Home / Jaringan / Apa Yang Dimaksud Dengan Hosting

Apa Yang Dimaksud Dengan Hosting

Seperti yang sudah di singgung pada artikel sebelumnya bahwa hosting merupakan salah satu bagian penting pada website sehingga sebuah website tersebut bisa online. Hanya saja, tidak semua orang paham apa yang dimaksud dengan hosting. Untuk itulah pada ulasan kali ini saya akan mencoba mengulas Apa yang dimaksud dengan hosting sehingga Anda bisa mendapatkan gambaran secara umum pengertian dari hosting.

Apa Yang Dimaksud Dengan Hosting

Apa Yang Dimaksud Dengan Hosting?

Bagi anda yang sekarang ini hendak terjun di dunia Internet, terutama pada develop website tentunya harus paham benar tentang hosting. Hosting bisa juga disebut dengan istilah web hosting. Pengertian dari hosting merupakan sebuah tempat untuk disewakan yang nantinya tempat tersebut dipakai guna menyimpan sejumlah data shapefile serta dokumen yang dibutuhkan pada sebuah website sehingga website tersebut nantinya bisa diakses menggunakan jaringan internet oleh komputer, smartphone, Laptop serta perangkat lainnya.

Tentunya beragam data bisa disimpan pada hosting. Contoh-contoh data yang bisa disimpan dalam hosting adalah email, gambar, file, database, serta program atau aplikasi atau script.Untuk lebih mudahnya, arti dari hosting bisa diibaratkan sebagai sebuah tempat atau ruangan atau kios pada sebuah Mall. Manajemen pada sebuah Mall tentunya menyewakan sejumlah infrastruktur, ruangan, telepon, listrik dan sejumlah fasilitas lainnya supaya masyarakat atau orang-orang yang memiliki kepentingan didalamnya bisa membuka usaha pada Mall tersebut.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Komunikasi Dalam Jaringan

Tentunya, setiap pengelola kios memiliki perbedaan terhadap sejumlah fasilitas yang disediakan oleh manajemen Mall tergantung dari spesifikasi kios yang hendak disewanya. Ada yang mendapatkan ruangan atau kios yang memiliki ukuran 12 meter kali 8 meter. Ada juga yang bisa menyewa kios dengan ukuran lebih besar atau lebih kecil dari ukuran tersebut. Semuanya tentu kembali kepada spesifikasi dari ruangan yang hendak disewa.

Sama halnya dengan hosting di mana penyedia layanan hosting tentunya akan menyediakan sejumlah infrastruktur berupa jaringan, menyediakan perangkat keras atau hardware, menyediakan email dan sejumlah fitur lainnya yang nantinya bisa anda gunakan di dalam proses pembuatan sekaligus meng online kan website.

Server diibaratkan sebagai sebuah gedung mall yang nantinya akan digunakan oleh banyak pemilik kios atau ruko. Sama halnya dengan server pada komputer secara asli dimana nantinya satu server bisa digunakan oleh banyak pelanggan, yang mana nantinya setiap pelanggan akan mendapatkan spesifikasi yang berbeda-beda, tergantung dari yang diinginkan dan dipesan.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan 4G

Semakin tinggi spesifikasi dari hosting yang dipesan oleh para pemilik website maka tentunya akan semakin mahal pula harga sewa dari hosting tersebut setiap tahunnya. Oleh sebab itu, tentunya kita harus mampu untuk menentukan pilihan hosting mana yang paling tepat untuk kita gunakan, tentunya disesuaikan dengan budget dan target traffic yang nantinya dibidik.

Demikianlah ulasan singkat mengenai Apa yang dimaksud dengan hosting. Mudah-mudahan, sekelumit informasi sederhana ini mampu memberikan pencerahan Bagi anda yang sekarang ini sedang merasa kebingungan tentang hosting. Dengan adanya ulasan kali ini, maka diharapkan anda sudah mampu untuk mencoba membangun sebuah website yang menggunakan hosting sendiri sehingga kemampuan anda di dalam merancang membuat serta mengelola website bisa berjalan lebih lancar. Terima kasih.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan File Server

Apa Yang Dimaksud Dengan File Server

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas mengenai Apa yang dimaksud dengan file server? …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *