Home / Umum / Sosial / Apa Yang Dimaksud Dengan Integritas

Apa Yang Dimaksud Dengan Integritas

Apabila kita mendengar kata integritas, mungkin saja hal yang pertama kali keringat dipikiran kita adalah mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kepemimpinan. Lantas apa yang dimaksud dengan integritas? Metode serta permasalahan dari sisi kepemimpinan memang kadangkala selalu dikaitkan dengan istilah integritas tersebut. Tentunya Banyak pakar yang bergerak di bidang manajemen menyatakan bahwa pada setiap kepemimpinan yang berhasil selalu didasari dengan adanya pola integritas yang tinggi dan baik. Menurut setiap ahli bahwa tanpa memiliki adanya integritas yang baik dan tinggi, maka bisa dipastikan proses kepemimpinan yang dilakukannya tidak akan berhasil dan juga tidak akan pernah sukses.

Apa Yang Dimaksud Dengan Integritas

Apa yang dimaksud dengan integritas?

Lalu, apa yang dimaksud dengan integritas tersebut? Sebenarnya, kata integritas pada awal mulanya berasal dari kata integer yang memiliki arti lengkap yaitu merupakan suatu usaha yang lengkap dan utuh dan dilakukan dengan dasar kejujuran, kualitas, dan juga konsistensi dari seseorang berdasarkan karakter yang dimilikinya.

Pengertian integritas berdasarkan pendapat dari para ahli

Di bawah ini adalah sejumlah pengertian integritas yang sudah dilontarkan oleh beberapa ahli. Silahkan anda Simak.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Nusantara

1. Pengertian integritas menurut Henry cloud

Berdasarkan pendapat Henry cloud, pada saat kita sedang membicarakan tentang integritas, maka hal tersebut tentunya tidak akan bisa terlepas dari sebuah proses dan upaya guna menjadikan orang yang utuh serta terpadu pada setiap bagian diri yang saling berlainan, dimana bisa bekerja dengan baik serta menjalankan peranannya sesuai dengan yang sudah dibuat atau dirancang sebelumnya. Tentunya, integritas seseorang sangat berkaitan dengan kondisi keefektifan serta keutuhan tiap individu sebagai manusia.

2. Pengertian integritas menurut KBBI

Berdasarkan KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia menyatakan bahwa integritas merupakan sebuah sifat, sebuah mutu serta keadaan yang mampu memberikan gambaran tentang kesatuan yang utuh, Sehingga nantinya mempunyai kemampuan dan potensi di dalam memancarkan kejujuran serta kewibawaan.

3. Pengertian integritas menurut Ippho Santoso

Berdasarkan apa yang sudah disampaikan oleh Ippho Santoso, integritas tentunya bisa diartikan sebagai sebuah proses penyatuan terhadap perkataan, pikiran serta perbuatan guna melahirkan kepercayaan dan reputasi. Apabila melihat dari sumber katanya, kata integritas tentunya mempunyai arti yaitu berbicara dengan utuh beserta lengkap dan sepenuh-penuhnya.

Baca Juga:   Cara Menghitung Laju Pertumbuhan Ekonomi

4. Pengertian integritas menurut Andreas Harefa

Berdasarkan pendapat Andreas Harefa mengatakan bahwa integritas adalah kunci yang bisa diamati sebanyak tiga jenis yaitu proses memenuhi komitmen, proses menunjukkan kejujuran serta proses di dalam mengerjakan suatu hal dengan sangat konsisten.

5. Pengertian integritas secara internasional

Integritas nasional memang selalu dihubung-hubungkan serta dikaitkan dengan pola kepemimpinan. Tentunya, istilah integrasi nasional kerapkali disangkutpautkan dengan kata nasional. Lalu, apa sebenarnya makna dari integritas nasional? Apabila dijabarkan dengan sederhana, integritas nasional adalah sebuah integritas yang dilaksanakan di dalam menjalankan sebuah tata negara.

Apabila makna integritas nasional dijabarkan dengan lebih luas lagi, maka bisa diartikan bahwa integritas nasional adalah sebuah hasrat dan juga kesadaran yang timbul dengan berkelanjutan pada setiap orang Yang menetap, tinggal serta mengelola pada sebuah negara guna dapat melakukan pengembangan serta menarik negara yang dihuninya menjadi lebih maju dan lebih baik.

Di wilayah negara Indonesia dilaksanakan secara bersamaan di tanggal 28 Oktober 1928, di mana pada tanggal tersebut terjadi sebuah Sumpah Pemuda. Pada saat itu, seluruh pemuda yang ada di Indonesia secara bersama-sama dan serempak bekerja sama di dalam melawan penjajahan di atas bumi Indonesia serta tanpa gentar memperjuangkan Indonesia menjadi Merdeka.

Baca Juga:   Arti Dari Privasi Yang Sering Kita Dengar

Itulah penjelasan singkat mengenai Apa yang dimaksud dengan integritas. Mudah-mudahan, rasa penasaran anda tentang kalimat integritas tersebut mampu menjawab sejumlah pertanyaan yang anda miliki sekarang ini dan anda bisa terus mendapatkan ilmu pengetahuan dan wawasan baru dengan cara mengunjungi blog sederhana ini secara rutin. Terima kasih.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Mengukur Pertumbuhan Ekonomi

Cara Mengukur Pertumbuhan Ekonomi Pada Sebuah Negara

Apakah anda memahami Bagaimana cara mengukur pertumbuhan ekonomi pada sebuah negara? Ada kemungkinan pertanyaan tersebut …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *