Home / Umum / Apa Yang Dimaksud Dengan Ibid, Op.cit, Loc.it dalam Catatan Kaki

Apa Yang Dimaksud Dengan Ibid, Op.cit, Loc.it dalam Catatan Kaki

Istilah Ibid, Op.cit, Loc.it sangatlah asing bagi kita terutama bagi yang belum pernah membuat skripsi atau tugas akhir di bangku kuliah. Bagi yang baru pertama kali menempuh pembuatan skripsi juga tentunya masih Awam mengenai Apa yang dimaksud dengan Ibid, Op.cit, Loc.it tersebut. Oleh sebab itulah, Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas mengenai Ibid, Op.cit, Loc.it, Siapa tahu nantinya bisa bermanfaat bagi pengunjung sekalian.

Apa Yang Dimaksud Dengan Ibid, Op.cit, Loc.it dalam Catatan Kaki

Apa Yang Dimaksud Dengan Ibid, Op.cit, Loc.it dalam Catatan Kaki

Ibid memiliki kepanjangan dari ibidem di mana memiliki arti di tempat yang sama. Apabila sebuah pustaka ataupun sumber yang dikutip di mana belum disisipi sumber dari pustaka lain dan akan dilakukan pengutipan lagi, maka kita cukup memakai Ibid, lalu diikuti dengan penulisan nomor halaman dari buku yang mana kondisinya masih di dalam tempat yang sama. Sebagai contoh adalah ibid. Hal 45. Apabila Ibid tersebut merujuk pada halaman yang sama yang terdapat pada karangan sebelumnya, maka IP tersebut wajib untuk diganti dengan menggunakan Loc.cit

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Makna

Loc.cit memiliki kepanjangan dari Loco citato dimana kata tersebut memiliki arti dikutip dari tempat yang sama. Apabila kita hendak melakukan pengutipan pada sebuah halaman yang sama dan juga dari sumber yang baru saja dilakukan pengutipan dan belum dilakukan penyerangan dari sumber yang lain, maka pada catatan kaki kita cukup menyingkat Loc.cit.

Op.cit. Memiliki kepanjangan dari Opere citato dimana memiliki arti sudah dikutip. Apabila sebuah pustaka maupun sebuah sumber yang sudah dikutip pada catatan kaki serta sudah mengalami penyerangan dari satu ataupun beberapa sumber yang lainnya serta akan dilakukan pengutipan lagi, maka metode penulisan dari catatan kakinya bisa dilakukan dengan disingkat hanya cukup menuliskan op.cit.

Sebagai gambaran umum, Silakan anda Simak beberapa contoh pemakaian Ibid, Op.cit, Loc.it berikut ini:

  1. N.T.T. Humbono, Cara-cara berkenala: Catatan dalam buku, Solo: KIKYP, 2010, hal. 32.
  2. Ibid, hal 76.
  3. Bii Stuve. Lab, Best Books: Approaches, Evaluations and Praticies, Chicago, OH: Indure Publishing Co.LTD, 2000, hal. 54.
  4. Loc.cit.
  5. N.T.T. Humbono, Op.cit., hal 54.
  6. N.T.T. Humbono, Perjalanan panjang, Surabaya: Indah University, 2001, hal 59.
  7. N.T.T. Humbono, Op.cit., 2010, hal 85.
Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Sistem

Penjelasannya adalah sebagai berikut:

2 : dilakukan penulisan “Ibid, halaman 76” yang memiliki maksud merujuk di buku sebelumnya (tanpa adanya selang) yakni sumber N.T.T. Humbono di catatan kaki 1.

4 : dilakukan penulisan “Loc.cit.” Yang memiliki arti merujuk pada buku yang sama dan halaman yang sama pula yang berasal dari catatan kaki sebelumnya yakni sumber Bii Stuve. Lab yang berada pada catatan kaki 3.

5 : dilakukan penulisan “N.T.T. Humbono, Op.cit., hlm 54” yang memiliki arti mengutip kembali dari sumber yang sama yaitu N.T.T. Humbono yang merujuk halaman yang sama pula atau halaman yang berbeda (dalam contoh tersebut dirujuk pada halaman yang lain yakni pada halaman 54). Silahkan diperhatikan : sumber N.T.T. Humbono yang telah diselang oleh Bii Stuve. Lab.

7 : apabila dari penulis yang sama dipakai lebih dari satu buku serta sudah pernah disebutkan diawal, maka dilakukan penulisan nama penulis serta tahun yakni sumber Bii Stuve. Lab di catatan kaki 1.

Demikianlah ulasan singkat mengenai Apa Yang Dimaksud Dengan Ibid, Op.cit, Loc.it. Mudah-mudahan, Bagi anda yang sekarang ini masih kebingungan di dalam penyusunan skripsi akan terpantul dengan ulasan di atas sehingga alur dari penulisan skripsi dan tugas akhir yang Anda kerjakan bisa sesuai dengan yang diharapkan oleh dosen pembimbing dan pada akhirnya bisa menyelesaikan kuliah dengan lebih cepat dan mendapatkan hasil yang sempurna. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Database

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Database

Apa Yang Dimaksud Dengan Database

Sebenarnya, pengertian database sekarang ini bukanlah merupakan hal yang asing lagi. Apalagi bagi Anda yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *