Home / Umum / Usaha / Apa Yang Dimaksud Dengan Jasa

Apa Yang Dimaksud Dengan Jasa

Pada posting kali ini, Mari kita belajar Apa yang dimaksud dengan jasa. Pengertian jasa tentunya perlu kita ketahui bersama karena istilah jasa seringkali digunakan di kehidupan sehari-hari, terutama pada bidang pekerjaan yang wujud produknya tidak terlihat. Menurut apa yang disampaikan oleh djaslim Saladin pada tahun 2004 menyampaikan bahwa jasa merupakan sejumlah kegiatan maupun manfaat yang diberikan oleh satu pihak kepada pihak yang lainnya yang secara umum tidak memiliki wujud dan juga tidak menghasilkan sebuah kepemilikan apa pun. Keseluruhan dari kegiatan produksinya mungkin juga tidak berkaitan dengan adanya sebuah produk yang memiliki bentuk atau fisik.

Apa Yang Dimaksud Dengan Jasa

Sementara itu, berdasarkan pendapat Bitner dan Zeithaml pada tahun 2005 yang dikutip oleh Ratih hurriyati menyampaikan bahwa pengertian jasa merupakan segala macam kegiatan maupun aktivitas yang berkaitan dengan ekonomi serta menghasilkan Sesuatu selain produk yang memiliki bentuk secara fisik serta bisa diproduksi dan juga dikonsumsi di saat yang bersamaan dan memiliki sebuah nilai tambah serta pada umumnya tidak memiliki wujud atau intangible yang berlaku pada pembeli perdana nya.

Ciri-ciri jasa:

Setelah kita memahami beberapa pengertian jasa menurut beberapa ahli diatas, maka tentunya kita bisa menyimpulkan bahwa yang namanya jasa mempunyaiciri-ciri yaitu sebagai berikut:

  1. Segala macam sesuatu yang tidak memiliki wujud, namun bisa digunakan untuk memenuhi segala macam keperluan dari konsumen
  2. Pada proses pembuatan sebuah jasa bisa memakai maupun tidak memakai bantuan dari sebuah produk yang memiliki bentuk fisik
  3. Sebuah jasa tentunya tidak menyebabkan adanya peralihan pada hak maupun kepemilikan
  4. Adanya Interaksi yang terjadi antara pengguna jasa dan penyedia jasa
Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Pengusaha

Kategori penawaran

Ada lima kategori penawaran yang bisa kita dapatkan, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Pure tangible good atau barang berwujud murni

Proses penawaran ini hanya dilakukan pada produk fisik saja. Tentunya, pada bagian ini tidak terdapat adanya jasa pelayanan. Salah satu contohnya adalah pasta gigi, sabun, shampo serta beberapa produk lainnya

2. Sebuah barang yang memiliki bentuk fisik serta dilengkapi jasa pendukungnya

Sebuah produk yang memiliki bentuk fisik lengkap dengan jasa pendukungnya adalah sebuah penawaran yang didalamnya terdiri dari penawaran produk yang memiliki bentuk fisik serta diikuti dengan adanya sejumlah jasa yang berfungsi untuk meningkatkan proses promosi sekaligus daya tarik setiap konsumen yang. Salah satu contohnya adalah pada proses penjualan sepeda motor di mana ada sebuah garansi atau jaminan, contohnya adalah diberikan adanya servis kerusakan selama 1 tahun.

3. Hybrid atau jasa campuran

Yang dimaksud dengan jasa campuran adalah proses penawaran jasa dan penawaran barang dengan tingkat proporsi yang seimbang atau sama. Salah satu contohnya adalah produk makanan yang ditawarkan pada restoran yang dilengkapi dengan proses pelayanan yang sangat memadai.

4. Jasa utama yang dilengkapi dengan sejumlah jasa tambahan dan juga barang-barang

Proses penawaran Yang di dalamnya disediakan sebuah jasa utama yang diikuti dengan adanya jasa-jasa tambahan ataupun pelengkap Serta adanya barang yang digunakan untuk mendukung jasa utamanya. Salah satu contohnya adalah pada penumpang pesawat yang menggunakan jasa transportasi atau angkutan di saat sedang menempuh perjalanan terdapat sejumlah produk fisik yang ikut terlibat seperti koran, makanan dan lain sebagainya.

Baca Juga:   Cara Menjalankan Usaha Agar Sukses

5. Pure service atau jasa murni

Pengertian dari jasa murni adalah sebuah tawaran yang hanya terdiri dari jasa saja. Contohnya adalah konsultasi psikologi, panti pijat, dan lain sebagainya

Karakter pada jasa

Secara umum, jasa memiliki karakter utama sejumlah 4 yang mana karakter tersebut akan sangat berpengaruh pada adanya rancangan program pemasaran. Karakter pada jari tersebut yaitu:

1. Intangibility atau tidak berwujud

Sebuah jasa memiliki karakter yang tidak memiliki wujud karena memang tidak dapat dirasa, tidak dapat dilihat, tidak dapat diraba, tidak dapat didengar, dan juga tidak dapat dicium sebelum terjadinya proses transaksi pembelian jasa tersebut

2. Inspirability atau tidak bisa dipisahkan

Jasa merupakan sebuah bentuk yang tentunya tidak bisa terpisahkan dari sumbernya. Beberapa sumber yang bisa membuat jasa adalah mesin maupun orang baik itu sumber yang hadir ataupun tidak, Baik yang berupa produk fisik maupun produk yang tidak berwujud

3. Variability atau berubah-ubah

Jasa sebenarnya cukuplah mudah mengalami perubahan. Hal tersebut disebabkan karena jasa memiliki sifat sangat bergantung kepada siapa yang memberikan, Kapan diberikan serta Kapan diberikan.

4. Perishability atau mudah lenyap

Jasa memiliki daya tahan yang cukup baik manakala sebuah permintaan selalu ada dan bisa berlangsung dengan baik. Namun, ketika sebuah permintaan jasa mengalami penurunan, maka tentunya akan menjadi masalah yang cukup sulit serta akan membuat jasa mudah hilang.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Pekerjaan

Strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan yang bergerak di bidang jasa

Ada sejumlah strategi pemasaran yang sering dilakukan dalam dunia usaha yang berkaitan dengan jasa yaitu sebagai berikut:

1. Eksternal marketing atau pemasaran eksternal

Strategi yang dilakukan pada proses pemasaran eksternal ini sering dikenal dengan istilah 4P yaitu produk, price, promotion dan place

2. Internal marketing atau pemasaran internal

Proses pemasaran jasa tidak hanya bisa dilakukan dengan proses eksternal marketing, namun juga harus diimbangi dengan proses peningkatan pada kualitas serta keterampilan dari setiap bagian yang ada di dalam perusahaan tersebut. Di dalamnya harus terdapat adanya sebuah tim yang tangguh yang tentunya bisa bergerak untuk menghadapi sejumlah pelanggan Sehingga nantinya akan memiliki kesan yang cukup baik serta meyakinkan bagi setiap pelanggannya.

3. Interactive marketing atau pemasaran interaktif

Letak dari adanya kepuasan konsumen tentunya tidak hanya pada mutu layanan jasa, namun juga harus diikuti dengan adanya Peningkatan pada service quality yang baik supaya benar-benar memberikan peningkatan pelayanan yang baik.

Demikianlah penjabaran singkat mengenai Apa yang dimaksud dengan jasa lengkap dengan sejumlah hal yang berkaitan dengan jasa tersebut. Setelah anda memahami sejumlah hal yang berkaitan dengan jasa di atas, maka sekarang ini anda sudah benar-benar memahami Bagaimana proses mengembangkan sebuah usaha dibidang jasa sehingga proses promosi serta produksi pada usaha yang Anda kerjakan bisa berjalan dengan lancar dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Terima kasih dan salam sukses untuk Anda semuanya.

Artikel menarik lainnya

Arti Dari Reservasi Pada Beberapa Konteks

Arti Dari Reservasi Pada Beberapa Konteks

Apakah anda mengetahui apa arti dari reservasi? Mungkin saja, sebagian dari Anda yang sedang membaca …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *