Home / Hardware / Apa Yang Dimaksud Dengan Komputer

Apa Yang Dimaksud Dengan Komputer

Marilah kita belajar Apa yang dimaksud dengan komputer. Tutorial ini ditulis dengan tujuan supaya masing-masing pengguna komputer cukup paham mengenai pengertian dari komputer secara umum sehingga ilmu dan wawasan di bidang teknologi komputer tersebut selalu berkembang. Dengan adanya ulasan mengenai komputer ini juga diharapkan nantinya setiap pengguna komputer tidak hanya mengetahui bentuk dari komputer secara fisik saja, namun juga mengetahui seluk beluk komputer lebih dalam lagi.

Apa Yang Dimaksud Dengan Komputer

Apa yang dimaksud dengan komputer?

Komputer merupakan sekelompok atau serangkaian mesin Elektronika yang didalamnya terdiri dari ratusan ribu, bahkan jutaan komponen-komponen yang bisa saling bekerjasama, serta bisa membentuk sebuah sistem yang sangat teliti dan sangat rapi. Sistem tersebut kemudian bisa dipakai guna mengerjakan sejumlah rangkaian pekerjaan manusia dengan cara otomatis, tentunya dilakukan berdasarkan urutan-urutan dari perintah maupun program yang dimasukkan ke dalamnya.

Apabila dijabarkan dengan lebih sederhana lagi bahwa komputer merupakan salah satu alat yang bisa menerima sekaligus memproses sejumlah data berdasarkan perintah-perintah program yang sudah tersimpan, lalu memberikan sebuah keluaran atau output melalui perangkat keluaran yang disediakan.

Proses di dalam memanipulasi secara elektronika di dalam komputer tentunya dirancang serta diatur supaya bisa berjalan secara otomatis pada proses penerimaan serta penyimpanan serta pada proses pengeluaran dari hasil pemrosesan yang sudah dikerjakan. Dengan demikian, pekerjaan-pekerjaan yang dimiliki oleh manusia bisa berjalan lebih cepat dan lebih mudah.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Printer Dot Matrix

Bagian-bagian pada komputer

Secara umum, komputer terdiri dari dua bagian yang cukup besar, yaitu perangkat keras atau hardware dan perangkat lunak atau software.

Hardware atau perangkat keras komputer

Perangkat keras atau hardwere ini memiliki bagian dan fungsi sebagai berikut:

  1. CPU atau pemroses yang digunakan sebagai bagian pusat pengolah data
  2. Ram atau Random Access memory merupakan tempat yang berguna untuk menyimpan data dan bersifat sementara
  3. Hardisk atau Hard Drive merupakan media penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan data dan memiliki sifat semi permanen
  4. Perangkat masukan yang merupakan sebuah perangkat dan media yang dipakai guna memasukkan data-data yang nantinya diproses oleh processor atau cpu, seperti keyboard, Mouse dan juga tablet.
  5. Perangkat keluaran yang merupakan media ataupun perangkat yang dipakai guna menampilkan hasil pemrosesan yang dilakukan oleh cpu, seperti speaker, monitor, heatset, proyektor, printer, dan plotter.

Software atau perangkat lunak

Perangkat lunak atau software ini memiliki bagian dan fungsi sebagai berikut:

1. Operating system atau sistem operasi

Sistem operasi merupakan software atau program dasar yang ada pada komputer yang berguna untuk menghubungkan pemakai komputer dengan perangkat keras komputer. Sistem operasi yang biasanya dipakai oleh pengguna komputer adalah Windows, Linux dan juga Mac OS. Fungsi dari sistem operasi adalah guna melakukan pengaturan pada setiap eksekusi program yang berada di atasnya, pada bagian output pemrosesan, koordinasi input, instalasi software dan juga manajemen memori.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Printer LaserJet

2. Program atau software komputer

Software komputer merupakan sebuah software atau aplikasi tambahan yang diinstal sesuai dengan sistem operasi yang digunakan.

Selain dua bagian utama dari komputer, ada juga bagian ketiga yang sangat mempengaruhi kerja dari komputer itu sendiri. Bagian ketiga disebut dengan istilah pengguna atau brainware. Tanpa adanya brainware atau pengguna maka komputer tidak akan bisa beroperasi atau bekerja.

Sistem kerja komputer

Secara umum, sistem kerja komputer dibagi menjadi tiga bagian, yakni:

  1. Proses input, merupakan sebuah proses atau kegiatan memasukkan perintah atau data yang bisa dilakukan menggunakan perangkat input seperti keyboard atau Mouse
  2. Proses pemrosesan merupakan sebuah proses yang dilakukan setelah data diinput. Bagian ini dilakukan atau dikerjakan oleh CPU atau prosesor
  3. Proses output merupakan proses penampilan dari hasil pemrosesan data yang sudah dikerjakan oleh prosesor sesuai dengan perintah yang diberikan

Pemakaian komputer di kehidupan sehari-hari

Komputer tentunya bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari guna lebih mengefektifkan dan Mengefisienkan waktu bekerja masyarakat secara umum. Berikut ini adalah penggunaan komputer di kehidupan sehari-hari

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Komputer No Signal Paling Manjur

1. Pemrosesan data atau data Processing

Komputer ini dipakai untuk kebutuhan berbagai macam pekerjaan di bidang finansial, seperti pengendali persediaan, tagihan dan lain-lain

2. Pemrosesan ilmiah atau scientific Processing

Komputer dipakai guna mendukung pekerjaan di bidang matematika, teknik nuklir dan kedokteran

3. Multimedia

Komputer dipakai untuk pekerjaan pekerjaan di bidang multimedia, seperti membuat film animasi, melakukan pengeditan audio atau musik, pengeditan video atau film, memainkan game 3D dan lain-lain.

Itulah penjabaran singkat mengenai Apa yang dimaksud dengan komputer. Komputer bukanlah sesuatu yang baru dan sulit untuk dioperasikan karena apabila kita rajin dan rutin di dalam belajar menggunakan komputer maka komputer merupakan peralatan yang sangat bisa digunakan untuk membantu menyelesaikan sejumlah pekerjaan manusia yang cukup rumit serta bisa menghemat waktu. Terima kasih dan selamat belajar menggunakan komputer, semoga Anda bisa lebih cepat menguasai dan memanfaatkan komputer tersebut.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Storage Device

Apa Yang Dimaksud Dengan Storage Device

Istilah storage device merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi bagi para pengguna komputer, terutama …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *