Home / Multimedia / Apa Yang Dimaksud Dengan Kamera Serta Sejarahnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Kamera Serta Sejarahnya

Dunia fotografi merupakan sebuah dunia yang tidak bisa dilepas dengan kamera. Hanya saja, bagi sejumlah orang yang masih awam tentang fotografi pastinya akan bertanya-tanya Apa yang dimaksud dengan kamera tersebut. Untuk membantu Anda yang masih Awam tentang pengertian dari kamera, maka pada posting kali ini ijinkan saya untuk membahas mengenai pengertian dari kamera serta sejarah perkembangan kamera.

Apa Yang Dimaksud Dengan Kamera Serta Sejarahnya

Apa yang dimaksud dengan kamera?

Kamera adalah salah satu perlengkapan yang mempunyai fungsi di dalam mengabadikan sebuah objek menjadi gambar dimana gambar tersebut adalah hasil dari proyeksi yang dilakukan pada sistem lensa. Pada awal mulanya, kamera dikenal pula dengan istilah kamera obscura. Kata obscura tersebut memiliki arti ” ruang gelap” yang berasal dari bahasa latin.

Camera obscura merupakan peralatan yang didalamnya terbentuk dari kotak dan ruang gelap di mana dapat memantulkan cahaya yang memakai lensa konveks sebanyak 2 buah. Kemudian, kamera obscura tersebut akan meletakkan gambar Hasil bidikan pada sebuah film atau kertas. Proses peletakan film tersebut dilakukan di bagian pusat Fokus dari lensa.

Bagaimana sejarah kamera?

Orang yang berhasil menemukan kamera obscura pertama kali memiliki nama alhazen yang merupakan seorang ilmuwan muslim. Alhazen Kemudian membuat buku pada tahun 1015-1021 yang diberi judul book of optics yang didalamnya menjabarkan mengenai kamera obscur.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Periklanan

Pada perkembangan selanjutnya, pada tahun 1660 an di negara Inggris seorang ilmuwan yang memiliki nama Robert Boyle serta asistennya yang bernama Robert Hooke berhasil menciptakan kamera portable obscura. Akan tetapi Johann Zahn adalah orang yang paling pertama berhasil menemukan kamera yang cukup kecil serta praktis yang bisa dipakai pada dunia fotografi di tahun 1685. Rata-rata, kamera kamera fotografi banyak yang mengadopsi prinsip penemuan dari Zahn. Hal tersebut dilatarbelakangi karena sistem dari kamera tersebut memakai slide tambahan yang dipakai guna melakukan fokus pada objek. Sistem kerja dari kamera tersebut yaitu dengan menambahkan bagian plat yang cukup sensitif yang ada di bagian depan lensa kamera sebelum proses pengambilan gambar.

Di periode berikutnya seseorang yang bernama Joseph nicephore niepce di tahun 1826 berhasil membuat kamera serta mempublikasikan gambar yang berasal dari bayangan yang didapat dari kamera tersebut. Gambar yang dihasilkan tersebut kemudian dikenal sebagai foto pertama, yakni sebuah gambaran kapur bagian Atap atap rumah disebut lempengan yang terbuat dari campuran timah. Di tahap berikutnya, Joseph nicephore niepce melakukan kerjasama dengan seseorang yang bernama Louise daguerre di mana Louis juga berhasil melakukan publikasi pada hasil temuannya yang berupa gambar yang diproduksi dari adanya bayangan di sebuah jalan di kota Paris Di bagian pelat tembaga yang memiliki lapisan perak.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Gambar Bitmap

Pada tahun 1833 Niepce meninggal dunia. Namun demikian, sejumlah percobaan tetap dilanjutkan oleh daguerre. Usaha daguerre akhirnya membuahkan hasil di mana di tahun 1837 daguerre berhasil melakukan pengembangan pada sebuah sistem fotografi yang dikenal dengan istilah daguerreotype.Pada tahun tersebut lah pemerintah Perancis memberikan hadiah rumah pensiun selamanya kepada keluarga Niepce dan kepada daguerre Atas temuannya. Hal tersebut juga sudah diberlakukan pada Publik tanpa harus mematenkan nya di tahun 1839.

Di saat itulah, Louise daguerre berhasil menjadi pahlawan yang disebabkan karena penemuannya serta menyebabkan terjadinya kegemparan pada sejumlah penduduk yang mana pada akhirnya membuat Louis daguerre diberi sejumlah penghormatan dan juga penghargaan. Metode yang ada pada daguerreotype sangatlah cepat berkembang sehingga khalayak ramai banyak sekali yang memakainya. Louis daguerre sendiri meninggal pada tahun 1851 di kotanya yang berdekatan dengan Paris.

Seiring dengan berjalannya waktu, perkembangan akan teknologi kamera semakin pesat. Sejumlah pihak bentuknya merasakan akan fungsi serta kebutuhan dari peralatan kamera tersebut. Selain berfungsi sebagai mengambil foto, kamera juga tentunya bisa berfungsi sebagai sebuah kenang-kenangan.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Gambar Vektor

Bahkan, karena perkembangan teknologi kamera yang cukup besar membuat fungsi kamera juga bisa digunakan sebagai perekam benda bergerak. Seperti yang sudah diterapkan pada teknologi kamera zaman sekarang tentunya sudah banyak sekali fitur yang dibenamkan. Sejumlah bidang juga sudah menggunakan teknologi kamera seperti bidang pendidikan, bidang sinematografi, bidang kedokteran sampai dengan bidang pertahanan dan keamanan.

Demikianlah penjabaran singkat mengenai Apa yang dimaksud dengan kamera lengkap dengan sejarah perkembangan yang ada pada kamera.Dengan adanya penjabaran mengenai dunia fotografi tersebut maka pengetahuan kita akan semakin meningkat sehingga pada akhirnya kita bisa menularkan ilmu yang sudah kita miliki tentang kamera kepada orang lain yang membutuhkan. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Receiver Beda Receiver Mpeg4 Dengan Mpeg2

Apa Yang Dimaksud Dengan Receiver ? Beda Receiver Mpeg4 Dengan Mpeg2

Akhir-akhir ini, kata receiver mpeg4 cukup sering didengar di telinga kita. Untuk itulah, pada kesempatan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *