dapat bergerak dari satu tempat ke tempat yang lainnya tanpa adanya pemutusan pembicaraan.

Perkembangan selanjutnya, handphone terus mengalami perbaikan dari sisi ukuran dan juga bobot. Selain itu fasilitas-fasilitas yang dibenamkan pada handphone juga terus ditambahkan. Sekarang ini, handphone memiliki fungsi utama yaitu sebagai media untuk berkomunikasi baik menggunakan SMS atau pesan singkat maupun menggunakan suara.Selain fungsi dasar dari handphone tersebut, pada handphone juga dibenamkan sejumlah fitur yaitu televisi dan juga radio.

Baca Juga:   Cara Mudah Selamatkan Ponsel Yang Terkena Air

Ditambah lagi, sekarang ini handphone sudah memiliki peranan Pada permainan atau game, video, layanan internet, kamera serta fungsi audio. Bisa disimpulkan bahwa Apa yang dimaksud dengan handphone adalah sebagai peralatan yang digunakan untuk komunikasi Sehingga nantinya fungsi utama dari alat tersebut adalah untuk berkomunikasi yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan pesan singkat maupun suara.

Itulah penjelasan penjelasan mengenai Apa yang dimaksud dengan handphone serta sejarah singkat perkembangan handphone dari mulai ditemukan hingga saat ini. Mudah-mudahan, sekelumit informasi sederhana ini bisa berguna dan bermanfaat bagi anda sebagai bahan rujukan serta referensi di dalam memahami handphone secara umum. Terima kasih.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan SMS

Apa Yang Dimaksud Dengan SMS

Popularitas dari penggunaan SMS atau Short Message Service sekarang ini memang sudah mulai memudar. Hal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *