Home / Umum / Sosial / Apa Yang Dimaksud Dengan Kampanye

Apa Yang Dimaksud Dengan Kampanye

Pada saat hendak dilakukan pemilihan kepala daerah atau bahkan presiden pastinya kita sering mendengar istilah kampanye. Namun, Apakah anda mengetahui apa yang dimaksud dengan kampanye? Apabila belum, maka anda berada pada tempat yang tepat karena pada artikel kali ini saya akan mencoba mengulas pengertian tentang kampanye yang mudah-mudahan mampu memberikan gambaran umum kepada anda mengenai arti makna dari istilah kampanye tersebut.

Apa Yang Dimaksud Dengan Kampanye

Apa yang dimaksud dengan kampanye?

Sebenarnya, kampanye adalah sebuah proses kegiatan berkomunikasi pada sebuah kelompok maupun individu yang dikerjakan dengan cara berlembaga serta memiliki tujuan guna mendapatkan sebuah dampak atau efek tertentu. Sementara itu apa di tahun 1987 seseorang yang bernama Rogers dan Storey menjabarkan bahwa kampanye merupakan sebuah rangkaian kegiatan komunikasi yang sudah direncanakan dan memiliki tujuan guna menciptakan sebuah efek khusus pada sebagian besar masyarakat yang dikerjakan dengan cara berkelanjutan pada waktu-waktu tertentu.

Sejumlah ahli di bidang komunikasi telah mengakui bahwa pengertian Kampanye yang disampaikan oleh Rogers dan Storey merupakan pengertian yang sangat populer serta bisa diterima oleh sejumlah ilmuwan di bidang komunikasi. Dasar dari hal tersebut ada dua, yaitu:

  1. Pertama bahwa definisi itu dengan cukup bekas menyampaikan bahwa kampanye adalah sebuah bentuk tindakan berupa komunikasi.
  2. Kedua bahwa Pengertian tersebut bisa mencakup seluruh bagian proses serta fenomena pada praktek kampanye yang sering terjadi di lapangan
Baca Juga:   Biografi Tentang Keluarga Lengkap

Pengertian Kampanye yang disampaikan oleh Rogers dan Storey Juga secara umum diambil oleh banyak ahli yang berasal dari banyak disiplin ilmu yang berbeda-beda, seperti ilmu kesehatan Masyarakat dan Ilmu Politik. Di samping definisi yang disampaikan oleh Rogers dan Storey juga terdapat sejumlah definisi yang mirip dengannya.

Beberapa definisi kampanye dari sejumlah ahli:

1. Pada tahun 1993 oleh Pfau dan Parrot

Kampanye merupakan sebuah proses yang dibuat serta dirancang dengan cukup sadar, dilakukan dengan cara bertahap serta berkelanjutan serta dikerjakan pada sebuah rentang waktu tertentu dan memiliki tujuan guna memberikan pengaruh kepada khalayak yang disasar serta sudah diterapkan.

2. Pada tahun 2002 oleh Leslie B. Snyder

Kampanye komunikasi merupakan sebuah proses tindakan berkomunikasi yang dilakukan secara terorganisasi serta diharapkan kepada layanan tertentu, dilakukan pada periode tertentu pula untuk bisa mencapai sebuah tujuan tertentu.

3. Pada tahun 1981 oleh Rajasundarman

Kampanye merupakan sebuah pemanfaatan dari sejumlah metode komunikasi yang berbeda-beda serta dilakukan secara terkoordinasi dan dikerjakan pada rentang periode tertentu serta ditujukan guna mengarahkan masyarakat kepada sejumlah masalah tertentu, lengkap dengan metode penyelesaiannya.

Baca Juga:   Biografi Tentang Teman Terbaik di SMA

Dengan melihat beberapa pengertian tentang kampanye di atas, maka tentunya kita bisa mendapatkan informasi pada sejumlah aktivitas kampanye komunikasi setidaknya terdapat empat unsur, yaitu sebuah tindakan kampanye yang diarahkan guna mendapatkan sebuah efek maupun dampak khusus, Disasarkan pada masyarakat ataupun khalayak ramai yang memiliki jumlah cukup besar, dilaksanakan di dalam waktu tertentu, serta dilakukan serangkaian ataupun rentetan tindakan komunikasi yang cukup terorganisir.

Selain empat bagian pokok tentang aktivitas komunikasi kampanye di atas, terdapat pula karakter serta ciri-ciri tambahnya yang lain, diantaranya adalah memiliki sumber yang cukup jelas, di mana hal tersebut akan menjadi sebuah perancang, penggagas, penyampai sekaligus pada bagian penanggung jawab di kegiatan kampanye. Hasil akhirnya adalah setiap masyarakat mampu untuk bisa menerima sejumlah Pesan yang disampaikan pada kampanye serta bisa melakukan identifikasi, bahkan melakukan sejumlah evaluasi kredibilitas pada sumber pesan pada kampanye tersebut.

Disamping itu, sejumlah Pesan yang disampaikan pada kampanye juga bersifat terbuka serta dapat didiskusikan. Bahkan, sejumlah Gagasan pokok yang disampaikan pada kampanye juga tentunya cukup bisa dikritisi dan bersifat terbuka. Keterbukaan sifat pada Pesan yang disampaikan di kampanye tentunya dilatarbelakangi karena gagasan serta tujuan kampanye secara umum mengandung adanya tujuan kebaikan yang didasarkan untuk publik. Semua tindakan pada sejumlah kegiatan kampanye tentunya dilandasi oleh sejumlah prinsip yang bersifat persuasif yakni mendorong serta mengajak masyarakat guna bisa melakukan sesuatu serta menerima sejumlah anjuran Yang didasari atase kesukarelaan.

Baca Juga:   Cara Menyesuaikan Diri Dengan Orang Lain

Bisa disimpulkan bahwa pada intinya sebuah kampanye adalah sebuah kegiatan persuasi yang dilakukan secara nyata. Hal tersebut sesuai yang telah diungkapkan oleh Perloff di tahun 1993 yakni yang dimaksud dengan kampanye merupakan tindakan umum pada persuasi.

Demikianlah penjabaran secara umum Apa yang dimaksud dengan kampanye. Intinya, kampanye bukanlah Salah satu hal yang bersifat negatif, namun sebaliknya memiliki sifat yang sangat positif Karena mampu untuk menyampaikan sejumlah pesan yang hendak disampaikan oleh pihak yang berkampanye tersebut. Marilah kita terima sejumlah kampanye yang dilakukan di sekitar kita guna mendapatkan sejumlah manfaat dari Pesan yang disampaikan tersebut. Akhir kata, semoga tulisan sederhana ini bermanfaat untuk anda. Terima kasih.

Artikel menarik lainnya

Contoh Peraturan Di Rumah Untuk Anak

Contoh Peraturan Di Rumah Untuk Anak

Di rumah tentunya ada peraturan yang dibuat untuk seluruh anggota keluarga, ada pula aturan yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *