Home / Umum / Usaha / Apa Yang Dimaksud Dengan Housekeeping

Apa Yang Dimaksud Dengan Housekeeping

Jujur saja, awalnya Saya tidak paham dengan istilah housekeeping. Hanya saja karena rasa penasaran saya mengenai istilah housekeeping, maka saya coba cari sejumlah referensi tentang apa yang dimaksud dengan housekeeping. Setelah saya mendapatkan beberapa informasi tentang housekeeping, maka pada ulasan kali ini saya akan mencoba untuk mengulas kembali tentang pengertian dari housekeeping khusus untuk anda.

Apa Yang Dimaksud Dengan Housekeeping

Apa yang dimaksud dengan housekeeping?

Arti dari housekeeping itu sendiri di bahasa Indonesia adalah tatagraha. Maksudnya adalah salah satu bagian yang ada di departemen yang berfungsi sebagai menata peralatan dan juga mengaturnya, menjaga kebersihan terhadap sejumlah peralatan tersebut serta melakukan pelaporan tentang adanya kerusakan. Housekeeping juga bertanggung jawab untuk mendekorasi yang memiliki tujuan supaya Hotel ataupun rumah terlihat tampak lebih bersih, lebih rapi, lebih menyenangkan dan juga lebih menarik bagi para penghuninya.

Bagian dari housekeeping memiliki peran tidak hanya di dalam menyiapkan sejumlah kamar-kamar untuk tamu, akan tetapi secara umum memiliki tanggung jawab di dalam menjaga serta membersihkan dan juga merawat segala macam fasilitas yang berada pada hotel supaya lebih nyaman, lebih rapi dan lebih bersih.Oleh karena itulah maka segala macam aktivitas dari housekeeping memiliki tujuan guna memaksimalkan perawatan, pemeliharaan serta kebersihan dari hotel secara keseluruhan sehingga bisa terjaga dengan cukup baik.

Bagian yang bekerja sebagai housekeeping tentunya harus memberikan sebuah pelayanan yang nantinya berpengaruh terhadap kesiapan, kelancaran serta proses pemeliharaan untuk publik area, kamar tamu, meeting room, restaurant, sarana olahraga, laundry dan juga fasilitas lain yang ada pada hotel.in mereka adalah bagian dari tim yang berada di hotel di mana selalu memiliki kesiapan di dalam menyambut kedatangan tamu serta menyiapkan segala macam kebutuhan dari tamu-tamu hotel.

Baca Juga:   Arti Dari Reservasi Pada Beberapa Konteks

Setiap pegawai dari housekeeping tentunya harus memiliki kepedulian terhadap segala macam tingkat kenyamanan dari tamu yang datang serta juga harus melakukan perhatian terhadap hal-hal yang cukup Betel serta melakukan tindak lanjut terhadap segala macam proses perbaikan apabila diperlukan.

Pada saat Hotel sedang beroperasi, maka hal-hal yang berkaitan dengan kebersihan harus dilaksanakan dan dilakukan oleh bagian Departemen housekeeping tersebut. Departemen housekeeping tentunya ada yang mengelolanya dan juga harus dipimpin oleh seorang eksekutif house keeper atau housekeeping Manager. Pada umumnya, housekeeping tentunya mempunyai tanggung jawab yang sangat besar pada wilayah kerjanya. Oleh sebab itu tentunya sangat wajar apabila jumlah dari karyawan housekeeping sangat banyak.

Ada beberapa pembagian pekerjaan yang perlu dilakukan oleh housekeeping, diantaranya adalah:

  1. Public area di mana bagian tersebut memiliki tanggung jawab serta tugas guna menjaga kebersihan serta keindahan dan kerapian lengkap dengan kenyamanannya pada seluruh bagian hotel. Lokasi yang menjadi tanggung jawab public area adalah di dalam gedung dan juga di luar gedung, di lobby area, di restoran, di rest room, di ruang meeting, dan juga di ruang fasilitas yang diperuntukkan bagi karyawan hotel
  2. Ruang atau room di mana bagian tersebut memiliki tanggung jawab guna menjaga kebersihan serta mempersiapkan segala macam perlengkapan yang ada di kamar tamu.
  3. Laundry merupakan bagian yang memiliki tanggung jawab dan tugas guna menyediakan linen linen yang sudah bersih untuk keperluan restoran, meeting room, kamar, serta menyediakan pakaian ataupun seragam yang sudah bersih untuk karyawan dan juga melakukan pembersihan untuk pakaian tamu yang sudah kotor.
  4. Uniform atau linen merupakan bagian yang memiliki tanggung jawab dan tugas guna mengelola proses penyediaan seluruh linen dan sirkulasi bagi karyawan hotel.
  5. Florist merupakan bagian yang memiliki tanggung jawab untuk merangkai serta menyediakan bunga-bunga yang masih segar yang bertujuan untuk mendekorasi serta memperindah bagian Hotel.
  6. Gardener memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mengelola serta memelihara semua tanaman yang ada di dalam maupun yang ada di luar hotel.
Baca Juga:   Cara Menjalankan Usaha Agar Sukses

Sasaran dari housekeeping

Adapun beberapa sasaran dari adanya housekeeping adalah sebagai berikut:

1. Kebersihan

Tentunya, kebersihan pada hotel sangatlah menentukan baik tidaknya Hotel. Apabila kondisi Hotel selalu terjaga kebersihannya, maka tentu semua tamu yang menginap di dalamnya akan merasa betah, tenang dan juga nyaman. Bahkan, Tamu tersebut akan menjadi pelanggan tetap karena pengelolaan kebersihan hotel yang selalu terjaga

2. Kerapian

Cakupan dari kerapian di dalam pengaturan hotel adalah pada proses pengaturan tata letak di sebuah ruangan dengan sejumlah perlengkapan dan juga dekorasi yang sinkron dan serasi Sehingga nantinya akan membuat ruangan yang bersangkutan menjadi cukup menarik

3. Kelengkapan

Memberikan sejumlah keperluan dari tamu yang menginap adalah salah satu standar yang harus dipenuhi oleh bagian Hotel supaya setiap tamu akan merasa betah untuk tinggal dan merasa nyaman serta tidak segan-segan untuk menginap kembali di hotel tersebut

4. Fasilitas

Bagian fasilitas tersebut mencakup segala macam peralatan yang diberikan oleh Hotel supaya bisa dipakai oleh setiap tamu hotel. Tujuan dari adanya fasilitas tersebut tentu adalah guna meningkatkan kenyamanan serta tidak menimbulkan gangguan pada sejumlah kegiatan yang mereka lakukan.

Baca Juga:   Perhitungan Gaji Karyawan Resign

Demikianlah penjabaran mengenai Apa yang dimaksud dengan housekeeping di mana bagian tersebut memiliki peranan dan fungsi yang sangat banyak pada sebuah hotel sehingga hotel tersebut bisa berjalan dengan baik dan lancar. Tanpa adanya sebuah housekeeping maka tentunya pengelolaan dari sebuah hotel akan terganggu dan pada akhirnya akan membuat tamu tamu yang menginap di hotel tersebut merasa tidak nyaman. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Artikel menarik lainnya

Arti Dari Reservasi Pada Beberapa Konteks

Arti Dari Reservasi Pada Beberapa Konteks

Apakah anda mengetahui apa arti dari reservasi? Mungkin saja, sebagian dari Anda yang sedang membaca …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *