Home / Jaringan / Internet / Apa Yang Dimaksud Dengan Kuota

Apa Yang Dimaksud Dengan Kuota

Pastinya, banyak diantara kita yang sering mendengar istilah kuota. Namun, Apakah anda tahu apa yang dimaksud dengan kuota? Apakah arti dan pengertian dari kuota di internet? Tentunya, seiring dengan kemajuan smartphone dan kebutuhan akan akses internet membuat kuota merupakan sebuah kebutuhan yang sangat mendasar. Bagi anda yang sekarang ini menginginkan pengetahuan terbaru tentang kuota, maka silahkan anda Simak terus Ulasan berikut ini tentang kuota.

Apa Yang Dimaksud Dengan Kuota

Makna serta arti dari kata kuota sebenarnya merujuk ke sebuah pengertian yang cukup umum yakni batasan, data, atau jumlah yang sudah ditentukan. Tentunya, kata kuota cukup banyak digunakan di sejumlah bidang ekonomi, termasuk adalah pada Penggunaan kata di bidang ekspor maupun pada bagian pembatasan angka jumlah jamaah haji.

Apa yang dimaksud dengan kuota internet

Sebelum membahas mengenai kuota internet, Mari kita ambil salah satu contoh berikut ini:

  1. Kuota ekspor kambing di tahun ini adalah 2 juta ekor. Maksudnya adalah jatah kuota ekspor kambing dibatasi paling banyak adalah satu juta ekor.
  2. Kuota jamaah haji pada tahun ini adalah 200 ribu jamaah. Maksudnya adalah calon jamaah haji yang bisa diberangkatkan ke tanah suci paling banyak adalah 200 ribu jamaah.

Pada dunia Internet, arti kuota juga merupakan sebagai sebuah batasan. Jadi bisa disimpulkan bahwa pengertian dari kuota internet merupakan sebuah batasan dalam satuan paket internet yang boleh digunakan pada saat pembelian sebuah paket. Apabila kuota yang Anda beli sudah terlampaui, maka secara otomatis koneksi internet akan terputus dan Anda harus mengisi ulang kembali dengan kuota tambahan.

Baca Juga:   Kekurangan Dan Kelebihan Internet Explorer

Namun, maksud sesungguhnya dari kata kuota pada paket internet juga tentunya sangat bergantung pada jenis paket yang dipilih. Apakah menggunakan paket berbasis kuota atau menggunakan paket berbasis unlimited. Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing paket tersebut.

Arti dari kuota pada internet berbasis kuota

Maksud dari kuota pada paket tersebut memiliki arti seperti kuota pada umumnya. Kuota tersebut memiliki arti yaitu sebuah batasan paket yang bisa digunakan oleh pengguna yang sudah ditentukan oleh operator di dalam mengakses internet. Secara umum, sekarang ini hitungan kuota menggunakan istilah Gigabyte atau disingkat dengan GB. Kuota dalam paket tersebut secara umum memang merupakan batasan yang kita dapatkan pada saat mengakses internet.

Ketika anda mempunyai paket internet dengan kuota 1GB, maka hal tersebut memiliki arti bahwa apabila anda sudah menggunakan internet tersebut sampai dengan batas 1 GB, koneksi internet yang anda miliki sudah tidak bisa digunakan kembali. Rata-rata, setelah kuota yang anda miliki habis maka anda akan diarahkan kepada suatu halaman yang menginformasikan jika penggunaan kuota internet yang anda miliki sudah melampaui batas. Kuota paket internet yang dijual di pasaran tentunya sangat beragam, baik dari hitungan MB maupun GB.

Baca Juga:   Cara Mendengarkan Radio Streaming

Kuota yang disediakan pada paket internet tersebut juga dibagi lagi menjadi beberapa macam, yaitu kuota bonus, kuota utama, kuota malam, kuota reguler dalam 24 jam, kuota download dan beberapa kuota yang lainnya. Makna serta arti dari masing-masing nama kuota tersebut tentunya mengacu pada batasan-batasan di dalam penggunaan serta pemakaiannya. Berikut ini adalah penjelasan dari bermacam-macam jenis kuota internet yang sekarang ini banyak ditawarkan oleh ISP atau internet service provider:

  1. Kuota download merupakan sebuah mendownload file di internet. Walaupun sebenarnya kuota tersebut juga bisa anda gunakan untuk mengakses halaman halaman website secara umum.
  2. Kuota malam merupakan kuota yang bisa anda gunakan hanya pada malam hari, biasanya bisa dipakai di antara jam 12.00 malam sampai dengan jam 06.00 pagi.
  3. Kuota bonus merupakan kuota tambahan yang bisa digunakan oleh pengguna jika memenuhi beberapa syarat khusus
  4. Kuota reguler merupakan kota yang bisa digunakan untuk melakukan akses internet dimana saja dan kapan saja serta tidak terpengaruh oleh jam Access
  5. Kuota utama merupakan kuota inti dari paket internet yang Anda beli serta anda dapatkan dan bisa digunakan untuk keperluan apa saja

Arti dari kuota dalam paket internet unlimited

Ada yang menyediakan sebuah paket internet unlimited, di mana hal tersebut biasanya dianalogikan sebagai sebuah batasan maksimal dari kecepatan internet. Apabila anda sudah mempunyai paket internet unlimited yang memiliki kuota 2 GB serta kecepatan maksimal pengaksesan adalah 14 mbps, hal tersebut memiliki maksud bahwa setelah anda menggunakan internet sebanyak 2 GB, maka secara otomatis kecepatan internet yang anda miliki akan menurun. Biasanya penurunan kecepatan internet adalah 64kbps.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Hyperlink

Kuota internet pada sebuah paket rata-rata disebut dengan istilah fair Usage Policy atau FUP. Arti dari kata tersebut adalah Batas penggunaan secara wajar. Tentunya, besarnya dari angka FUP sangat tergantung dari kebijakan masing-masing operator. Rata-rata, angka FUP adalah dalam satuan. Namun tentunya pada beberapa kondisi kuota tersebut bisa ditambah dengan menggunakan paket khusus.

Itulah sekelumit penjabaran mengenai Apa yang dimaksud dengan kuota, khususnya adalah Kuota paket pada internet. Apabila anda hendak membeli paket kuota di internet, maka silakan Anda pilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Hal tersebut tentunya mengacu pada besarnya kuota dan juga masa aktif Dari kuota tersebut. Jangan sampai Anda membeli kuota internet yang cukup besar, namun memiliki masa aktif yang pendek. Hal tersebut nantinya akan berimbas pada kuota yang tidak bisa digunakan karena sudah habis masa aktifnya. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Artikel menarik lainnya

Arti Dari Email Beserta Manfaatnya

Arti Dari Email Beserta Manfaatnya

Pada posting kali ini, saya akan mencoba membahas mengenai arti dari email lengkap dengan sejumlah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *