Home / Jaringan / Internet / Apa Yang Dimaksud Dengan ISP

Apa Yang Dimaksud Dengan ISP

Para pengguna jaringan internet tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah ISP. Namun, untuk lebih mendalami materi tentang ISP, maka pada kesempatan yang baik ini, saya akan mencoba mengulas ulang Apa yang dimaksud dengan ISP tersebut. Bisa dikatakan, jaringan internet merupakan sebuah jaringan komputer yang luas wilayah cakupannya luar biasa. Dengan adanya jaringan internet akan membuat sejumlah informasi yang dibutuhkan oleh setiap penggunanya bisa diperoleh dengan sangat cepat dan hanya memerlukan biaya yang murah.

Apa Yang Dimaksud Dengan ISP

Jaringan internet tentunya bisa dengan mudah diakses dengan bantuan koneksi internet. Koneksi internet tersebutlah yang bisa anda peroleh dengan bantuan ISP atau internet service provider. Jadi, bisa disimpulkan bahwa ISP atau internet service provider adalah sebuah provider yang bertugas untuk memberikan jasa pelayanan pada koneksi internet.

Apa yang dimaksud dengan ISP?

Seperti yang sudah di singgung diatas bahwa internet service provider atau ISP merupakan sebuah provider atau perusahaan yang memiliki peranan di dalam menyediakan layanan layanan pada jasa penyambungan koneksi internet serta jasa lainnya yang ada kaitan nya dengan internet. ISP tentunya mempunyai sejumlah infrastruktur sebagai bagian sarana telekomunikasi untuk menghubungkan antar komputer.

Baca Juga:   Cara Mendengarkan Lagu Online dan Gratis

Ia juga memiliki tugas untuk membagi berbagai macam kapasitas koneksi yang ada pada internet yang nantinya akan digunakan oleh setiap penggunanya di dalam menggunakan jasa jaringan internet tersebut. Rata-rata, proses langganannya sudah diatur sebelum pemakaian internet tersebut. Ada yang menggunakan model sistem langganan bulanan ada juga yang menggunakan sistem langganan berupa penggunaan kuota.

Tentunya, Keberadaan dari internet service provider atau ISP saat ini sangatlah dibutuhkan peranannya. Keunggulan serta keandalan yang dimiliki oleh internet service provider nantinya akan sangat mempengaruhi pada kecepatan koneksi internet dari masing-masing peralatan. Oleh sebab itulah, Anda harus memperhatikan beberapa hal sebelum menentukan untuk berlangganan pada salah satu provider ISP.

Hal-hal yang perlu diperhatikan di dalam menentukan ISP:

1. Kecepatan transfer data

Informasi tentang kecepatan transfer data harus benar-benar anda tanyakan dan anda dapatkan informasinya pada sejumlah penawaran internet oleh ISP-ISP tertentu. Bisa dikatakan bahwa masing-masing ISP tentunya memiliki kecepatan transfer yang berbeda. Semakin bagus sebuah provider, maka akan memiliki kecepatan transfer yang semakin cepat.

2. Jenis modem yang digunakan

Di dalam menyambungkan koneksi internet, ISP juga memiliki dan menggunakan modem yang berbeda-beda. Anda bisa memilih penggunaan modem digital yang ditawarkan oleh ISP di mana sudah memakai kabel serta modem yang mendukung teknologi 3G dan juga sambungan internet yang memakai teknologi wireless.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Kuota

3. Jumlah sambungan internet

Anda harus mengetahui pula Berapa jumlah pengguna yang tersambung pada masing-masing slot yang sudah disediakan oleh ISP. Untuk menghindari lambatnya kecepatan koneksi internet, maka secara umum sambungan maksimal adalah 10 pengguna untuk tiap slot yang disediakan.

4. Fitur tambahan

Iasb akan dikatakan semakin bagus apabila mampu untuk menawarkan fasilitas-fasilitas serta fitur tambahan guna semakin mempermudah anda di dalam mendapatkan koneksi internet.

Beberapa contoh internet service provider

1. Telkom Speedy

Telkom Speedy merupakan salah satu ISP yang ada di bawah naungan PT Telkom Indonesia. Berdasarkan pengalaman, koneksi internet yang ditawarkan oleh Telkom Speedy sangatlah stabil. Untuk lebih jelasnya, anda bisa mengunjungi situs resmi dari Telkom Speedy pada alamat telkomspeedy.com

2. Astinet atau access service dedicated itu internet

Astina juga merupakan salah satu produk yang ditawarkan dibawah PT Telkom Indonesia. Aspek tersebut memberikan penawaran pada jasa untuk penyambungan internet dengan skala yang cukup besar. Untuk informasi lebih lanjut mengenai astinet, anda bisa mengunjungi halaman resmi di telkomspeedy.com/telkomnet-astinet

Baca Juga:   Cara Mendengarkan Lagu Di Facebook

3. IM2

M2 merupakan ISP yang berada dibawah naungan PT Indosat. Selain sebagai penyedia layanan internet, itu juga memberikan pelayanan pada penyewaan domain dan jasa hosting. Untuk lebih lengkapnya, anda bisa mengunjungi website Indosatm2.com.

4. Centrin

Centrin berada di bawah naungan PT centrin online. Provider tersebut memberikan penawaran yang cukup bagus yaitu layanan pada jasa pemasangan koneksi internet dengan memakai sebuah infrastruktur yang cukup canggih. Untuk melihat kecanggihan kecanggihan yang ditawarkan, maka anda bisa mengunjungi halaman website centrin.net.id.

5. Provider Seluler lainnya

Sekarang ini, hampir seluruh provider seluler menyediakan akses data untuk Berselancar Di Internet. Rata-rata, layanan internet Dari provider seluler menawarkan dalam basis kuota. Tentunya, koneksi internet berbasis kuota sangat cocok bagi Anda yang hanya ingin berinternet saja tanpa membutuhkan kuota yang besar.

Demikianlah penjabaran singkat mengenai Apa yang dimaksud dengan ISP beserta manfaat dan juga contoh-contoh ISP yang ada di Indonesia. Mudah-mudahan, sekelumit informasi ini mampu memberikan wawasan baru bagi pengunjung sekalian tentang internet service provider atau jasa di dalam pemasangan jaringan internet. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Artikel menarik lainnya

Arti Dari Email Beserta Manfaatnya

Arti Dari Email Beserta Manfaatnya

Pada posting kali ini, saya akan mencoba membahas mengenai arti dari email lengkap dengan sejumlah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *