Home / Umum / Usaha / Apa Yang Dimaksud Dengan Hukum

Apa Yang Dimaksud Dengan Hukum

Kata hukum bukanlah kata yang asing bagi kita, akan tetapi, apakah Anda paham apa yang dimaksud dengan hukum? Untuk membantu anda di dalam memahami arti kata dan pengertian dari hukum maka silakan Anda simak terus ulasan berikut ini karena saya akan mencoba untuk menjabarkan sejumlah pengertian tentang hukum.

Apa Yang Dimaksud Dengan Hukum

Apa yang dimaksud dengan hukum?

Secara umum, pengertian dari hukum merupakan semua peraturan serta semua kaidah di dalam kehidupan sosial bersama yang bisa dipaksakan dengan sebuah sanksi pada proses pelaksanaannya. Tentunya terdapat sejumlah perbedaan mengenai arti kata dari hukum tersebut. Apalagi sekarang ini banyak orang yang mampu dan memiliki kompetensi di dalam menentukan arti kata dan pengertian hukum secara umum.

Berdasarkan pendapat sejumlah ahli, maka di bawah ini adalah sejumlah definisi hukum, yaitu:

1. Pengertian hukum menurut Aristoteles

Menurut Aristoteles hukum merupakan sesuatu yang ada di masing-masing sebuah komunitas serta berlaku untuk anggota komunitas tersebut. Hukum yang paling umum adalah hukum dari alam.

Baca Juga:   Cara Perhitungan Gaji Karyawan Bulanan

2. Pengertian hukum menurut grotius

Menurut grotius, yang namanya hukum merupakan sebuah tindakan moral dan mewajibkan untuk dilaksanakan sesuatu yang bersifat benar.

3. Pengertian hukum menurut Hobbes

Hobbes menyatakan bahwa hukum merupakan sesuatu yang benar dan berasal dari “dia” dan juga memiliki kebenaran atas perintah kepada orang lain.

Apabila disimpulkan maka akan didapat sebuah arti bahwa yang namanya hukum merupakan sebuah aturan-aturan yang mana aturan tersebut diciptakan oleh sebuah badan yang memiliki kewenangan dimana aturan tersebut merupakan perintah ataupun larangan guna mengatur tingkah laku dari manusia supaya didapat keseimbangan, keadilan dan juga keselarasan di dalam menjalani kehidupan. Dengan adanya hukum, maka sejumlah tindakan kekacauan bisa dicegah serta kehidupan bisa berjalan dengan baik.

Sebagai contohnya adalah pada sebuah negara bisa dipastikan terdapat sejumlah peraturan yang berfungsi guna mengatur mengenai hubungan antara masyarakat, warga negara dan dengan negaranya. Itulah yang disebut sebagai sebuah hukum. Contoh lainnya adalah pada sebuah masyarakat maupun pada sebuah wilayah pasti ada Sesuatu tata cara di dalam proses bertingkah laku di dalam masyarakat ataupun wilayah tersebut. Itu juga disebut sebagai sebuah hukum.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Jasa

Walaupun di atas sudah dijabarkan banyak sekali pengertian hukum dari sejumlah pakar dan ahli, maka pengertian hukum secara umum akan kembali lagi ke diri kita masing-masing. Namun tentunya anda sudah paham dengan sebutan hukum di mana memiliki makna sebuah aturan yang Harus dipatuhi Supaya kehidupan bisa berjalan dengan baik dan benar.

Dengan adanya hukum yang berlaku akan menjadi sebuah pengikat dan Sesuatu yang bisa digunakan untuk “menakuti” supaya hal-hal yang bersifat negatif dan melenceng dari aturan-aturan yang ada tidak terjadi. Hukum juga bersifat paksaan, artinya hukum wajib untuk dilaksanakan walaupun tidak senang. Dengan adanya pemaksaan hukum tersebut maka tentunya kehidupan-kehidupan yang tidak baik akan berubah menjadi baik.

Itulah gambaran umum mengenai Apa yang dimaksud dengan hukum. Mudah-mudahan, pengertian hukum dari beberapa ahli sekaligus pengertian hukum secara umum bisa anda serap dengan sebaik-baiknya sehingga Anda benar-benar paham dengan hukum tersebut. Terima kasih dan selamat beraktifitas semoga hari-hari anda selalu dalam kondisi sehat dan bahagia.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Kapitalisme

Artikel menarik lainnya

Perhitungan Gaji Pensiun

Perhitungan Gaji Pensiun

Siapa yang tidak suka menerima gaji pensiun? Ketika kita sudah bekerja secara sungguh-sungguh mengabdikan diri …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *