Home / Umum / Sosial / Apa Yang Dimaksud Dengan Mandiri

Apa Yang Dimaksud Dengan Mandiri

Mungkin saja, ketika kita mendengar sebuah kata “Mandiri” yang terbesit dipikiran kita adalah seorang anak yang sudah mampu makan sendiri, dapat mandi sendiri, menuju ke sekolah sendiri, menggunakan pakaian sendiri, mengerjakan pekerjaan rumah dari sekolah sendiri. Tentunya sangat menyenangkan bukan? Intinya seluruh kegiatan dan pekerjaan yang dimiliki oleh anak bisa dikerjakan sendiri. Lalu, Apa yang dimaksud dengan Mandiri tersebut?

Apa Yang Dimaksud Dengan Mandiri

Kemandirian yang dimiliki oleh anak-anak seiring dengan pertumbuhannya tentu sangat diharapkan oleh setiap orang tua. Namun tentunya untuk mendapatkan keinginan tersebut bukanlah hal yang mudah. Apabila kita teliti dalam mengamati serta mencermati kondisi anak remaja di saat sekarang ini, banyak yang belum bisa mandiri serta masih menggantung kan sejumlah aktivitas, tugas dan pekerjaan kepada orang tuanya. Bahkan, teman teman dan guru di sekolah pun kadangkala harus ikut campur tangan untuk bisa menyelesaikan segala macam kebutuhan dari anak tersebut.

Kondisi seperti itu tentunya cukup memprihatinkan. Intinya, sebuah pola perilaku yang belum Mandiri dari seorang anak tentunya cukup merepotkan baik bagi orang tua guru maupun teman di sekolahnya. Untuk itulah dibutuhkan sebuah pola dasar di dalam pembentukan perilaku supaya bisa cepat Mandiri kelak di masa datang sehingga pada saat dewasa dia mampu untuk bersikap Mandiri.

Baca Juga:   Contoh Peraturan Rumah

Pada kesempatan yang baik ini, marilah kita Coba telusuri dan kupas Apa yang dimaksud dengan kemandirian, apa saja yang perlu kita lakukan supaya anak-anak di sekitar kita bisa lebih cepat Mandiri. Tentunya, peran serta dari orangtua, masyarakat, guru dan teman-teman sebaya sangat diperlukan guna menumbuhkan sifat kemandirian pada seseorang.

Apa yang dimaksud dengan Mandiri?

Tentunya kata Mandiri adalah salah satu kata yang sering kita ucapkan, sering kita dengar dan juga sering kita rasakan. Mandiri tentunya merupakan sebuah kemampuan dari seseorang guna bisa memikirkan, melakukan, merasakan sesuatu, bersaing, mengatasi sejumlah masalah, mengambil sebuah keputusan, mengerjakan tugas, bertanggungjawab, memiliki rasa percaya yang tinggi, serta tidak memiliki ketergantungan kepada bantuan orang lain.

Bisa dikatakan, kemandirian adalah salah satu aspek yang mengalami tingkat perkembangan dalam proses belajar dari masing-masing personal atau individu. Apabila disimpulkan, Mandiri memiliki arti sebagai berikut:

  1. Mandiri adalah sesuatu yang memiliki sebuah semangat atau penghayatan untuk bisa menjadi percaya diri dan menjadi lebih baik
  2. Kemandirian mampu menelaaah serta mengelola pikiran dan juga mampu bertindak dan mengambil keputusan yang terbaik
  3. Mandiri merupakan sikap tanggung jawab dan disiplin
  4. Mandiri merupakan sikap yang tidak menggantung kan sesuatu hal kepada pihak lain
Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Referendum

Demikianlah ulasan singkat mengenai Apa yang dimaksud dengan Mandiri. Dengan pola pembelajaran yang tertata dengan rapi, maka tentunya setiap anak yang sedang tumbuh dan berkembang menjadi dewasa akan bisa memperoleh rasa Mandiri yang lebih cepat dan lebih baik. Mudah-mudahan, artikel singkat pada posting kali ini mampu berguna dan bermanfaat bagi anda, terutama yang sedang mencari metode-metode dasar supaya lebih cepat Mandiri.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Arti Dari Hakikat Serta Definisi Lengkapnya

Arti Dari Hakikat Serta Definisi Lengkapnya

Halo apa kabar semuanya? Sebelum kita masuk ke dalam pembahasan arti dari hakikat dan membahas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *