Home / Umum / Usaha / Apa Yang Dimaksud Dengan Importir

Apa Yang Dimaksud Dengan Importir

Dunia perdagangan yang sudah merambah ke perdagangan antarnegara tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah ekspor dan impor. Salah satu bagian di dalam istilah ekspor dan impor adalah istilah eksportir dan importir. Pada ulasan kali ini saya akan mencoba membahas Salah satu bagian tersebut, yaitu Apa yang dimaksud dengan importir. Hal tersebut tentunya perlu kita pelajari bersama supaya wawasan kita di dalam bidang perdagangan secara internasional bisa terus berkembang.

Apa Yang Dimaksud Dengan Importir

Apa yang dimaksud dengan importir

Yang dimaksud dengan importir Merupakan sekumpulan ataupun seseorang yang melakukan impor barang yang berasal dari luar negeri untuk bisa masuk ke wilayah dalam negeri yang memiliki tujuan guna mendapatkan keuntungan dari sisi bisnis. Bisa dikatakan pula bahwa importir merupakan sebuah lembaga ataupun badan usaha yang dimiliki oleh perorangan ataupun organisasi baik itu yang sudah berbentuk hukum maupun yang belum berbentuk hukum. Hal tersebut merupakan definisi dari importir berdasarkan undang-undang perdagangan pada pasal 1 di angka 19.

Baca Juga:   Perhitungan Gaji Karyawan Swasta

Jenis-jenis importir

Untuk memahami lebih lanjut mengenai Apa yang dimaksud dengan importir, maka tentunya dibutuhkan beberapa contoh dari pelaku impor atau importir. Di bawah ini adalah sejumlah contoh dari pelaku impor atau importir yangmungkin saja Anda sudah mengenalnya.

1. Approved importer atau approved traders

Approved importer merupakan sejumlah pengusaha di bidang impor biasa yang memiliki sejumlah kedudukan cukup istimewa di dalam Departemen perdagangan guna melaksanakan sejumlah kegiatan impor di sejumlah komoditi tertentu serta memiliki tujuan khusus. Rata-rata, hanya ada komoditi tertentu yang dianggap cukup penting oleh Departemen perdagangan tersebut.

2. Pengusaha impor atau import Merchant

Import merchant merupakan sebuah badan usaha yang sudah memiliki izin usaha dari pemerintah yang berupa tanda pengenal pengakuan impor atau TAPPI. Para impor merchant dibatasi hanya memiliki kemampuan di dalam melakukan impor sejumlah barang-barang yang memiliki karakter tertentu atau khusus saja yang sebelumnya sudah tertulis pada izin usahanya. Dengan kata lain, impor merchant tidak boleh dan tidak bisa serta tidak dapat untuk melakukan impor barang yang tidak terdapat pada izin usahanya

Baca Juga:   Perhitungan Gaji Lembur

3. Impor umum

Impor umum merupakan sebuah perusahaan impor yang dapat melakukan pengimporan sejumlah barang dengan jenis yang beraneka ragam. Secara umum, trading house atau Wisma dagang merupakan importir umum yang sudah mendapatkan status dari pemerintah untuk bisa melakukan impor beraneka ragam jenis barang dagangan. Tentunya, importir umum tersebut bisa melakukan pengimporan barang berbagai macam jenis mulai dari barang kelontong sampai dengan sejumlah barang instalasi pabrik dengan jumlah yang cukup banyak atau massal.

4. Solo agen importer

Solo agen inverter merupakan sebuah perusahaan yang berada di luar negeri di mana memiliki fungsi guna memasarkan barang-barang di Indonesia dan secara umum merujuk kepada sebuah agen tunggal atau bisa juga dengan membuat sebuah kantor perwakilan guna melakukan pengimporan hasil dari produksi perusahaan mereka yang ada di luar negeri supaya bisa masuk ke dalam negara Indonesia.

5. Importir terbatas

Importir terbatas merupakan sebuah perusahaan penanaman modal asing atau PAM dan juga penanaman modal dalam negeri atau PMDN. Kedua jenis perusahaan tersebut tentunya sudah memiliki izin di dalam melakukan pengimporan mesin-mesin ataupun pengimporan bahan baku yang digunakan baik untuk keperluan sendiri dan tidak boleh untuk dijual lagi.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Trading

Itulah sejumlah gambaran mengenai Apa yang dimaksud dengan importir. Mudah-mudahan beberapa pengertian dari importir sekaligus beberapa contoh dari importir mampu memberikan gambaran kepada anda yang ingin memajukan usahanya di bidang importir atau hanya sekedar ingin mendapatkan wawasan baru tentang istilah importir tersebut. Terima kasih dan semoga bermanfaat untuk pengunjung sekalian.

Artikel menarik lainnya

Arti Dari Reservasi Pada Beberapa Konteks

Arti Dari Reservasi Pada Beberapa Konteks

Apakah anda mengetahui apa arti dari reservasi? Mungkin saja, sebagian dari Anda yang sedang membaca …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *