Home / Jaringan / Internet / Apa Yang Dimaksud Dengan HTML

Apa Yang Dimaksud Dengan HTML

Sejumlah orang yang sudah hobi dengan bahasa pemrograman berbasis web tentunya tidak asing lagi tentang apa yang dimaksud dengan html. Html memiliki kepanjangan dari hypertext markup language dimana html tersebut merupakan sebuah bahasa yang berasal dari World Wide Web atau www yang nantinya dipakai guna menyusun serta membentuk sebuah dokumen supaya bisa tampil pada software web browser.

Apa Yang Dimaksud Dengan HTML

Apa yang dimaksud dengan HTML?

Html juga tentunya bisa disebut sebagai Sebuah protokol yang dipakai guna melakukan transfer dokumen ataupun data dari web server ke software browser. Html inilah yang nantinya akan menjadi sebuah dasar apabila kita melakukan penjelajahan pada internet serta melihat halaman web yang kita kunjungi.

Secara umum, html menentukan adanya dua fungsi, yaitu:

  1. Membantu proses menentukan tata letak dari sebuah dokumen pada halaman web, dalam hal ini adalah mencakup pengaturan dari tata letak gambar, jenis huruf serta sejumlah komponen dokumen halaman web yang lainnya.
  2. Menentukan hubungan dari dokumen-dokumen lain yang ada pada halaman web. Dalam hal ini html adalah sebuah bahasa pemrograman yang masuk kedalam kategori standar generalized atau sgml. Standar tersebut memiliki bentuk yang mirip dengan standar ASCII yang mana isinya adalah kode-kode di dalam mengatur dokumen.
Baca Juga:   Arti Dari Email Beserta Manfaatnya

Pada saat sekarang ini, banyak sekali terdapat HTML authoring atau Tool dan juga software yang biasanya dipakai untuk mendesain dan juga membuat halaman web. Beberapa contoh yang cukup terkenal saat ini adalah netscape komposer, Microsoft frontpage, Adobe Dreamweaver, Adobe pagemill, Adobe golive, hotdog, html easy, hotmetal, inconteks Spider dan juga software software yang lainnya.

Disebabkan karena kode html yang mengikuti standar ASCII, maka tentunya sejumlah file html bisa dirancang dengan memakai software editor biasa layaknya editor dari DOS, notepad buatan dari Microsoft Windows, Microsoft Word dan software software lainnya. Akan tetapi, editor yang paling mudah adalah dengan memakai Notepad yang tentunya bisa anda temukan pada setiap komputer yang menggunakan sistem operasi Windows.

Sementara itu, ada juga software lain yang diperlukan untuk mendukung proses perancangan dan pembuatan halaman web menggunakan HTML yaitu software browser. Software browser dipakai guna menampilkan halaman web yang sudah dibuat dan dirancang menggunakan kode html tersebut. 2 nama software Browser yang paling terkenal untuk saat ini yaitu Google Chrome dan Mozilla Firefox. Namun, masih ada beberapa software Browser yang bisa anda manfaatkan untuk membuka hasil pembuatan dan perancangan halaman web menggunakan HTML yaitu Internet Explorer, Opera, Maxton, Safari dan yang lainnya.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan WWW

Intinya adalah setelah anda merancang halaman web menggunakan notepad, maka anda bisa menggunakan software browser untuk menampilkan hasilnya. Dan setelah selesai, anda bisa menayangkan informasi yang sudah anda buat tersebut di jaringan internet. Cukup simpel dan mudah untuk dipelajari bukan?

Ada beberapa kalangan yang memiliki opsi keberatan apabila html dimasukkan ke dalam salah satu bahasa pemrograman. Hal tersebut dikarenakan struktur yang digunakan pada HTML dianggap sangatlah sederhana. Kode-kode yang dibuat menggunakan HTML dibaca menggunakan software browser baris demi baris. Dari atas Turun ke bawah. Secara umum, html tidak memiliki struktur bahasa pemrograman yang umum dimiliki pada bahasa pemrograman secara standar, misalnya adalah struktur untuk looping.

Pada HTML dipakai hypertext Link yang merupakan hubungan antara teks dengan dokumen yang lainnya. Dengan adanya konsep seperti itu maka tentunya pembaca dokumen dapat melompat dari sebuah dokumen ke dokumen yang lainnya dengan cukup mudah. Akan tetapi tentunya banyak kalangan umum yang memiliki anggapan bahwa html adalah sebuah dokumen pemrograman walaupun tidak terstruktur. Namun, secara inti html adalah sebuah bahasa yang menspesifikasikan konten atau isi sebuah halaman web.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan ISP

Hypertext mampu untuk menunjukkan fakta bahwa halaman sebuah web bisa lebih tepat apabila berisi teks dan juga mampu untuk memuat konten multimedia serta mampu menjadi sebuah tautan ataupun hyperlink baik dengan lompatan ataupun tidak. Bahasa Arab juga mampu untuk menunjukkan sebuah fakta bahwa bekerja dengan menggunakan banyak teks serta simbol-simbol yang spesial akan menunjukkan sebuah struktur dan juga tipe dokumen yang berbeda.

Itulah penjabaran singkat mengenai Apa yang dimaksud dengan html. Mudah-mudahan, setelah anda membaca seluruh ulasan di atas, maka anda sudah mampu untuk mengenali html secara umum dan mampu menyimpulkan pengertian dari HTML tersebut. Terima kasih dan selamat berkreasi dengan menggunakan bahasa pemrograman html, semoga website rancangan Anda menggunakan HTML bisa lebih berkembang dengan maksimal.

Artikel menarik lainnya

Arti Dari Email Beserta Manfaatnya

Arti Dari Email Beserta Manfaatnya

Pada posting kali ini, saya akan mencoba membahas mengenai arti dari email lengkap dengan sejumlah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *