Home / Umum / Sosial / Apa Yang Dimaksud Dengan Karma

Apa Yang Dimaksud Dengan Karma

Apakah anda memahami apa yang dimaksud dengan karma? Apa sih arti kata karma yang sesungguhnya? Mungkin saja,-nya diantara anda sudah mengetahui dan memahami arti kata dari karma. Namun demikian ada sebagian juga masyarakat yang belum paham arti kata karena sebenarnya. Buluk itu, ijinkan saya membahas tentang apa yang dimaksud dengan karma supaya kita semua memahami secara benar tentang istilah Karma tersebut.

Apa Yang Dimaksud Dengan Karma

Apa Yang Dimaksud Dengan Karma

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI Karma  memiliki dua arti, yakni:

  1. Sejumlah perbuatan setiap manusia yang dilakukan pada saat hidup di dunia, hidup sebagai salah satu kebutuhan yang sekedar mengerjakan Karma
  2. Sebagai bagian dari hukum sebab serta akibat, tidak hanya didalam menguasai manusia namun juga termasuk hukum mutlak pada alam

Apabila dilihat maka hukum karma merupakan hukum yang juga berlaku untuk keseluruhan yang ada di alam. Lalu, mungkin muncul sebuah pertanyaan Apakah Karma juga berlaku dalam hal cinta? Apakah anda sudah pernah memakainya atau bahkan Anda sekarang ini sedang menjalani sebuah Karma tersebut?

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Integritas

Tentunya, pendapat dari masing-masing orang tentunya cukup berbeda. Ada yang percaya mengenai Karma dan juga ada yang sangat tidak percaya tentang Karma. Ada yang sangat-sangat jelas menolak dengan adanya Karma bahwa karena tidak akan pernah ada terhadap apa saja yang dia perkuat.

Bisa dikatakan pula bahwa yang namanya karena merupakan sebuah hukum timbal balik, di mana setiap orang yang melakukan sesuatu nantinya akan mendapatkan balasan dari apa yang diperbuatnya. Intinya, setiap ada sesuatu yang diperbuat nantinya pasti ada konsekuensi yang harus diterimanya.

Kadangkala, ada sebuah hujatan yang ditujukan kepada seseorang Dan menganggap bahwa hal tersebut merupakan sebuah Karma yang disebabkan hal tersebut merupakan timbal balik atas perbuatan yang dilakukan sebelumnya. Entah itu sebuah perbuatan yang dilakukan dengan sadar maupun yang dilakukan tanpa sadar.

Pernah ada sebuah acara di televisi yang sedikit membahas mengenai Karma. Berikut ini adalah sedikit petikan dari acara tersebut.

“Apakah anda pernah diselingkuhin? ”  tanya pembawa acara

“Iya”  jawab dari si bintang tamu

“Lalu, apa yang anda lakukan?”  tanya lagi pembawa acara

“Saya membiarkan saja dan saya nggak apa-apain,  biarkan Karma yang berjalan” jawab lagi dari si bintang tamu

“Lalu, apakah ada Karma yang pernah anda lakukan hingga saat ini kamu diselingkuhin?”  banyak lagi pembawa acaranya

Dari contoh dialog di atas melihat bahwa sebuah Karma memang ada. Pada saat anda melakukan penghujatan kepada  pacar atau mantan mengenai Karma, apakah Anda juga merasa sudah melakukan sesuatu yang anda sedang jalani dari karma tersebut? Pada saat anda sedang menyampaikan mengenai Karma, ternyata pihak pertama yang menjalani Karma merupakan diri anda sendiri.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Belajar

Berikut ini juga ada beberapa pendapat mengenai Karma:

Ada salah satu orang yang memiliki jawaban “tidak tahu”, Hal tersebut dikarenakan dia sudah tidak begitu tertarik dengan bahasan mengenai Karma. Mungkin saja dia memiliki alasan Karena dia sudah memiliki keluarga dan juga sudah memiliki tanggung jawab yang lebih besar serta hal tersebut merupakan hal yang tidak terlalu penting untuk diulas dan dibicarakan.

Ada juga orang yang memiliki jawaban “tidak”. Hal tersebut dilatarbelakangi karena dia sedang  menuntut ilmu yaitu kuliah di bidang ilmu pengetahuan, dan dia menyampaikan bahwa tidak ada istilah Karma. Dia memiliki pikiran bahwa sebuah kondisi yang riil atau nyata serta terlihat jelas dan tentunya tidak ada hal yang mengada-ada.

Ada juga yang menyampaikan pendapat bahwa Karma itu “ada”. Sebagai contohnya adalah pada saat kita dengan sepihak mengakhiri sebuah hubungan maka tentunya kita juga akan bisa merasakan apa yang dirasakan oleh pasangan kita.

Memang, cukup sulit untuk menyimpulkan apa yang dimaksud dengan karma. Namun pada intinya kata karena memang merujuk kepada sebuah hubungan timbal balik dimana Apa yang kita lakukan nantinya kita akan mendapatkan balasannya, namun dalam konteks yang negatif. Mudah-mudahan, ulasan singkat mengenai Apa yang dimaksud dengan karma tersebut mampu memberikan sebuah wacana baru bagi anda sekalian sehingga Anda sedikit mendapatkan pemahaman tentang Karma. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Kampanye

Artikel menarik lainnya

Arti Dari LDR Yang Mungkin Belum Diketahui

Arti Dari LDR Yang Mungkin Belum Diketahui

Apakah anda mengetahui pengertian atau arti dari LDR yang sebenarnya? Kadangkala, kita sering mendengar kata …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *