Home / Umum / Sosial / Apa Yang Dimaksud Dengan Hidup

Apa Yang Dimaksud Dengan Hidup

Hidup adalah sebuah kata yang cukup mudah untuk diucapkan. Namun, apakah masing-masing orang sudah memahami apa yang dimaksud dengan hidup tersebut? Apakah masing-masing orang sudah memiliki bekal hidup yang cukup? Tentunya hal tersebut bisa ditanyakan kepada diri pribadi masing-masing.

Apa Yang Dimaksud Dengan Hidup

Sebelum dilanjutkan pembahasan mengenai Apa yang dimaksud dengan hidup, Coba anda pikirkan terlebih dahulu Apa yang dimaksud dengan hidup. Hidup adalah………… Dan Coba anda isi sendiri titik-titik tersebut. Sebuah pertanyaan sederhana mengenai hidup akan tetapi memiliki keragaman isi dan makna. Ada yang mengatakan bahwa hidup merupakan sebuah tantangan, hidup merupakan sebuah perjalanan, hidup merupakan sebuah perjuangan, serta hidup adalah hal hal hal yang lainnya.

Apa yang dimaksud dengan hidup?

Melihat dan menilik dari sejumlah pernyataan tentang hidup tentunya memiliki keragaman jawaban. Namun, apabila kita tengok lebih dalam dari sejumlah jawaban di atas, maka bisa dikerucutkan bahwa hidup mencerminkan sebuah keyakinan atas segala hal yang akan dilakukan dan dilalui pada proses menjalani kehidupan.

Bagi orang yang memiliki keyakinan bahwa hidup merupakan sebuah perjuangan tentunya akan melihat bahwa kehidupan merupakan sebuah perjuangan yang memang harus benar-benar diperjuangkan. Dengan kata lain, hari demi hari di kehidupannya harus dilalui dengan sebuah perjuangan. Sementara itu, bagi orang yang meyakini bahwa hidup merupakan sebuah tantangan, maka kesehariannya orang tersebut akan menjalani kehidupannya dengan berbagai macam tantangan yang wajib untuk dipecahkan. Dia hidup tentunya dengan berbagai macam cara untuk memecahkan sejumlah tantangan yang dihadapinya. Begitu juga orang yang memiliki keyakinan bahwa hidup merupakan sebuah perjalanan, maka tentunya sebuah perjalanan panjang harus dicapai untuk Mendapatkan tujuan dari hidup.

Baca Juga:   Contoh Peraturan Daerah

Bagi Anda yang beragama Islam Bagaimana anda memandang sebuah kehidupan? Cobalah Anda tengok dalam Alquran Surat Al Hadid (57) pada ayat ke-20 yang memiliki arti:

“Ketahuilah, sesungguhanya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan senda gurauan, perhiasan dan saling berbangga di antara kamu serta berlomba dalam kekayaan dan anak keturunan, seperti hujan yang tanam – tanamannya mengagumkan para petani; kemudian ( tanaman ) itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. Dan kehidupan dunia tidak lain hanyalah kesenangan yang palsu”.

Dari terjemahan diatas, maka ada sebuah kalimat yang menyatakan bahwa hidup merupakan sebuah “permainan”. Apakah hal tersebut mengartikan bahwa pada saat kita hidup kita cukup untuk bersenang-senang atau bermain? Sekali lagi, coba pahami konteks dari terjemahan Alquran diatas. Sebuah pemahaman yang diajarkan oleh Allah SWT melalui ayat Al-Quran di atas yaitu bahwa kehidupan merupakan sebuah “Permainan” dalam jangka waktu yang cukup pendek. Oleh sebab itu, maka tentunya kita wajib untuk menjadi seorang pemain pada permainan kehidupan. Bukan maksudnya adalah main-main atau bersenang-senang pada kehidupan.

Apa maksudnya dari hal tersebut?

Seorang pemain ditujukan bagi mereka yang ingin bermain dengan sungguh-sungguh atau serius. Coba kita ambil sebuah contoh berikut ini. Seorang pemain sepak bola memiliki arti seperti apa? Tentunya setiap pemain sepakbola yang memiliki keseriusan dan sungguh-sungguh dalam bermain pastinya akan mengikuti berbagai macam permainan sepakbola Dengan memahami dan mematuhi Semua peraturan peraturan yang ada.

Sekarang coba perhatikan kembali mereka yang menjadikan diri mereka sebagai para pemain sepak bola yang serius? Sebagai contoh misalnya adalah Joni. Tentunya dengan menjadi pemain sepak bola yang serius akan menjadikan Joni akan memiliki kehidupan yang baik, popularitas yang baik, penghasilan yang melimpah, memiliki penggemar hingga jutaan dan lain sebagainya.

Contoh diatas barulah sebagai seorang pemain sepak bola yang hanya dibatasi dengan waktu permainan sekitar 45 menit x 2 pada sebuah tempat lapangan rumput berbentuk persegi serta diberikan fasilitas bola yang bundar. Sekarang dapat anda bayangkan apa yang akan Allah berikan kepada setiap “pemain” yang besar di dalam kehidupan ini? Apakah akan menjadikan anda sebagai seorang profesional ketika anda mengikuti semua peraturan-peraturan yang berlaku di dunia dengan serius? Anda sendiri tentunya sudah bisa menjawab pertanyaan tersebut.

Lalu, mungkin anda akan bertanya-tanya, apa saja peraturan-peraturan pada kehidupan di dunia? Peraturan di dunia sudah sangat jelas ada yaitu yang sudah disampaikan oleh Nabi dan rasul kita Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam serta Alquran. Itulah aturan-aturan yang harus kita ikuti dan harus kita tegakkan.

Itulah Apa yang dimaksud dengan hidup di dunia. Dengan adanya aturan aturan hidup di dunia, maka kita sebagai manusia yang berperan pada kehidupan akan mampu untuk menjalani segala macam peraturan yang ada baik yang bersumber dari Rasulullah ataupun dari Alquran. Mari kita sama-sama menjadi seorang pemain yang hebat di dunia Sehingga nantinya kita bisa selamat di dunia dan selamat di akhirat. Mudah-mudahan, apa yang saya ulas pada artikel ini tentang hidup mampu untuk memberikan sebuah wawasan baru bagi anda sehingga Anda bisa menjadi seorang “pemain” yang hebat di dunia. Terima kasih.

Artikel menarik lainnya

Arti Dari LDR Yang Mungkin Belum Diketahui

Arti Dari LDR Yang Mungkin Belum Diketahui

Apakah anda mengetahui pengertian atau arti dari LDR yang sebenarnya? Kadangkala, kita sering mendengar kata …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *