Home / Multimedia / Apa yang dimaksud dengan iklan

Apa yang dimaksud dengan iklan

Apakah anda paham apa yang dimaksud dengan iklan? Iklan secara hakekat merupakan sebuah berita ataupun pesan yang memiliki tujuan guna menginformasikan kepada seluruh masyarakat secara luas serta khalayak ramai mengenai sejumlah jasa ataupun produk yang dimiliki oleh sebuah perusahaan dan siap untuk dipindahkan haknya dengan cara jual beli.

Apa yang dimaksud dengan iklan

Apa yang dimaksud dengan iklan

Dengan bahasa lain, periklanan bisa diartikan sebagai sebuah rangkaian kegiatan yang ditujukan guna melakukan pemasaran pada sebuah jasa ataupun produk yang ditujukan kepada masyarakat tertentu dengan menggunakan sejumlah media tertentu serta menggunakan suatu pesan dan juga berita tertentu.

Menurut seorang ahli yang bernama lofton tahun 2004 menyampaikan bahwa iklan haruslah jelas dan harus dalam kondisi hangat. Oleh sebab itu tentunya harus ada perhatian yang spesial dari hari ke hari guna bisa menyajikan iklan yang terbaru serta pas dengan konteks dari produk yang diiklankan serta bisa mendapatkan perhatian dari khalayak ramai sesuai dengan bidikan dan sasaran iklan tersebut.

Manfaat dari sebuah iklan di dalam proses pemasaran yaitu guna menguatkan sebuah dorongan akan kebutuhan serta sebuah keinginan dari konsumen terhadap sebuah jasa ataupun produk guna mendapatkan pemenuhan kepuasan nya. Supaya sebuah iklan bisa menguatkan tindakan untuk membeli dari konsumen, maka berdasarkan apa yang disampaikan oleh jayakusumah di tahun 1982, setidaknya iklan harus memenuhi adanya kriteria yang disebut aidcda yaitu:

  1. Attention : memiliki daya tarik yang bagus
  2. Interest : memiliki minat dan perhatian yang baik
  3. Desire : menampilkan keinginan minimal untuk mencoba atau bahkan memiliki
  4. Conviction : membuat keyakinan terhadap jasa atau produk yang ditawarkan
  5. Decision : memberikan rasa puas terhadap pemakaian jasa dan produk
  6. Action : mengarahkan ke konsumen untuk melakukan tindakan membeli

Berdasarkan dari konsep di atas, maka tahapan promosi periklanan wajib dilakukan dan dibutuhkan adanya pengetahuan yang cukup baik mengenai pola kebutuhan, pola perilaku dan juga segmen pasar dari masyarakat tertentu.konsep tersebut tentunya memiliki harapan supaya konsumen bisa melakukan sejumlah pembelian secara berkesinambungan.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Receiver ? Beda Receiver Mpeg4 Dengan Mpeg2

Tentunya berbagai macam gaya serta upaya dari sebuah iklan harus mampu untuk mempengaruhi konsumen di dalam mengkonsumsi serta isi iklan tidaklah harus memperdulikan dari status sosial masyarakat yang ditarget. Cak nun memiliki pendapat bahwa “iklan merupakan anak jadah kebudayaan”. Maksudnya adalah bagaimana pembuat iklan mampu untuk mengolah kelemahan yang dimiliki oleh sebuah jasa atau produk menjadi kelebihan yang memiliki fungsi sebagai salah satu bagian ujung tombak pemasaran.

Tujuan pembuatan iklan

Berikut ini adalah beberapa tujuan dari adanya iklan:

  1. Sebagai media informasi dimana iklan adalah salah satu bagian dari media informasi sebuah jasa atau produk yang hendak disampaikan kepada konsumen dan masyarakat secara luas
  2. Sebagai proses berpromosi di mana akan terjadi proses penyampaian sebuah informasi tentang jasa dan produk yang sudah dibuat oleh produsen dan ditujukan kepada penerima pesan ataupun konsumen
  3. Sebagai bentuk komunikasi persuasif dimana penggunaan dari kata dan gaya bujuk rayuannya bisa diterapkan dan dipakai pada sejumlah iklan dimana berguna untuk membuat konsumen terbius serta bisa masuk ke dalam lingkaran konotasi yang sudah dirancang oleh pembuat informasi tersebut. Membuat konsumen bereaksi dimana sejumlah informasi yang disampaikan melalui iklan tentunya bertujuan supaya membuat setiap konsumen memiliki reaksi serta tindakan sehingga bisa dengan cepat memiliki kesadaran untuk melakukan konsumsi terhadap jasa atau produk yang diinformasikan

Pembagian iklan dari proses pendanaannya:

1. Iklan gratis

Sesuai dengan namanya bahwa iklan gratis merupakan iklan yang proses pemasangannya tidak membutuhkan biaya. Proses untuk memasang iklan gratis tersebut bisa dilakukan lewat website website penyedia iklan baris yang bisa anda temukan dengan mudah di internet

2. Iklan berbayar

Merupakan sebuah iklan dimana proses pemasangannya membutuhkan biaya. Iklan berbayar sangat mudah anda temukan di media televisi, radio, poster, koran, reklame dan juga billboard yang tentunya memerlukan pendanaan di dalam proses pemasangannya

Baca Juga:   Cara Membuat Logo Dengan Cepat dan Mudah

Pembagian iklan berdasarkan sifatnya

Apabila kita tengok dari isi yang disampaikan di dalam iklan, maka iklan dibedakan menjadi iklan non komersial dan iklan komersial.

1. Iklan komersial

Iklan komersial merupakan iklan yang isi kontennya berupa tawaran jasa dan barang. Sejumlah besar iklan yang bisa kita temukan di sejumlah tempat adalah jenis iklan komersial.

2. Iklan non komersial

Iklan-iklan yang bersifat non komersial rata-rata juga disebut sebagai iklan layanan masyarakat atau iklan sosial. Tujuan dari proses pembuatan serta penayangan dari iklan layanan masyarakat atau iklan komersial tersebut bukanlah untuk proses penawaran jasa dan barang. Rata-rata, iklan non komersial memiliki tujuan untuk mencapai sebuah kondisi kehidupan yang lebih baik.

Contoh iklan non komersial yang sering kita temukan adalah iklan tentang rokok, iklan tentang narkoba, iklan mengenai pemanasan global, iklan tentang global warming, iklan mengenai penggundulan hutan dan iklan tentang pencemaran air. Contoh-contoh iklan tersebut adalah sebagian kecil dari iklan iklan layanan masyarakat yang sering muncul baik di televisi maupun di media lainnya.

Pembagian iklan berdasarkan media yang dipakai

Berdasarkan media yang digunakan untuk menayangkan iklan, maka iklan dibedakan menjadi dua jenis yaitu:

1. Iklan cetak

Iklan cetak merupakan sebuah iklan yang proses penayangannya dilakukan lewat media cetak. Beberapa contoh iklan yang dicetak diantaranya adalah baliho, spanduk, reklame, poster, flyer, iklan baris di koran dan juga selebaran.

2. Iklan elektronika

Iklan elektronika merupakan iklan yang proses penayangannya dilakukan di media elektronik. Beberapa contoh dari iklan elektronika adalah iklan di radio, iklan di televisi, serta iklan di internet. Sementara itu, iklan di internet juga masih dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu iklan baris, iklan banner, iklan streaming dan beberapa ikan lainnya.

Pembagian iklim berdasarkan efektivitasnya

Sesuai dengan efektivitas dari iklan yang ditayangkan, maka iklan dibagi menjadi dua jenis yaitu iklan yang efektif dan iklan yang kurang efektif

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Kamera Serta Sejarahnya

1. Iklan efektif

Iklan efektif merupakan sebuah iklan yang bisa menyampaikan segala macam informasi yang hendak disampaikan oleh pemasang iklan dengan baik dan benar. Beberapa faktor yang menentukan efektivitas dari sebuah iklan yaitu mengenai kesederhanaan bahasa yang digunakan serta kepadatan materi yang hendak disampaikan.

2. Iklan kurang efektif

Jenis iklan ini merupakan kebalikan dari iklan efektif di mana iklan tersebut tidak mampu untuk menyampaikan sejumlah hal yang hendak disampaikan kepada target tujuannya. Beberapa faktor yang menyebabkan iklan kurang efektif diantaranya adalah pemakaian bahasa yang cukup rumit, sangat bertele-tele, isi iklan yang terlalu panjang, serta adanya konten yang kurang bisa dipahami oleh setiap penerima dari iklan tersebut.

Beberapa kriteria dan syarat-syarat iklan supaya dikategorikan dalam iklan yang baik

1. Dari sisi bahasa iklan

  • Harus memakai kata-kata yang dipilih dengan tepat, sopan, menarik dan juga logis
  • Bisa memakai sebuah majas atau ungkapan yang dipakai untuk meningkatkan sugestif dan memikat setiap konsumen
  • Dibuat dengan cukup singkat serta mampu menonjolkan bagian-bagian yang cukup penting

2. Dari sisi isi iklan

  • Jujur serta objektif
  • Jelas dan singkat
  • Tidak menyinggung produsen lain atau golongan lain
  • Bisa menarik perhatian masyarakat banyak

Itulah penjabaran yang cukup lebar mengenai apa yang dimaksud dengan iklan serta sejumlah hal yang mendukung tentang proses pembuatan iklan. Mudah-mudahan, artikel yang cukup panjang pada kesempatan kali ini mampu memberikan kepada anda sebuah wawasan serta ilmu baru di dunia periklanan sehingga anda memiliki kemampuan tambahan di dalam proses pembuatan iklan yang baik sehingga sejumlah jasa dan produk yang anda tawarkan akan semakin laris dan pada akhirnya akan membuat keuntungan anda semakin meningkat. Terimakasih dan selamat praktek.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Receiver Beda Receiver Mpeg4 Dengan Mpeg2

Apa Yang Dimaksud Dengan Receiver ? Beda Receiver Mpeg4 Dengan Mpeg2

Akhir-akhir ini, kata receiver mpeg4 cukup sering didengar di telinga kita. Untuk itulah, pada kesempatan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *