Home / Jaringan / Internet / Apa Yang Dimaksud Dengan Internet dan Manfaatnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Internet dan Manfaatnya

Sejumlah fasilitas yang ditawarkan oleh internet sangatlah menarik untuk bisa dinikmati oleh setiap penggunanya. Oleh sebab itulah internet merupakan salah satu hal yang cukup pesat perkembangannya. Hanya saja, Apakah anda mengetahui secara detail Apa yang dimaksud dengan internet? Anda perlu mengetahui hal-hal semacam itu karena internet merupakan sesuatu hal yang sering kali ditanyakan oleh orang lain, bahkan pada pelajaran pun sering ditanyakan pengertian tentang internet.

Apa Yang Dimaksud Dengan Internet dan Manfaatnya

Selain Kita bisa menanyakan ke orang lain, kita tentunya bisa mencari jawaban atas pertanyaan apa yang dimaksud dengan internet di beberapa website untuk tanya jawab, seperti brainly, Yahoo Answer, dan sejumlah situs-situs tanya jawab lainnya. Untuk membantu anda di dalam memahami pengertian tentang internet, pada ulasan kali ini, saya juga akan mencoba untuk mengulas sekelumit tentang apa yang dimaksud dengan internet.

Apa yang dimaksud dengan internet?

Bisa dikatakan, internet merupakan Komputer yang saling berkomunikasi dan saling berhubungan dengan menggunakan sebuah sistem yang disebut dengan istilah TCP IP atau transmission control Protocol/ internet Protocol yang digunakan sebagai bagian dari protokol pertukaran paket atau dikenal pula dengan istilah Packet Switching communication Protocol guna memberikan pelayanan bagi setiap pemakainya di seluruh penjuru dunia. Pengertian tersebut diambil dari sebuah situs ensiklopedia terbesar saat ini yaitu Wikipedia.

Baca Juga:   Cara Menjalankan Website di LocalHost

Lalu, Apakah singkatan dari internet? Internet memiliki kepanjangan dari interconnection networking dimana apabila kita Translate ke dalam bahasa Indonesia mempunyai arti jaringan yang saling berhubungan. Sementara itu, ada sebuah situs yang bernama webopedia yang memberikan sebuah ulasan khusus tentang internet. Menurut situs tersebut yang dimaksud dengan internet adalah sebagai sebuah jaringan besar dan global yang bisa menghubungkan banyak sekali komputer ( jutaan atau bahkan milyaran) dan bisa menghubungkan komputer antar negara dengan jumlah 190 negara yang bisa melakukan pertukaran berita pertukaran data dan juga pertukaran opini.

Dengan pesatnya perkembangan dari teknologi komunikasi dan informasi, sekarang ini tidak hanya komputer atau laptop yang bisa saling berkomunikasi. Akan tetapi sejumlah perangkat yang lainnya seperti handphone, Smartphone Apple tablet serta beberapa gadget lain pun bisa dengan mudah untuk berkomunikasi.

Apabila kita lihat dari sejumlah pengertian di atas, maka kita bisa mengambil sebuah kesimpulan bahwa yang dimaksud dengan internet adalah sebuah jaringan yang bisamenyambungkan banyak sekali perangkat yang bekerja dengan basis teknologi di berbagai macam belahan dunia, misalnya adalah smartphone, komputer, tablet, handphone dan sejumlah perangkat teknologi lainnya.

Pada saat ini sampai milyaran pengguna bisa saling berhubungan dan saling berkomunikasi dengan adanya teknologi internetsemua penggunanya bisa saling berkomunikasi walaupun jaraknya sangat jauh.

Baca Juga:   Tutorial Bagaimana Cara Menjalankan Internet Explorer

Manfaat dari internet

Lalu, Apa manfaat dari adanya internet tersebut? Setelah anda memahami sejumlah pengertian dari internet, maka selanjutnya Mari kita bahas mengenai kegunaan dan manfaat dari media internet tersebut. Tentunya, internet mempunyai banyak dampak positif yang bisa dinikmati oleh setiap penggunanya. Akan tetapi, disamping adanya banyak dampak positif, internet juga memiliki banyak dampak negatif. Oleh sebab itulah sebagai seorang pengguna kita harus selalu pijaki dalam memanfaatkan internetkita bisa memaksimalkan dampak positif serta meminimalisir banyaknya dampak negatif dari internet. Untuk itulah Mari kita ulas satu demi satu fungsi dan manfaat dari internet

  1. Internet bisa digunakan untuk membuat komunikasi jarak jauh menjadi lebih murah dan mudah. Dengan adanya fasilitas seperti whatsapp apa yang Facebook dan Skype tentunya akan membuat kita bisa semakin mudah di dalam berkomunikasi.
  2. Bisa dengan mudah menambah ilmu pengetahuan dan wawasan. Kita dapat dengan mudah mencari sejumlah referensi yang tentunya bisa dengan mudah untuk menambah ilmu dan wawasan serta juga ilmu pengetahuan dengan mengakses beberapa situs seperti wikihow dan Wikipedia.
  3. Internet juga merupakan salah satu media hiburan yang bisa menemani hari-hari anda. Dengan adanya jaringan internet, maka kita tidak perlu lagi untuk pergi ke gedung bioskop hanya untuk melihat film. Bahkan, anda juga bisa bermain game secara online langsung di komputer anda yang sudah terkoneksi kan di internet.
  4. Internet juga merupakan salah satu bagian media pembelajaran yang cukup efisien dan efektif. Anda perlu mengetahui bahwa di internet sudah tersedia banyak sekali media pembelajaran yang bisa dimanfaatkan, bahkan tentunya lebih variatif dan lebih interaktif karena adanya dukungan video dan gambar.
  5. Proses jual beli bisa dilakukan dengan lebih mudah hanya lewat komputer yang terkoneksi kan oleh internet. Kondisi ini tentunya harus kita syukuri karena sekarang ini kita sudah tidak perlu direpotkan dengan belanja barang-barang yang susah untuk dicari. Kita bisa membeli sesuatu dengan sangat mudah dan tentunya sangat menghemat waktu.
Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan SSL

Itulah sejumlah bagian tentang apa yang dimaksud dengan internet serta penjabaran mengenai beberapa manfaat positif yang bisa dinikmati dari adanya jaringan internet. Sebenarnya, manfaat-manfaat positif lainnya bisa kita dapatkan dari adanya internet. Salah satu contohnya adalah mudahnya di dalam mencari pekerjaan serta internet juga bisa digunakan sebagai lahan bekerja yang sering disebut dengan istilah berbisnis secara online. Mudah-mudahan, artikel ini bisa berguna dan bermanfaat bagi pengunjung sekalian. Terima kasih.

Artikel menarik lainnya

Arti Dari Email Beserta Manfaatnya

Arti Dari Email Beserta Manfaatnya

Pada posting kali ini, saya akan mencoba membahas mengenai arti dari email lengkap dengan sejumlah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *