Home / Jaringan / Internet / Apa Yang Dimaksud Dengan Hyperlink

Apa Yang Dimaksud Dengan Hyperlink

Sering berselancar di Internet tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah hyperlink. Hanya saja kadangkala walaupun kita sudah mengetahui tentang hyperlink tetap saja kita belum bisa mengetahui secara pasti Apa yang dimaksud dengan hyperlink secara bahasa. Oleh sebab itulah pada ulasan yang akan saya angkat di postingan kali ini saya akan mencoba membahas mengenai pengertian dari hyperlink secara umum.

Apa Yang Dimaksud Dengan Hyperlink

Apa yang dimaksud dengan hyperlink?

Sebelum menginjak tentang pengertian dari hyperlink, Apakah anda sudah pernah berkunjung pada halaman atau website yang menyediakan sebuah teks atau gambar yang apabila anda klik akan menuju ke halaman yang lain? Apabila sudah maka tentunya anda akan lebih mudah di dalam memahami apa yang dimaksud dengan hyperlink tersebut.

Ha perling merupakan sebuah langkah atau cara di dalam menghubungkan satu bagian website dengan bagian yang lainnya. Sebenarnya, istilah hyperlink tersebut juga tidak hanya digunakan pada sebuah website namun juga pada sebuah file, sebuah slide serta sejumlah program dan juga beberapa aplikasi yang lainnya.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Internet Banking

Hyperlink sering sekali digunakan pada saat kita hendak menunjukkan sebuah lokasi lain yang ada pada sebuah objek maupun teks yang hendak dipresentasikan ataupun diperlihatkan. Dengan adanya hyperlink, maka kita bisa menghubungkan beberapa objek, beberapa file, beberapa dokumen, dan beberapa aplikasi serta halaman website.

Ada pula yang mengartikan bahwa hyperlink merupakan suatu teks atau gambar yang nantinya bisa mengarahkan ke dokumen atau tampilan dari halaman yang lainnya. Sebutan lain dari hyperlink adalah Link. Apabila kita melakukan klik pada hyperlink pada sebuah slide atau halaman website, maka berarti kita sudah melakukan browsing pada Word Wide Web atau www serta nantinya akan menuju ke halaman ataupun dokumen yang lainnya.

Fungsi dari hyperlink

Untuk lebih lanjut, mari kita pelajari mengenai fungsi dari hyperlink. Sebelumnya sudah saya sampaikan bahwa hyperlink sering disebut juga dengan istilah link. Link adalah salah satu bagian dan memiliki fungsi Pada halaman hypertext markup language atau html yang  yang akan memberikan kemudahan bagi setiap pengunjung atau visitor pada sebuah halaman web guna melakukan penelusuran sejumlah informasi yang ada pada sebuah web yang dikunjunginya.in dengan adanya link, maka akan mempermudah proses pemindahan halaman serta bisa menghubungkan masing-masing dokumen pada HTML.

Baca Juga:   Kekurangan Dan Kelebihan Internet Sebagai Media Informasi

Hyperlink atau link secara umum ditampilkan dengan menggunakan huruf serta warna yang berbeda. Ketika sebuah kursor pada mouse kita letakkan di atas sebuah teks yang memiliki link, maka biasanya huruf akan terlihat bergaris bawah serta kursor akan berubah menjadi bentuk tangan dan warna link akan memiliki perbedaan dengan warna default nya. Pada saat sebuah Link Sebelumnya sudah pernah dikunjungi ataupun diklik dan diakses, maka secara umum teks atau objek yang berfungsi sebagai link akan memiliki warna ungu ataupun warna yang lainnya sesuai pengaturan.

Hyperlink atau link juga bisa diterapkan pada gambar di mana ketika kita mengklik pada gambar yang berisi hyperlink tersebut akan ditampilkan halaman yang lainnya. Dengan memanfaatkan gambar sebagai objek link, maka tentu tampilan dari sebuah halaman website akan semakin menarik karena tombol-tombol yang menuju ke halaman lain bisa dikreasikan sedemikian rupa sehingga tampil lebih menarik.

Demikianlah penjabaran singkat mengenai Apa yang dimaksud dengan hyperlink. Mudah-mudahan, Bagi anda yang sekarang ini ingin berkecimpung didunia website sudah memahami tentang pengertian dari hyperlink sekaligus mampu untuk menerapkan pembuatan hyperlink di halaman website yang sedang dibangun. Terima kasih dan selamat mencoba serta Selamat belajar, Salam sukses untuk anda sekalian.

Baca Juga:   Cara Menampilkan IDM Di Youtube pada Google Chroome dan Mozilla Firefox

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Fungsi Utama Email

Fungsi Utama Email Dibidang Internet Secara Umum

Fungsi utama email dari tahun ketahun tentunya akan mengalami peningkatan karena teknologi email itu sendiri …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *